Yuk Nostalgia! Merek Mobil Terkenal Ini Diambil dari Nama Hewan Lho

4 menit
nama mobil terkenal yang dijuluki hewan (Shutterstock).

Nama mobil terkenal terkadang diambil dari pelbagai sumber. Bahkan dari nama hewan sekalipun. Apalagi di Indonesia, masyarakatnya terbilang cukup unik dan kreatif. Beberapa mobil ini diberi sebutan atau julukan dengan nama hewan.

Hmmm, kira-kira mobil dengan nama hewan apa saja ya yang diberikan sebutan atau julukan yang unik, lucu dan menarik?

Apa sih yang menjadi alasan sampai-sampai mobil yang sudah punya nama bagus-bagus ini diberi nama hewan. Biar nggak penasaran, yuk langsung dibahas aja, melansir dari laman Carmudi.

1. Mercedes-Benz Tiger

Mercedes-Benz 280E (Shutterstock).

Mercedes-Benz 280E merupakan salah satu sedan mewah yang terkenal di era tahun 1970-1980-an. Mobil ini di Indonesia dikenal dengan nama Mercy Tiger. Mengapa disebut Mercy Tiger? Konon, dulu mobil ini kerap digunakan oleh warga negara asing. Mobil ini merupakan keluarga dari E-Class.

Bahkan beberapa staff kedutaan yang ada di Jakarta juga kerap memakai mobil ini. Diluar dari itu, sebenarnya ada arti lain dari Tiger ini. Tiger dalam bahasa Indonesia berarti Macan, dan orang Indonesia punya singkatan dengan arti Manis dan Cantik (Macan). Duh, nggak nyangka ya mobil dengan nama hewan ini adalah singkatan.

2. Mercedes-Benz Kebo

Mercedes-Benz 280S (Shutterstock).

Masih dari Mercedes-Benz. Selain Tiger, ada juga mobil dengan nama hewan dari Mercedes-Benz tipe S-Class yang diberi julukan Mercy Kebo. Mobil yang lebih dikenal dengan kode chassis W108 ini memang terkenal punya desain yang klasik banget. Mercedes-Benz 280S ini entah kenapa diberi nama kebo oleh masyarakat Indonesia.

Konon, penamaan Mercy Kebo ini dinilai dari ukuran mobil yang cukup panjang dan lebar. Pada era tersebut, mobil dengan dimensi panjang dan lebar dianggap sebagai mobil yang mewah dan mahal. Ukuran mobil ini dinilai menjadi alasan mengapa ia dinamai kebo.

3. Suzuki Jimny Jangkrik

Suzuki Jimny LJ80 (Carmudi).

Bagi pecinta mobil adventure, nama Suzuki Jimny Jangkrik pasti tak asing lagi. Mobil dengan nama hewan yang memiliki nama lengkap Suzuki Jimny LJ80 kerap disebut Jimny Jangkrik. Suzuki Jimny LJ80 ini merupakan salah satu mobil offroad dengan kemampuan yang cukup baik di era 1970-1980-an.

Satu alasan mengapa ia dinamai Jangkrik adalah karena daya jelajahnya yang tinggi. Selain itu, kapasitas mesin yang kecil, dimensi yang kecil, serta mampu diajak bermain offroad dengan lincah membuatnya diberi nama jangkrik. Aneh ya?

4. Kijang Buaya

Kijang Buaya (Carmudi).

Mobil dengan nama hewan yang satu ini benar-benar mobil yang Indonesia banget. Mobil Toyota Kijang buaya ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1977. Mobil ini merupakan hasil kerjasama Indonesia dan Jepang, sehingga diberi nama Toyota Kijang.

Mengapa ia disebut sebagai Kijang Buaya? Bentuknya yang unik dan kap mesin yang bisa dibuka cukup tinggi. Bila dibuka, kap mesin ini seakan terlihat seperti buaya yang sedang membuka mulutnya.

5. Taft Kebo

Daihatsu Taft F50 (Carmudi).

Mobil dengan nama hewan lainnya adalah Daihatsu Taft kebo ini yang merupakan Daihatsu F50 lansiran 1979. Mobil ini merupakan generasi ketiga dari Daihatsu Taft generasi pertama dengan kode F10. Asal mula sebutan ini karena hadirnya logo gambar kepala kerbau di pintu belakang Daihatsu Taft F50.

Kepala kerbau ini juga dijadikan sebagai ikon materi iklan, promosi, dan brosur dari Taft F50 ini. Mengapa dipilih kerbau? Mobil ini dianggap merepresentasikan sebuah kerbau yang kuat, pekerja keras dan tentunya tidak rewel.

6. Toyota Crown Lele

Toyota Crown (Carmudi).

Mobil buatan Toyota lainnya yang masuk ke dalam daftar mobil dengan nama hewan adalah Toyota Crown. Toyota Crown generasi empat dengan platform S60 ini memiliki julukan Crown Lele. Mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 1971 hingga 1974.

Mengapa disebut dengan nama lele? Bagian depan dari mobil ini terlihat lebih menggembung. Hal ini dinilai mirip dengan wajah lele yang pipih. Selain itu, di bagian samping bumper depan terdapat garis yang seakan terlihat seperti sungut lele. Makanya, diberi julukan Crown Lele.

7. Mitsubishi Galant Hiu

Mitsubishi Galant (Carmudi).

Mobil Jepang lainnya adalah Mitsubishi Galant generasi ke-8. Mitsubishi Galant ini memiliki nama yang berbeda-beda. Mulai dari Legnum, Aspire, VRG, VRM, dan MX. Mobil berkapasitas mesin 2.500 cc, V6 ini menjadi salah satu sedan sporty di era 1990-an.

Mengapa ia disebut Galant Hiu? Jika Anda memperhatikan bagian depannya, terlihat menyerupai moncong ikan hiu. Mobil ini memiliki desain lampu yang sipit, dengan desain kap mesin yang sedikit menukik ke bawah. Mobil yang satu ini dikenal memiliki performa yang cukup kencang.

Nah, itulah beberapa mobil yang memiliki julukan dengan nama hewan. Dari semua mobil ini, mana yang pernah kamu pakai dan menjadi favoritmu? (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!