Ini Lho 10 Negara Penghasil Gula Terbesar di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

3 menit
negara penghasil gula
Ini Lho 10 Negara Penghasil Gula Terbesar di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hampir semua orang di dunia ini membutuhkan konsumsi gula setiap harinya. Tingkat kebutuhannya pun berbeda-beda. Biasanya, banyaknya ditentukan jumlah penduduk dalam suatu negara. Dari banyaknya negara yang ada tercatat cuma beberapa aja menjadi negara penghasil gula terbesar di dunia.

Menariknya nih gak semua gula yang dihasilkan merupakan gula murni. Di dunia ini terhitung cuma 70 negara yang memproduksi gula murni, 40 negara menghasilkan bit gula, dan 10 negara memproduksi gula dengan mengombinasikan keduanya.

Berasal dari Papua, tanaman tebu yang menjadi sumber gula kini menyebar di banyak negara. Bahkan, beberapa negara memanen tebu dalam jumlah besar buat diambil gulanya.

Dari data yang berhasil dihimpun, ada beberapa negara yang tercatat sebagai negara penghasil gula terbesar di dunia. Negara-negara mana aja ya kira-kira? Berikut ini daftarnya.

Baca juga: Ini 5 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp 29 Juta!

Ini lho negara-negara penghasil gula paling banyak di dunia

negara penghasil gula
Ini deretan negara yang cukup banyak menghasilkan gula di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berdasarkan data-data yang dihimpun Statista, beberapa negara diketahui menjadi negara penghasil gula terbesar di dunia. Data ini merupakan himpunan dari tahun 2018 hingga 2019. Berikut ini adalah daftarnya.

Negara penghasil gula Volume produksi (ton)
India 33,07 juta
Brazil 29,5 juta
Uni Eropa 18,18 juta
Thailand 14,19 juta
China 10,6 juta
Amerika Serikat 8,12 juta
Meksiko 6,57 juta
Pakistan 5,54 juta
Australia 4,9 juta
Guatemala 3,05 juta

Banyak negara yang masuk daftar di atas juga menjadi negara penghasil gula paling banyak di tahun 2016. Saat itu Rusia masih masuk dalam 10 besar negara penghasil gula terbesar. Namun, produksi Guatemala yang lebih besar, menggeser posisi Rusia.

Gak kalah menarik, rupanya nama Indonesia juga sempat masuk dalam negara penghasil gula terbesar di dunia buat kategori gula tebu. Indonesia pada tahun 2018 telah memproduksi gula sebanyak 2,2 juta ton. 

Walaupun begitu, produksi gula Indonesia secara keseluruhan, baik gula tebu maupun bit gula, masih kalah besar dengan negara-negara di atas.

Selain buat memenuhi kebutuhan dalam negeri, negara penghasil gula di atas juga menjadi pemasok buat negara-negara lainnya. Penasaran negara-negara mana aja yang paling doyan impor gula? Ini daftarnya.

Baca juga: Negara-Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Indonesia Ada Gak?

Ini lho negara-negara pengimpor gula paling besar di dunia

negara penghasil gula
Ini lho negara-negara pengimpor gula paling besar di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Secara global, nilai impor gula dikabarkan mencapai US$ 23,3 miliar atau sekitar Rp 329 triliun pada tahun 2018. Negara-negara yang paling besar impor gulanya diketahui berada di wilayah Asia. Nilai impornya diperkirakan mencapai US$ 10,8 miliar atau 46,6 persen dari total global.

Di posisi kedua ada negara-negara Afrika sebesar 20,6 persen, negara-negara Eropa sebesar 19,6 persen, negara-negara Amerika Utara sekitar 9,4 persen, negara-negara Amerika Latin sebesar 3,1 persen, hingga Oceania dan Australia sekitar 0,6 persen.

Berikut ini adalah daftar negara-negara pengimpor gula terbesar di dunia berdasarkan data yang dihimpun World’s Top Exports.

Negara pengimpor gula Nilai impor
Indonesia US$ 1,8 miliar
Amerika Serikat US$ 1,7 miliar
China US$ 1 miliar
Malaysia US$ 735,7 juta
Italia US$ 717 juta
Aljazair US$ 687,9 juta
Korea Selatan US$ 659,1 juta
Uni Emirat Arab US$ 596,1 juta
India US$ 578 juta
Bangladesh US$ 559,6 juta
Spanyol US$ 544,6 juta
Mesir US$ 534,2 juta
Arab Saudi US4 516,7 juta
Myanmar US$ 451,5 juta
Nigeria US$ 446,4 juta

Kelima belas negara pengimpor gula tersebut tercatat membeli gula sekitar 49,5 persen dari total gula yang diimpor pada 2018. Secara mengejutkan, Indonesia yang merupakan negara penghasil gula menjadi negara paling besar impor gulanya.

Indonesia sendiri diketahui mengimpor gula dari sejumlah negara. Mulai dari Thailand, Korea Selatan, Singapura, Jerman, Amerika Serikat, hingga Jepang. Alasan Pemerintah Indonesia mengimpor gula karena produksi dalam negeri belum mencukupi kebutuhan domestik, yaitu kebutuhan industri dan konsumsi.

Nah, itu tadi informasi negara-negara penghasil gula paling besar di dunia plus negara-negara  pengimpornya. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!