Banner ImageBanner Image

Gak Pakai Ribet! Liburan ke Negara Anti Mainstream Ini Bebas Visa

4 menit
Gak Pakai Ribet! Liburan ke Negara Anti Mainstream Ini Bebas Visa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagian besar negara pasti menerapkan syarat visa bagi para turis mancanegara yang ingin masuk ke negaranya. Gak ada satu negara pun yang memberikan kebijakan bebas visa secara cuma-cuma, termasuk Indonesia.

Tapi, jika ada kesepakatan antara dua negara maka bebas visa bisa aja terjadi. Misalnya pemerintah Indonesia dan Jepang yang telah sepakat kerjasama di bidang pariwisata buat membebaskan turisnya membuat visa terlebih dahulu baik Indonesia ke Jepang atau Jepang ke Indonesia.

Syaratnya hanya perlu e-paspor dan mendaftarkan diri ke kedubes.  Semua itu tentunya dilakukan demi meningkatkan pendapatan pariwisata kedua negara.

Dikutip dari Passportindex, Indonesia sendiri telah mendapatkan keistimewaan bebas visa di 74 negara. Negara tersebut pun tersebar di seluruh benua, Amerika, Eropa, Asia, dan Oceania.

Buat kamu yang pengen liburan, keistimewaan tersebut sangat membantu banget ya. Mengirit pengeluaran buat pengurusan visa dan tentunya anti ribet. Kalau gitu visa kasih rekomendasi liburan ke negara bebas visa anti mainstream yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca juga: Harga Kamarnya Rp 5 Jutaan, Ini Resor Mewah di Bali Tempat Crazy Rich Liburan

1. Yordania

Yordania salah satu negara yang membebaskan visa bagi kamu pengin ke sana, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak banyak nih, dari turis asal Indonesia yang mau berlibur ke Yordania. Sebuah negara indah Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan Suriah, Israel, dan Palestina. Mungkin salah satu faktor penyebabnya adalah pandangan turis Indonesia tentang daerah tersebut yang dipenuhi oleh konflik.

Emang betul sih, masih ada konflik di daratan Israel dan Suriah, tapi di Yordania aman-aman aja kok.

Pemerintah Yordania sendiri telah memberlakukan bebas visa bagi turis asal Indonesia atau visa kedatangan yang bisa berlaku selama 30 hari. Jadi buat turis Indonesia yang mau ke sana gak perlu repot ngurus visa dari sini.

Pusat kota Yordania terletak di Amman, di sini kamu bisa melihat tata letak kota yang sangat indah dengan bangunan yang seragam. Kamu juga bisa mengunjungi beberapa spot wisata yang legendaris, mulai dari Laut Mati, atau kota tua berusia 2.000 tahun yang ikonik, Petra.

Tapi sayang banget negara ini termasuk mahal buat dijelajahi. Tiket pesawatnya aja kalau dilihat dari Traveloka paling murah berkisar Rp 6 juta dari Jakarta menuju Yordania. Jadi kalau kamu mau ke sini, pastikan bujetmu mencukupi ya. Kalau mau lebih irit sih ikut paket tur aja, biar kamu juga gak bingung dan tersesat di sananya.

Baca juga: Kemenpar Targetkan 3 Juta Wisatawan Tiongkok Liburan saat Imlek di Indonesia

2. Tanzania  

Tanzania salah satu negara yang memberlakukan bebas visa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tanzania merupakan salah satu negara indah di Afrika Timur. Tanzania memiliki keindahan alam yang masih asri dan natural, kamu bisa memandangi hewan-hewan khas Afrika berkeliaran bebas secara natural.

Banyak spot menarik yang bisa dikunjungi di sini tergantung dari tujuanmu. Kalau misalnya mau melihat bahkan menyentuh hewan liar dari dekat, kamu bisa mendatangi Kilimanjaro National Park. Sebuah padang berukuran 300 hektar yang merupakan spot wisata andalan Tanzania. Kamu juga bisa menyelami keindahan lautan Tanzania di Pulau Zanzibar.

