Upah Minimum Sampai 100 Juta, Nih 5 Negara Paling Bahagia di Dunia

4 menit

Maret lalu PBB merilis laporan mengenai negara paling bahagia di dunia. Hah, emangnya ada? Ada dong.

Tolak ukur suatu negara disebut negara paling bahagia atau gak adalah berdasarkan seberapa bahagianya orang-orang yang tinggal di sana.

Ukuran kebahagiaan suatu negara tercermin dari pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup, dukungan sosial, dan kemurahan hati. Dari situlah kemudian tingkat kebahagiaan di suatu negara ditentukan.

Hasilnya, dari 156 negara yang ada, beberapa negara masuk ke dalam lima besar negara paling bahagia di dunia. Karena salah satu yang faktor yang menentukan adalah penghasilan, pastinya kamu penasaran berapa besaran penghasilan di negara bahagia tersebut dong.

Gak usah berlama-lama lagi, nih lima negara paling bahagia di dunia dan besaran gaji rata-ratanya.

1. Finlandia: Rp 54 Juta per bulan

Negara Paling Bahagia
Finlandia (tpk)

Negara yang menempati peringkat pertama adalah Finlandia. Padahal, negara ini tahun lalu berada di posisi ke-5 sebagai negara paling bahagia di dunia.

Kondisi yang stabil, bebas dari korupsi, dan dukungan sosial yang tinggi mengubah citra Finlandia menjadi negara yang punya kesejahteraan sosial terbaik di dunia. Citra tersebut makin kukuh dengan sistem peradilan di Finlandia yang bagus.

Gak heran kenapa Finlandia bisa seperti sekarang. Ini semua karena pengelolaan pajak mereka yang baik. Finlandia termasuk negara dengan besaran pajak yang tinggi. Namun, pajak tersebut benar-benar digunakan buat penyediaan kesehatan dan pendidikan gratis.

Ngomong-ngomong berapa ya gaji di sana? Seorang yang bekerja di Finlandia menerima gaji minimal US$ 3.781 atau Rp 54 juta.

Hebatnya lagi, pengangguran di negara ini tetap dapat penghasilan sebesar 560 euro atau Rp 9,3 juta. Enak banget kan?

2. Norwegia: Rp 78,1 juta per bulan

Negara paling bahagia
Norwegia (economicpolicyjournal)

Negara selanjutnya yang menjadi negara paling bahagia adalah Norwegia. Tahun lalu negara ini berada di peringkat pertama. Namun, kini Norwegia berada di bawah Finlandia.

Jaminan finansial adalah satu faktor utama kenapa negara ini masuk lima besar. Ini tentu aja gak lepas dari peran pemerintah di sana yang bekerja dengan baik.

Pajak di sana emang terbilang tinggi, tapi pengelolaanya membawa keuntungan buat masyarakatnya, seperti jaminan kesehatan dan pendidikan gratis. Karena itulah, masyarakat Norwegia percaya pada pemerintahnya.

Soal gaji, rata-rata gaji di Norwegia adalah sekitar US$ 5.418 atau Rp 78,1 juta per bulan. Dari besaran tersebut, 31 persennya diambil buat pajak. Jam kerja yang berlaku di Norwegia maksimal 35 jam sepekan atau 5 jam sehari. Ya ampun, pengin banget kerja begitu ya.

3. Denmark: Rp 76,6 juta per bulan

negara paling bahagia
Denmark (edsonsombra)

Negara Nordik yang satu ini selalu konsisten masuk daftar teratas negara paling bahagia di dunia. Denmark bisa seperti sekarang karena kondisi politik di sana yang stabil, korupsi yang rendah, serta fasilitas pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Lagi-lagi pengelolaan pajak yang bikin negara ini dicintai masyarakatnya. Tingginya pajak di sini sebanding dengan pemberian fasilitas pendidikan dan kesehatan gratis di sana.

Di Denmark, tiap bulan pekerjanya bisa menerima upah US$ 5.310 atau Rp 76,6 juta. Sementara pajak tahunannya sekitar 45 persen dari penghasilan. Makanya Denmark disebut-sebut sebagai negara dengan pajak tertinggi di dunia.

4. Islandia: Rp 72,1 juta per bulan

negara paling bahagia
Islandia (943thedrive)

Negara Nordik selanjutnya yang masuk negara paling bahagia adalah Islandia. Sama seperti negara-negara yang disebutkan sebelumnya, fasilitas kesehatan dan pendidikan mendorong kebahagiaan masyarakat di sana.

Itu bisa terwujud karena pengelolaan pajak secara benar di Islandia. Dengan sendirinya, ini berdampak ke aspek-aspek lainnya, seperti tingkat keamanan yang tinggi, rendahnya angka pengangguran, dan kesetaraan gender yang makin baik.

Bicara gaji, setiap pekerja di Islandia menerima gaji rata-rata US$ 5.000 atau Rp 72,1 juta setiap bulan. Dan tiap pekerja di sana mendapat jatah cuti 24 hari serta 13 hari buat hari libur nasional setiap tahunnya.

5. Swiss: Rp 106 juta per bulan

negara paling bahagia
Swiss (wttech)

Di posisi kelima ada Swiss. Pada 2015, negara ini sempat berada di posisi nomor satu sebagai negara paling bahagia di dunia.

Negara yang dikenal sebagai “surga pajak” ini punya rasio harapan hidup 82,8, termasuk yang tertinggi di dunia. Penyediaan fasilitas publik di negara ini juga dinilai baik. Inilah yang bikin masyarakat di sana puas dengan kerja pemerintahnya.

Di Swiss, gaji rata-rata per bulannya adalah US$ 7.396 atau Rp 106 juta, paling tinggi dibandingkan empat negara lainnya dalam daftar ini.

Nah, dari lima negara di atas, adakah salah satunya yang pengin kamu tinggali suatu saat nanti? Andaikan aja negara kita seperti lima negara tersebut, tiap hari pastinya selalu murah senyum ya. Gak kayak wajah-wajah orang yang kena macet di jalan.

Wajar aja negara-negara di atas bisa masuk daftar negara paling bahagia. Sistem pemerintahan yang baik dan pengelolaan pajak yang benar bikin masyarakatnya sejahtera. Padahal, pajaknya besar lho. Namun, bukan persoalan buat masyarakat di sana.

Mudah-mudahan aja negara kita bisa seperti negara-negara di atas ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!