1,3 Ton Narkoba Jenis Heroin Disita Polisi Inggris, Berapa Nominal Transaksinya?

3 menit
narkoba
1,3 Ton Narkoba Jenis Heroin Disita Polisi Inggris, Berapa Nominal Transaksinya?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Polisi Inggris berhasil nih menyita narkoba jenis heroin dengan berat sebanyak 1,3 ton lho. Bayangkan aja, heroin sebanyak 1,3 ton, berapa ya kira-kira nilai transaksinya

Pihak berwajib Inggris National Crime Agency (NCA) di kota Felixstowe pada awal akhir Agustus 2019 berhasil nih menyita zat berbahaya heroin seberat 1,3 ton. Bahkan penyitaan ini termasuk terbanyak sepanjang sejarah kepolisian Inggris bahkan di Eropa. 

“Ini adalah rekor penyitaan heroin di Inggris dan salah satu yang terbesar di Eropa. Itu akan menggagalkan keuntungan kejahatan terorganisir puluhan juta poundsterling,” terang Matt Horne Deputy Director of Investigation NCA seperti dilansir dari CNN.

Jika melihat jumlahnya sangat berat  gak aneh kalau penyitaan ini menjadi salah satu yang paling bersejarah di negara Ratu Elizabeth II. Penarasan berapa besar nilai transaksi heroin tersebut jika diperjual belikan? Yuk, kita lihat fakta-faktanya berikut ini:

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

Heroin tersebut bakal dikirim ke Belgia

narkoba
Begini nih wujud heroin yang disita oleh kepolisian Inggris, (cnn.com).

Kota Felixstowe bukanlah merupakan tujuan akhir dari pengiriman tersebut, melainkan tempat transit sebelum menuju pelabuhan Antwerp di Belgia. Pihak berwajib Inggris udah mengeluarkan barang bukti sebanyak 1,3 ton dari kontainer yang dibawa sebuah kapal di wilayah Inggris. 

Hal tersebut berguna buat menjebak para pelaku yang telah menunggu muatan di Antwerp. Setelah sesampainya di Belgia pada (1/9) barulah kepolisian di sana menangkap sedikitnya 4 pelaku yang udah menunggu kontainer berisikan heroin.

Baca juga: Izin Investasi Ribet, Investor Asing Mikir-Mikir ke Indonesia

Nilai transaksi heroin seberat 1,3 ton tersebut mencapai US$ 148 juta

narkoba
Nilai transaksinya mencapai triliunan rupiah lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pasti sebagian dari kamu penasaran berapa sih nilai barang haram tersebut jika hasilkan dari lolos tangan kepolisian dan diperdagangkan? Nominalnya cukup mencengangkan lho yakni mencapai US$ 148 juta atau setara Rp 2 triliunan.

Untuk mengelabui para petugas pelabuhan para oknum tersebut membungkus heroin tersebut dengan handuk dan packing per bungkus seberat 1 kilogram. Tapi sayangnya usaha itu gagal dan NCA berhasil mengungkapnya sebelum diperjual belikan.

Baca juga: Waspada, 30 Gadai Ilegal dan 49 Perusahaan Investasi Bodong Berkeliaran

Sebelumnya juga sempat ada kasus serupa dengan berat 400 kilogram

Narkoba
Sebelumnya juga mengalami hal yang sama namun jumlahnya gak gede kayak sekarang, (Cnn.com).

Upaya penangkapan yang dilakukan oleh pihak berwajib Inggris ini bukan tanpa pemicu. Sebab pada (2/8) sebelumnya NCA telah berhasil mengungkap kasus dengan modus yang hampir serupa dan di tempat yang sama.

Jumlah heroin yang dibawa ketika itu seberat 400 kilogram dan nilainya mencapai 40 juta Poundsterling atau setara dengan Rp 696 miliaran.

Efek samping narkoba jenis heroin jika dikonsumsi seseorang

narkoba
Efek samping narkoba jenis heroin jika dikonsumsi seseorang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beberapa efek samping jangka pendek yang bisa timbulkan jika orang mengonsumsi heroin adalah sesak nafas, fungsi syaraf menurun, mual serta muntah-muntah, mengantuk dan koma. Sedangkan buat jangka panjangnya sendiri adalah depresi, insomnia, nafsu makan berkurang sampai menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Bila zat berbahaya tersebut berhasil lolos dari pengawasan petugas gak kebayang deh berapa puluh ribu warga Eropa yang terancam nyawanya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang kasus pengungkapan narkoba heroin terbesar di tanah Inggris sebanyak 1,3 ton. Buat kamu milenial jangan pernah deh coba-coba menyentuh barang haram ini, sayang lho nanti masa depan mu gak cemerlang! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1