Dulunya Gak Sekaya Indonesia, Negara-Negara Miskin Ini Kini Tajir Banget

3 menit
Negara miskin yang kini kaya salah satunya Luksemburg
Negara miskin yang kini kaya salah satunya Luksemburg

Masih banyak orang yang menganggap Indonesia itu negara kaya. Faktanya, Indonesia belum ada apa-apanya di bandingkan dengan negara-negara kaya ini yang dulunya pernah dikategorikan sebagai negara miskin di dunia.

Sebenarnya boleh aja beranggapan Indonesia sebagai negara kaya. Pasalnya, negara ini punya cukup banyak sumber daya alam. Sayangnya, dari segi Gross Domestic Bruto (GDP), Indonesia masih jauh kata layak buat menerima predikat negara kaya.

Apalagi, derap perekonomian amat memengaruhi cepat atau lambannya kemajuan suatu negara. Gak jadi persoalan kalau dulunya negara tersebut adalah negara miskin. Selama negara tersebut bisa menggerakkan roda perekonomian, pastinya kemajuan yang didapat.

Seperti negara-negara berikut ini, yang sukses mengubah nasib sebagai negara miskin menjadi negara kaya. Dikutip dari Lovemoney, inilah daftar negaranya:

1. Luksemburg

Luksemburg

Negara kecil di benua Eropa ini menjadi salah satu negara yang masuk jajaran negara terkaya di dunia. Melihat Luksemburg saat ini sulit membayangkan negara tersebut dulunya adalah negara miskin.

Namun, begitulah fakta yang terjadi pada awal abad ke-19. Kehidupan orang-orang di Luksemburg saat itu sangat sulit. Banyak orang yang gak tahan dengan kehidupannya lalu merantau ke negeri lain, salah satunya Amerika Serikat.

Luksemburg pun berubah seketika saat cadangan bijih besi ditemukan. Sejak saat itu, pertambangan dan industri bermunculan.

Dampaknya, roda perekonomian negara ini bergerak cepat hingga Luksemburg menjelma jadi salah satu produsen baja terkemuka di Eropa.

Sukses di industri, Luksemburg kemudian mengembangkan sektor keuangan. Pengembangan sektor keuangan yang dilakukan negara ini terbilang sukses pada 1960-an. Apalagi, negara ini terkenal dengan banknya yang menjaga ketat data nasabahnya.

Baca juga: Disebut Negara Kaya Minyak, 4 Negara Ini Naikkan Harga BBM Juga Kok

2. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam

Berkat cadangan minyak dan gas yang besar, Brunei Darussalam menjelma jadi negara kaya di dunia.

Padahal, pada 1929, negara ini yang dilindungi Inggris saat itu tergolong negara miskin. Kegiatan ekspor komoditas karet dan sagu cukup berdampak pada perubahan negara ini.

Perubahan signifikan terjadi sejak penemuan cadangan minyak. Brunei Darussalam menikmati keuntungan dari minyak pada 1930-an dan 1940-an.

Besarnya dana yang mengalir membuat Sultan ke-28, Omar Ali Saifuddien III, memuluskan rencana pembangunan nasional.

Rencana yang diberlakukan pada 1950-an dan 1960-an bertujuan mengembangkan pendidikan, membangun infrastruktur, dan meningkatkan kesehatan.

Penemuan cadangan gas pada 1960-an makin memperkuat ekonomi Brunei Darussalam. Kondisi itu mendorong naiknya standar hidup di Brunei yang menyamai standar hidup di Eropa.

Baca juga: Terungkap, Ini 5 Negara Penyimpan Harta Orang Kaya Indonesia Terbanyak  

3. Singapura

Singapura
Singapura

Film “Crazy Rich in Asia” membuka mata kita kalau Singapura merupakan salah satu negara kaya di dunia. Adanya perdagangan internasional mendorong negara ini bisa sukses seperti sekarang.

Menariknya, sejarah mencatat Singapura pernah dilanda kemiskinan yang dahsyat. Angka pengangguran di negara ini pernah tercatat cukup tinggi. Tak pelak, Singapura pada 1965 berstatus sebagai negara miskin.

Namun, siapa sangka nasib negara ini seketika berubah di tangan dingin Lee Kuan Yew. Perdana Menteri Singapura ini melakukan serangkaian kebijakan mulai dari menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa umum, memberantas korupsi, hingga memangkas pajak.

Semua kebijakan tersebut diambil demi menarik minat investor asing agar menanam modalnya di Singapura. Rupanya apa yang dilakukannya tersebut membuahkan hasil yang diharapkan. Investasi asing masuk dan pembangunan pesat terjadi di negara kecil ini.

Hasilnya bisa dilihat seperti sekarang. Pembangunan infrastruktur, perumahan, dan standar hidup meningkat drastis di negara ini. Itulah alasan Singapura dinobatkan sebagai negara sekaligus kota metropolitan terbaik yang ada di dunia.

4. Qatar

Qatar
Qatar

Negara kaya minyak ini dulunya juga pernah merasakan gimana menjadi negara miskin di dunia. Pada 1916, negara ini menggantungkan perekonomian pada penangkapan ikan dan pencarian mutiara.

Meski minyak telah ditemukan pada tahun 1940, eksplorasi belum bisa langsung dilakukan. Barulah pada 1949, penambangan minyak mulai dilakukan.

Derasnya aliran pemasukan dari minyak bikin Qatar bisa melakukan modernisasi pada tahun 1950-an dan 1960-an.

Harga minyak yang melonjak pada tahun 1970-an mendorong kemajuan yang lebih besar di Qatar. Pertumbuhan ekonomi di negara ini makin pesat karena penambangan gas alam.

Itulah beberapa negara kaya yang dulunya merupakan negara-negara miskin. Pemanfaatan sumber daya yang sangat baik bikin ekonomi bertumbuh dengan cepat dan mendorong kemajuan di negara-negara tersebut.

Gak mengherankan kalau negara-negara yang pernah miskin tersebut melaju meninggalkan Indonesia hingga akhirnya masuk jajaran negara kaya di dunia. Luar biasa ya! (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!