Bukan California, Ini 7 Negara Bagian di Amerika Serikat yang Paling Makmur

4 menit
negara bagian amerika serikat
Bukan California, Ini 7 Negara Bagian di Amerika Serikat yang Paling Makmur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selama ini kita mengenal bahwa ekonomi Negeri Paman Sam merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Fakta tersebut gak lepas dari kontribusi beberapa negara bagian Amerika Serikat yang memiliki tingkat kemakmuran warganya yang tinggi.

Mengutip data dari Telegraph, Amerika Serikat sendiri terdaftar sebagai negara yang memiliki Growth Domestic Product (GDP) terbanyak di dunia mencapai US$ 21.3 triliun atau setara Rp 299 kuadriliun. Sementara menguntit di posisi kedua ada China yang memiliki produk domestik bruto sebanyak US$ 14,2 triliun atau sebesar Rp 199 kuadriliun.

Dari total 50 negara bagian Amerika Serikat yang berdiri hari ini, kira-kira wilayah mana aja yang paling makmur ditinggali oleh warganya? Daripada berlama-lama lagi baiknya kita langsung lihat aja daftar lengkapnya berikut ini:

Baca juga: Ini 5 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp 29 Juta!

7. Alaska

negara bagian amerika serikat
Negara bagian terkaya di AS salah satunya Alaska, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mengutip dari Investopedia, negara bagian Amerika Serikat pertama yang masuk dalam daftar terkaya adalah Alaska. Salah satu industri yang membuat ekonominya maju adalah dari sektor perikanan dan minyak.

Total populasi warganya mencapai 739 ribu jiwa dengan rata-rata pendapatan per kapitanya sekitar US$ 73.181 atau Rp 1,028 miliar per tahun. Sedangkan buat tingkat penganggurannya sendiri mencapai 7,2 persen dan 11,1 persen warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Baca juga: Jadi Tempat Wisata Favorit, Ini 5 Destinasi Wajib di Nusa Penida yang Indahnya Bikin Takjub!

6. New Hampshire

negara bagian amerika serikat
New Hampshire merupakan salah satu negara bagian di AS yang terkaya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya ada New Hampshire yang lokasinya berada di Timur Laut Amerika Serikat. Sektor kesehatan, manufaktur dan wisata menjadi pendorong utama perekonomiannya.

New Hampshire memiliki 1,3 juta penduduk dengan rata-rata pendapatan per kapita sebanyak US$ 73.381 atau setara dengan Rp 1,031 miliaran per tahunnya. Tingkat penganggurannya sendiri berada di angka 2,7 persen dan 7,7 persen warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Baca juga: Resesi Ekonomi Bayangi Amerika Serikat, Ini 5 Dampak yang Patut Diwaspadai

5. Connecticut

negara bagian amerika serikat
Connecticut merupakan salah satu negara bagian di AS yang kaya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Duduk di urutan kelima ada negara bagian AS bernama Connecticut. Dibandingkan wilayah lainnya, para pekerja di bidang informasi dan keuangan dibayar lebih mahal di sini.

Connecticut mempunyai total penduduk sebanyak 3,5 juta dan rata-rata pendapatan per kapitanya menyentuh US$ 74.168 atau sebesar Rp 1,042 miliar per tahunnya. Sedangkan untuk tingkat penganggurannya mencapai 4,7 persen serta 9,6 persen warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

4. Massachusetts

negara bagian Amerika Serikat
Massachusetts salah satu negara terkaya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Negara berikutnya merupakan tempat kelahiran pegulat WWE yakni John Cena. Di negara ini juga terdapat kampus terkenal Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Massachusetts memiliki jumlah penduduk sebanyak 6,8 juta jiwa yang rata-rata pendapatan per kapitanya mencapai US$ 77.385 atau Rp 1,088 miliar per tahunnya. Lalu untuk tingkat penganggurannya menyentuh 3,7 persen dan orang yang hidup di bawah standar sekitar 10,5 persen.

3. Hawaii

negara bagian amerika serikat
Hawaii salah satu negara yang terkaya di Amerika Serikat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berada di posisi ketiga ada negara yang lokasinya berada di tengah Samudera Pasifik yakni Hawaii. Terkenal dengan keindahan pantainnya, Hawaii sendiri mendapatkan pemasukan terbanyak dari sektor pariwisata.

Selain pariwisata industri lain yang menopang perekonomian Hawaii adalah agrikultur, perikanan dan jasa.

Walaupun negara bagian ini hanya terdiri dari deretan kepulauan kecil namun total penduduknya lumayan banyak mencapai 1,4 juta dengan rata-rata pendapatan per kapitanya sebanyak US$ 77.765 atau sebesar Rp 1,093 miliar per tahunnya. Sedangkan buat tingkat pengangguran warganya sampai 2,4 persen dan 9,5 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

2. New Jersey

negara bagian amerika serikat
New Jersey salah satu negara bagian terkaya di Amerika Serikat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berada di posisi kedua, New Jersey yang berdekatan dengan kota New York yang gak pernah berhenti memproduksi uang. Industri terbesar yang menyokong pendapatan wilayah ini adalah dari sektor biofarmasi, manufaktur dan transportasi.

Jumlah penduduk di negara ini mencapai 9 juta jiwa di mana rata-rata pendapatan per kapita yang mereka dapatkan per tahun mencapai US$ 80.088 atau sebesar Rp 1,126 miliar. Tingkat pengangguran di wilayah ini mencapai 4,6 persen di mana 10 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

1. Maryland

negara bagian amerika serikat
Maryland salah satu negara bagian terkaya di Amerika Serikat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Maryland menduduki posisi pertama sebagai negara bagian Amerika Serikat yang makmur. Industri terbesar yang menopang negara bagian ini adalah penerbangan luar angkasa, cyber security, manufaktur hingga perikanan lho. 

Kalau kamu tahu nih, jumlah populasi Maryland mencapai 6 juta jiwa dan memiliki pendapatan per kapita sebanyak US$ 80.776 atau setara dengan Rp 1,135 miliar per tahunnya. Sedangkan buat tingkat penganggurannya, Maryland berada di angka 4,1 persen serta 9,3 persen warganya hidup di bawah garis kemiskinan. 

Nah, itulah 7 negara bagian Amerika Serikat yang paling makmur dengan taraf kehidupannya. Kamu berencana liburan ke salah satu negara bagian tersebut? Atau berencana buat tinggal di sana? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1