Presiden Jokowi Kesal, Ini 5 Alasan Vietnam Dipilih Investor Ketimbang Indonesia

3 menit
Negara Vietnam Dipilih Pebisnis Ketimbang Indonesia (Shutterstock).
Negara Vietnam Dipilih Pebisnis Ketimbang Indonesia (Shutterstock).

Rupanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China memberi untung buat negara Vietnam. Pasalnya, negara Asia Tenggara ini menjadi pilihan yang dituju para investor buat memindahkan bisnis mereka dari China.

Persaingan tarif impor barang antarnegara besar tersebut tampaknya belum menunjukkan tanda-tanda berkesudahan. Melihat kondisi tersebut, banyak pebisnis yang khawatir penjualan produk-produk yang mereka hasilkan bisa menurun nantinya.

Buat menyiasati kondisi tersebut, para pebisnis pun udah merelokasi perusahaan atau pabrik mereka keluar dari China dan memilih beberapa negara di sekitar. Salah satu negara tujuan yang dipilih adalah negara Vietnam.

Melihat fakta tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan kekesalannya dalam rapat terbatas pada Rabu (4/8). Ia membandingkan Indonesia dengan Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Malaysia yang kalah saing dalam menarik banyak investor.

Presiden Jokowi mengatakan ada 33 perusahaan keluar dari China. Namun, Indonesia gak menjadi tujuan pemindahan bisnis mereka. Justru 23 perusahaan dipindahkan ke Vietnam. Menurut Presiden, kegagalan ini terjadi karena adanya persoalan di dalam Indonesia yang perlu diselesaikan.

Pertumbuhan ekonomi Vietnam lebih tinggi dibanding Indonesia, kok bisa?

Negara Vietnam
Vietnam (Shutterstock).

Belakangan ini pertumbuhan ekonomi di negara Vietnam emang sedang bagus-bagusnya. Sejak memberlakukan liberalisasi perdagangan dan mempromosikan diri buat menarik investor, nilai ekspor negara Asia Tenggara ini meningkat.

Asal tahu aja nih, dibandingkan Indonesia, Vietnam jauh lebih mampu menaikkan angka pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen. Pada Semester I tahun 2018, pertumbuhan ekonomi negara Vietnam tercatat 7,08 persen, paling tinggi di antara negara-negara Asean.

Kini pada Semester I tahun 2019, negara Vietnam lagi-lagi memimpin dalam hal pertumbuhan ekonomi di antara negara Asean. Kabarnya Negeri Paman Ho ini mencatatkan pertumbuhan ekonomi sekitar 6,76 persen. Lebih tinggi dibandingkan Indonesia yang tercatat 5,06 persen.

Alasan-alasan yang bikin negara Vietnam lebih dipilih ketimbang Indonesia

Negara Vietnam
Vietnam (Shutterstock).

Dengan keberhasilan yang dicatatkan tersebut, apa ya sebenarnya yang membuat negara Vietnam dipilih perusahaan sekelas Foxconn, Samsung, dan LG sebagai tujuan relokasi bisnis?

Emangnya seberapa menarik negara Asean ini dibandingkan dengan Indonesia? Berikut ini alasan-alasan kenapa negara Vietnam dipilih banyak investor ketimbang Indonesia seperti yang dikutip dari China Briefing.

1. Membuat banyak perjanjian perdagangan bebas

Dalam beberapa tahun terakhir, negara Vietnam diketahui aktif dalam menjalin hubungan bilateral dengan banyak negara di dunia. Dari jalinan hubungan tersebut, Vietnam menyepakati banyak perjanjian perdagangan bebas.

Ditambah lagi Vietnam menandatangani Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP) dan Vietnam – UE (EVFTA). Kesepakatan-kesepakatan tersebut telah mendorong Vietnam menjadi lingkungan bisnis yang kompetitif.

Apalagi dalam perjanjian-perjanjian tersebut, standar kualitas produk, manufaktur, dan hak-hak karyawan benar-benar dijamin Vietnam. Gak menutup kemungkinan Vietnam bakal menjadi pusat manufaktur dan basis ekspor.

2. Dekatnya jarak antara China dan Vietnam

Karena perusahaan-perusahaan yang pindah sebelumnya ada di China, para pebisnis melihat Vietnam sebagai tujuan karena lebih dekat dari segi jarak. Apalagi jarak dari pusat manufaktur Cina di Shenzhen ke negara Vietnam gak jauh-jauh amat.

Dengan dekatnya jarak antara China dan Vietnam, pebisnis dapat meminimalkan biaya yang ada. Terus rantai pasokan tetap terjaga karena dekatnya jarak tersebut. Terlebih banyak pabrik di Vietnam yang merupakan milik investor China, Taiwan, dan Korea Selatan sehingga membuat urusan transisi berjalan lancar.

3. Lokasi Vietnam bagus buat rute dan posisi pengiriman regional di Asia

Negara Vietnam memiliki lokasi yang strategis, apalagi buat melakukan pengiriman regional di Asia. Inilah alasannya kenapa banyak investor yang beranggapan kalau Vietnam bagus posisinya buat melakukan ekspor.

Vietnam sendiri diketahui memiliki garis pantai sepanjang 3.200 km dan memiliki sekitar 114 pelabuhan. Tiga pelabuhannya yang terbesar berlokasi di Hai Phong (utara), Da Nang (tengah), dan Saigon (selatan).

Terus Vietnam punya jaringan kereta api yang terhubung dengan China, yaitu Kunming (Cina) – Hai Phong (Vietnam). Jaringan ini digunakan sebagai transportasi kargo.

4. Besaran upah yang rendah

Besaran upah di Vietnam disebut-sebut lebih rendah daripada besaran upah di China. Di negara Vietnam besaran upahnya pada tahun 2019 sekitar US$ 120 – US$ 173, dengan besaran tertingginya berada di Kota Hanoi dan Ho Chi Minh.

Jelas aja besaran upah di negeri Paman Ho tersebut merupakan separuhnya dari besaran upah di China. Dibanding Indonesia, selisih besaran upah bisa dibilang sebelas duabelas. Besaran upah di Indonesia berada di rentang US$ 102,74 – US$ 257,73.

5. Peran Pemerintah dalam mengambil keputusan strategis

Selain kondisi politik di sana yang stabil, Pemerintah Vietnam dinilai bijak dalam mengambil keputusan strategis yang menjadi kebijakan utama. Kebijakan-kebijakan terkait bisnis dan perburuhan membuat Vietnam mendapat skor tinggi dalam kemudahan berbisnis di laporan World Bank’s Doing Business.

Terus pemerintah di sana juga diketahui aktif dalam menarik banyak investasi, terutama investasi di infrastruktur. Selain itu, investasinya juga difokuskan ke pengembangan zona industri.

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa negara Vietnam lebih menarik jadi tujuan investasi dan relokasi perusahaan dari China ketimbang Indonesia. Selama pemerintah di sana mengelola pertumbuhannya secara bertanggung jawab, gak menutup kemungkinan Vietnam bakal terus mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang bagus. (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!