Di Pulau Zanzibar terdapat banyak resort mewah yang sering digunakan liburan untuk para selebriti ternama atau pejabat negara. Tahun 2018 aja, perayaan industri perfilman Oscar atau Academy Awards menghadiahi tamu undangan voucher berlibur ke Tanzania senilai US$ 40 ribu atau setara Rp 558 miliar selama 12 hari.

Bagi pemegang paspor Indonesia, kamu berhak mendapatkan bebas visa atau visa kedatangan selama 3 bulan. Tapi, meskipun bebas visa, kamu juga kudu nabung ekstra ketat, karena tiket pesawat ke sana mahal banget. Dilihat di Traveloka, buat keberangkatan dari Jakarta ke Kilimanjaro tanggal 2 September 2019 menggunakan Kenya Airlines aja harganya Rp 11 jutaan.

Baca juga: Liburan ke Melbourne dengan Uang Rp 13 Juta? Bisa, Begini Caranya

3. Iran

Iran salah satu negara yang membebaskan visa bagi turis asing, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu mendengar kata Iran, pasti bayanganmu adalah negara konflik, pengembang nuklir, musuh besar Amerika Serikat. Padahal, di Iran negara ini tergolong aman dan patut diperhitungkan sebagai tujuan wisata. Mungkin karena letak Iran berada di sekitar negara-negara yang rawan aksi teror seperti Irak dan Afghanistan kali ya.

Ada banyak spot menarik di sini, karena memang wisata Iran sangat menjanjikan dan berpotensi menarik banyak wisatawan mancanegara. Daya tariknya banyak terletak di gaya arsitektur bangunan-bangunan yang menunjukkan kemegahan masa kejayaan Persia. Beberapa di antaranya ada Persepolis, terdiri dari reruntuhan kerajaan Persia. Di Persepolis ada bekas bangunan yang diperuntukan bagi upacara seremonial kala kepemimpinan Raja Darius tahun 518 sebelum masehi.

Kamu juga bisa menyelami keindahan arsitektur abad ke-17 di Isfahan. Yang paling ikonik sih kubah berwarna birunya dengan desain khas Iran banget.

Bagi pemegang paspor Indonesia anda bisa mendapatkan keistimewaan bebas visa atau visa kedatangan selama 30 hari. Tapi lagi-lagi, meski gak perlu ribet-ribet ngurus visa, kamu kudu tetap menyiapkan kocek lebih untuk bisa berkunjung ke sini. Tiket pesawat dari Jakarta – Tehran berkisar antara Rp 6 juta – Rp 8 juta buat kelas ekonominya.

4. Fiji

Fiji salah satu negara yang membebaskan visa bagi turis asing lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Fiji merupakan negara yang terdiri dari ratusan gugusan pulau yang terletak di timur Australia. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam mulai dari laut hingga pegunungan yang masih asri. Buat foto di Instagram aja sih, kayaknya kamu gak perlu pakai filter untuk membuatnya terlihat menarik.

Di sini, kamu bisa berenang bersama dengan ikan-ikan dengan air yang super duper jernih di Pulau Beqa. Atau kalau ingin berinteraksi dengan warga desa bisa mengunjungi perkampungan tradisional di Nadi. Dijamin liburan ke sini bisa ngilangin stres kamu deh.

Buat orang Indonesia, berkunjung ke Fiji gak perlu ribet ngurus visa. Karena pemerintah Fiji telah memberikan bebas visa selama 3 bulan. Soal tiket pesawat, dari Jakarta ke Fiji menggunakan Qantas Airways harganya kisaran Rp 5 juta – Rp 7 jutaan.

Na, itu tadi empat negara anti mainstream yang bisa kamu kunjungi tanpa ribet ngurus visa alias bebas visa. Kalau tertarik, segera rencanakan tabungan kamu karena liburan ke negara-negara di atas terbilang mahal, dibandingkan liburan ke destinasi mainstream. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan