Negara-Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Indonesia Ada Gak?

4 menit
Negara penghasil minyak bumi (Shutterstock).
Minyak dunia (Shutterstock).

Di dunia ini cuma negara-negara tertentu aja yang beruntung sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Namun, dengan adanya sumber daya alam tersebut, ternyata gak semua negara bisa mengelolanya dengan baik demi meningkatkan ekonominya lho.

Brunei Darussalam adalah salah satu negara penghasil minyak bumi yang bisa dibilang sukses dalam mengelola kekayaan alamnya tersebut. Sayangnya, kesuksesan tersebut gak dirasakan Venezuela sekalipun dulunya pernah makmur gara-gara minyak bumi.

Dalam ulasan kali ini, MoneySmart mau mengulas negara terbesar di dunia penghasil minyak bumi. Siapa aja negara-negara tersebut? Dikutip dari WorldAtlas, ini dia daftarnya.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Enam Langkah Strategis Dongkrak Devisa Pariwisata

1. Venezuela – 300.878 juta barel

Negara penghasil minyak bumi salah satunya Venezuela (Shutterstock).
Venezuela (Shutterstock).

Negara yang saat ini morat marit karena dilanda krisis ekonomi berkepanjangan ternyata berada di urutan pertama sebagai negara terbesar di dunia penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Venezuela dilaporkan memiliki cadangan minyak bumi sebesar 300.878 juta barel minyak.

Dengan banyaknya cadangan minyak tersebut, Venezuela menggeser posisi Arab Saudi yang selalu berada di posisi pertama. Negara Amerika Latin ini pun sempat mengecap keuntungan dari minyak pada masa pemerintahan Hugo Chavez.

Namun, begitu harga minyak jatuh di tahun 2014, ekonomi Venezuela ikutan jatuh. Hingga kini krisis masih berlangsung di negara ini.

2. Arab Saudi – 266.455 juta barel

Negara penghasil minyak bumi salah satunya Arab Saudi (Shutetrstock).
Bendera Arab Saudi (Shutterstock).

Berbeda dengan Venezuela, Arab Saudi terbilang sukses dalam memanfaatkan posisinya sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Sejak penemuan minyak bumi yang pertama kali tahun 1938, Arab Saudi perlahan-lahan menjelma jadi negara kaya.

Laporan terakhir menyebut Arab Saudi masih menyimpan cadangan minyak sebesar 266.455 juta barel. Walaupun posisinya disalip Venezuela, banyak ahli mengatakan Arab Saudi masih menyimpan cadangan minyak lebih banyak lagi kalau dieksplorasi lebih lanjut.

Namun, Arab Saudi belakangan ini sedang berusaha melepas ketergantungannya terhadap minyak. Mengingat harga minyak yang gak stabil dan terkadang begitu menurun malah bikin rugi Arab Saudi.

Baca juga: KUR Pariwisata Potensial Dongkrak Pengembangan Wisata Bahari di Pangandaran

3. Kanada – 169.709 juta barel

Negara penghasil minyak bumi salah satunya Kanada (Shutterstock).
Bendera Kanada (Shutterstock).

Negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia berikutnya adalah Kanada. Negara tetangga Amerika Serikat ini punya cadangan minyak sebesar 169.709 juta barel.

Sebagian besar minyak yang diproduksi Kanada berasal dari wilayah Alberta, yaitu sebesar 79,2 persen. Kanada tiap harinya bisa menghasilkan minyak dengan kapasitas 621.610 meter kubik.

Karena cadangan minyaknya yang besar, tercatat ada lima perusahaan minyak terbesar yang beroperasi di Kanada. Mulai dari Suncor Energy, Inc., Enbridge, Inc., Imperial Oil, Ltd., Canadian Natural Resources, Ltd., hingga TransCanada Corporation.

4. Iran – 158.400 juta barel

Negara penghasil minyak bumi salah satunya Iran (Shutterstock).
Iran (Shutetrstock).

Ada Iran di urutan keempat sebagai negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Negara yang kadang berselisih dengan Arab Saudi ini memiliki cadangan minyak sebesar 158.400 juta barel.

Bahkan, negara ini diketahui udah lebih dulu menambang minyak dibanding Arab Saudi, yaitu pada tahun 1908. Menariknya, setiap ladang minyak di Iran juga ada gasnya.

Karena sama-sama memproduksi minyak, pernah terjadi harga minyak dunia merosot gara-gara persaingan Arab Saudi dengan Iran. Kedua negara ini sama-sama meningkatkan produksi minyaknya yang berujung pada berlebihnya pasokan minyak.

Baca juga: KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Babel Semakin Diminati Investor

5. Irak – 142.503 juta barel

Negara penghasil minyak bumi salah satunya Irak (Shutetrstock).
Irak (Shutterstock).

Di posisi kelima ada Irak yang menjadi negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Walaupun punya cadangan minyak yang mencapai 142.503 juta barel, nyatanya negara ini belum bisa menikmati sepenuhnya karena perang dan kerusuhan sipil yang terjadi.

Namun, sejak 2018, negara ini berencana bakal genjot produksinya minyaknya di tahun 2019. Apalagi ancaman aksi terorisme yang dilakukan ISIS telah padam dengan menyerahnya organisasi tersebut.

Produksi minyak di Irak dimulai sejak berdirinya Iraq Petroleum Company tahun 1929. Per harinya Irak bisa mencapai 4,6 juta barel tahun 2018. Irak pun memasang target tahun ini bisa memproduksi sebanyak 5 juta barel.

Udah tahu kan sekarang negara-negara mana aja yang menjadi negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia? Selain cadangan minyak hingga ratusan juta barel, kita juga menemukan sejumlah fakta menarik.

Ternyata gak semua negara tersebut bisa makmur berkat minyak. Selain itu, Indonesia yang sering banget didengung-dengungkan kaya minyak gak masuk daftar negara yang punya cadangan minyak sebanyak ratusan juta barel lho. Semoga informasi negara penghasil minyak bumi tadi bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!