4 Keluarga Kaya Ini Dikabarkan Punya Hubungan Bisnis di Era Nazi Jerman

3 menit
Nazi Jerman
4 Keluarga Kaya Ini Dikabarkan Punya Hubungan Darah Maupun Bisnis dengan Nazi Jerman , (Ilustrasi/Shutterstock).

Sejatinya gak mengejutkan bahwa beberapa keluarga terkaya di Eropa ternyata memiliki hubungan dengan pemerintahan Nazi Jerman. Baik itu hubungan darah atau bisnis, keluarga ini memiliki historis  dengan Nazi Jerman.

Bukan rahasia lagi bahwa kekejaman Nazi Jerman menjadi cerita serta dikutuk oleh banyak negara. Oleh karena itu, mereka yang dulu memiliki hubungan darah atau bisnis tentu saja bakal merasa risih dengan hal ini. Bahkan, buat foto-foto anggota keluarga mereka pun nyaris gak tersentuh dengan publikasi.

Penasaran dengan keluarga-keluarga kaya di Eropa yang ternyata memiliki hubungan dengan mereka? Yuk cari tahu di bawah sini yang udah kita rangkum. Semoga menambah wawasan kamu ya pembaca MoneySmart.id.

Baca juga: 8 Keluarga Kaya Raya Ini Sering Disebut Menguasai Dunia, Siapa Saja Mereka?

1. Keluarga Reimann

Nazi Jerman
Krispy Kreme salah satu anak usaha keluarga kaya yang dikabarkan memiliki hubungan dengan Nazi di eranya, (Ilustrasi
/Shutterstock).

Keluarga ini merupakan pendiri perusahaan bernama Jab Holdings yang bergerak di bidang investasi. Perusahaan konglomerasi yang berbasis di Luksemburg ini memiliki banyak anak usaha di bidang, consumer goods, kehutanan, kopi, hingga barang mewah.

Salah satu anak usahanya adalah donat Krispy Kreme, Karibou Coffee, dan BALLY. Pasti kebanyakan dari kamu udah gak asing lagi dengan brand-brand di atas tadi.

Jab Holdings didirikan oleh Ludwig Reimann dan Johann Benckiser. Salah satu tokoh kunci di keluarga ini adalah Albert Reimann Sr dan Jr, yang ternyata adalah simpatisan pendukung rezim Nazi Jerman.

Kabarnya, di tahun 1931, Albert Reimann mendonasikan uang ke pemerintahan fasis tersebut. Mereka juga mempekerjakan tenaga kerja paksa yang berasal dari tahanan Rusia dan Perancis.

Baca juga: Pernah Digaji Rp 600 Ribu, Ini Kisah HM Fitno yang Hobi Sedekah dan Punya Istana

2. Keluarga Flick

Nazi Jerman
Daimler AG salah satu perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh keluarga Flick, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keluarga tajir dari Negeri Panzer ini adalah raja batu bara dan baja yang memiliki sedikit saham di perusahaan otomotif Daimler AG. Fredrick Flick adalah pendiri dinasti bisnis ini di saat Jerman masih bernama Weimar Republic.

Menurut informasi dari Wikipedia, di era Perang Dunia II, perusahaan Flick mempekerjakan 48 ribu tenaga kerja paksa dari kamp konsentrasi Nazi. Fredrick Flick sendiri akhirnya pernah dijebloskan ke penjara selama tiga tahun, usai diadili di pengadilan perang Nuremberg.

Menurut informasi di situs TIME, kedua keturunan Flick yaitu Viktoria-Katharina Flick dan saudara kembarnya, Karl Frederick Flick telah masuk ke jajaran orang muda terkaya di dunia versi Bloomberg.

Wajar saja, leluhur mereka dulunya adalah orang terkaya di negaranya sendiri.

Baca juga: Kayak Istana Negeri 1001 Malam, Rumah Pengusaha HM Fitno Punya Hotel Bawah Tanah

3. Keluarga Schueller (Bettencourt)

Nazi Jerman
Lilian Bettencourt salah satu keturunan keluarga kaya yang memiliki hubungan dengan Nazi di eranya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Betul sekali ini adalah keluarga dari Eugène Schueller, pendiri brand L’Oreal yang merupakan ayah dari Lilian Bettencourt yang sempat menduduki posisi perempuan terkaya di dunia.

Schueller sendiri berasal dari keluarga menengah atas. Ayahnya memiliki toko pastryi dan ia pun merupakan seorang pakar farmasi yang berhasil menciptakan pewarna rambut.

Pria asal Perancis ini merupakan seorang suporter anti-semit yang tergabung dalam organisasi La Cagoule. Organisasi tersebut sejatinya punya ide yang sejalan dengan Nazi Jerman hanya saja basisnya di Perancis.

Pengusaha ini juga kabarnya sempat berupaya menggulingkan Pemerintahan Perancis dengan menjalin afiliasi bersama Eugène Deloncle, seorang aktivis ekstrim kanan di Negeri Mode itu.

4. Keluarga Quandt

Nazi Jerman
Susanne Klatten salah satu anggota keluarga terkaya di Jerman yang memiliki hubungan bisnis dengan Nazi di masanya, (newsbeezer.com).

Namanya mungkin kurang familiar, tapi kamu pasti familiar sama produknya yaitu BMW. Salah satu ahli waris mereka, Susanne Klatten adalah orang terkaya ke-46 di dunia dengan total kekayaan mencapai Rp 290 triliun.

Klatten adalah putri dari pasangan Herbert dan Johanna Quandt. Dirinya menguasai 19,2 persen saham BWM, sementara itu saudaranya yaitu Stefan Quandt menguasai 23,7 persen merek mobil yang udah mendunia dan udah gak asing lagi dengan kuda besi yang satu ini.

Kakek mereka Günther Quandt merupakan seorang pejabat Nazi Jerman di era kepemimpinan Adolf Hitler.

Di tahun 1937, Günther Quandt menerima gelar Wehrwirtschaftsführer dari Hitler. Kalau diartikan, itu sama saja dengan pimpinan ekonomi pertahanan.

Bisnis keluarga Quandt saat itu adalah memasok amunisi buat Nazi. Mereka juga mempekerjakan tenaga kerja paksa di kamp konsentrasi.

Itulah empat keluarga kaya di Eropa yang ternyata masih memiliki hubungan dengan Nazi Jerman. Kalau dipikir-pikir cuma satu yang berasal dari Perancis dan sisanya datang dari tanah Jerman semua.

Tapi berhubung sekarang Nazi Jerman memang udah gak ada lagi, mustahil juga kalau mereka masih berideologi ekstrim kanan seperti leluhurnya. Bisa-bisa bisnisnya diboikot banyak orang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.