Berprofesi Sebagai Akuntan? 7 Negara Ini Menawarkan Gaji Fantastis Lho!

4 menit
Profesi Akuntan (Shutterstock).

Di Indonesia profesi akuntan  masih menjadi favorit para mahasiswa untuk dijadikan sebagai modal menjalani kehidupan. Maklum aja karena semua jenis bisnis di dunia pasti memerlukan sumber daya manusia tersebut untuk melaporkan keuangan perusahaan.

Gak bisa dipungkiri masih ada beberapa pihak memandang sebelah mata tentang orang yang bekerja di bidang ini karena udah banyak angkatan kerja yang menyandang gelar tersebut. Selain itu standar gajinya relatif lebih rendah dari posisi lainnya.

Tapi gak usah khawatir, kalau kamu udah memilih jalan tersebut bukan berarti kamu gak bisa sukses. Sebab ada pepatah mengatakan ‘Banyak jalan menuju Roma’.

Jika kamu merasa profesi akuntan di Indonesia masih kurang menjanjikan bisa mencoba pergi ke tujuh negara berikut ini yang menawarkan gaji lumayan fantastis.

7. Austria – Rp 797 jutaan per tahun

https://c0.dq1.me/uploads/article/56638/thumb_tram-vienna-700-400.jpg

 

Mengutip dari Career Addict, negara pertama yang menawarkan gaji tertinggi untuk profesi akuntan di dunia adalah Austria. Tahun 2018 Austria berada dalam 30 besar negara dengan GDP tertinggi di dunia.

Banyak kota di Austria seperti Vienna yang menjadi pusat perekonomian dan menjadi pusat bisnis bagi perusahaan dunia melakukan kegiatan ekonominya. Malah pengaruhnya gak hanya secara domestik, bahkan sampai perekonomian Eropa secara keseluruhan.

Itu gak terlepas dari status Austria sebagai anggota Uni Eropa. Untuk urusan gajinya sendiri rata-rata pekerja disana diberi upah sebesar Rp 797 jutaan per tahunnya.

6. Luxembourg – Rp 800 jutaan per tahun

Profesi Akuntan
Luxembourg

Selanjutnya ada Luxembourg yang secara geografis sangat dekat dengan negara Belanda dan Belgia. Bendera negara ini juga terbilang mirip dengan Belanda sehingga banyak orang yang suka tertukar mengartikannya.

Luxembourg menjadi salah satu negara favorit incaran para akuntan di kawasan Eropa karena menjadi tempat latihan terbaik untuk mendapatkan sertifikat bergengsi.

Rata-rata gaji para pekerja yang akrab dengan aplikasi Microsoft Excel tersebut mencapai Rp 800 jutaan per tahunnya.

5. Virgin Island – Rp 853 jutaan per tahun

Profesi Akuntan
Virgin Island

Gak hanya negara besar yang bisa menggaji para karyawannya dengan uang yang banyak. Buktinya Virgin Island bisa masuk dalam daftar urutan gaji tertinggi untuk profesi akuntan.

Selain menjadi salah satu destinasi liburan pelancong dari seluruh dunia ternyata Virgin Island juga dikenal sebagai tujuan miliarder dunia menyimpan uang atau biasa dikenal dengan Tax Haven.

Status tersebut membuat Virgin Island membutuhkan banyak akuntan untuk mengelola keuangannya. Rata-rata para pekerja akuntan disana dibayar sebesar Rp 853 jutaan per tahun.

4. Bermuda – Rp 980 jutaan per tahun

Profesi Akuntan
Bermuda

Keempat ada negara Bermuda yang sesuai namanya berada di dekat kawasan Segitiga Bermuda. Mirip dengan Virgin Island, Bermuda merupakan salah satu negara yang dimiliki oleh Britania Raya sampai hari ini.

Berpopulasi hanya sekitar 70 ribu jiwa membuat potensi profesi akuntan disana sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang menjalankan bisnisnya. Status sebagai negara Tax Haven juga dimiliki oleh Bermuda hari ini.

Buat kamu yang pengin liburan sekaligus mencari pekerjaan disana rata-rata gaji yang bisa didapatkan sekitar Rp 980 jutaan per tahun.

3. Monaco – Rp 1 miliaran per tahun

Profesi Akuntan
Monaco

Masuk di urutan 3 besar ada Monaco yang lokasinya berdekatan dengan negara Perancis. Salah satu industri yang identik dengan kota ini adalah pariwisatanya.

Lagi-lagi seperti Virgin Island dan Bermuda, Monaco merupakan negara yang menyandang gelar Tax Haven. Pantes aja salah satu pusat kegiatan perbankan di dunia ada di tempat ini.

Profesi akuntan di Monaco diberi upah rata-rata per tahun sebesar Rp 1 miliaran. Kamu tertarik datang kesana?

2. Swiss – Rp 1,2 miliar per tahun

Profesi Akuntan
Swiss

Duduk di posisi runner up ada negara Swiss yang menjadi lokasi industri finansial paling penting di dunia.

Beberapa sektor yang menopang ekonomi Swiss bisa sebaik hari ini adalah perbankan, asuransi dan produk jam tangan. Dengan banyaknya perusahaan bertaraf dunia maka diperlukan juga pekerja yang punya profesi akuntan untuk melaporkan kondisi keuangan korporasi.

Upah yang bakal didapatkan oleh kamu bila bekerja di Swiss sebagai akuntan sekitar Rp 1,2 miliaran per tahunnya.

1. Cayman Island – Rp 1,3 miliar per tahun

Profesi Akuntan
Cayman Island

Negara yang menawarkan gaji paling tinggi diantara yang lainnya adalah Cayman Island yang posisi geografisnya ada di kepulauan Karibia.

Yang membuat negara ini bisa kaya dan menjadi destinasi banyak miliarder menyimpan aset pribadinya adalah karena Cayman Island merupakan negara lainnya yang menerapkan Tax Haven.

Rata-rata gaji yang bakal kamu dapatkan bila menduduki profesi akuntan sekitar Rp 1,3 miliaran per tahun.

Nah itulah 7 negara yang menawarkan gaji paling tinggi untuk orang yang berprofesi akuntan. Terlihat jelas bahwa negara Tax Haven sangat mendominasi daftar tersebut. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1