Wow! Cukup Jualan Ikan Hias, Nicholas Kurniawan Raup Rp 100 Jutaan Per Bulan

4 menit
Nicholas Kurniawan. (Instagram/@nicholask93)
Nicholas Kurniawan. (Instagram/@nicholask93)

Sukses di usia muda kini lebih dari sekadar angan. Siapa pun bisa mewujudkannya asalkan punya kemauan. Seperti Nicholas Kurniawan yang dikenal sebagai salah satu sosok muda yang sukses jadi eksportir ikan hias.

Dorongan pengin menjadi orang besar bikin Nicholas Kurniawan selalu bersemangat menjalani usahanya. Berbagai usaha telah dikerjakannya, tapi sering berakhir dengan kegagalan. Sampai akhirnya ia menemukan usaha yang benar-benar klop sama dirinya, yaitu jualan ikan hias.

Berkat jualan ikan hias, Nicholas Kurniawan yang dulunya biasa-biasa aja kini bisa menjadi orang tajir lho. Dengan jualan ikan hias aja, Nicholas bisa meraup omzet hingga ratusan juta rupiah. Mantap banget kan tuh?

Tahu pencapaian Nicholas Kurniawan yang super tersebut, kamu pasti bertanya-tanya. Gimana bisa Nicholas sukses menjadi pengusaha di usia muda? Jangan-jangan orang tuanya turut membantunya kayak anak-anak orang kaya yang jadi pengusaha?

Daripada cuma menerka-nerka, tapi gak dapat jawabannya, lebih baik simak dulu nih ulasan mengenai perjalanan sukses Nicholas Kurniawan berikut ini.

Baca juga: Kisah Sukses Personal Shopper Raup Untung Senilai Tiket Business Class ke Eropa 

1. Nicholas lahir dalam keluarga yang biasa-biasa aja

nicholas kurniawan
Dari keluarga biasa. (Instagram/@nicholask93)

Keluarga Nicholas Kurniawan bisa dibilang sebagai keluarga yang biasa-biasa aja. Buat memenuhi kebutuhan keluarga, ibu Nicholas masih harus bekerja buat membantu ayahnya.

Nicholas pernah bilang ibunya sampai berjualan kue di depan SD Santa Maria agar bisa mencukupi kebutuhan. Dari situ, Nicholas termotivasi buat berjualan juga seperti orang tuanya.

Nicholas memilih jualan mainan saat masih duduk di bangku SD. Kadang-kadang ia juga membantu ibunya dengan menjual kue di dalam sekolah. Mulai dari jualan kecil-kecilan inilah, antusiasme Nicholas terbangun buat mencoba-coba berbagai macam usaha.

Baca juga: Mimpi Besar dan Kekuatan Receh Yusuf Mansur

2. Dari asuransi hingga MLM, semua udah dicobain Nicholas

nicholas kurniawan
Banyak usaha sudah dilakoni. (Instagram/@nicholask93)

Lulus dari SD nyatanya gak bikin Nicholas Kurniawan berhenti jualan. Di masa SMP-nya Nicholas pernah berdagang jersey bola. Pokoknya apa pun yang berpotensi datangkan untung asalkan legal dilakukan Nicholas.

Malahan, pria kelahiran 1993 ini pernah menawarkan asuransi lho. Terus Nicholas juga pernah ikut-ikutan jualan produk dengan multi-level marketing alias MLM. Namun, usaha-usaha yang dijalankan tersebut gak ada satu pun yang awet alias mati sebelum berkembang.

Baca juga: Mengintip Perjalanan 4 Orang Sukses yang Dulunya Petugas Kebersihan

3. Saking asyiknya jalankan usaha, Nicholas pernah tinggal kelas

nicholas kurniawan
Saat masih bersekolah. (Instagram/@nicholask93)

Merasa udah menemukan passion-nya, Nicholas jadi lupa tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar. Dikutip dari Bappenas, Nicholas pernah merasakan pahitnya tinggal kelas gara-gara sibuk jalankan usaha.

Saat itu Nicholas benar-benar merasakan kesedihan. Sampai-sampai ia pun harus pindah sekolah dari SMA Kanisius Jakarta ke SMA Santo Bellarminus.

Sejak saat itu Nicholas belajar banyak dari kegagalannya tersebut. Ia pun berjanji bakal berusaha membahagiakan orang tuanya. Resolusi pertamanya pun terikrar saat itu, yaitu menjadi seorang eksportir.

4. Bermula dari pemberian teman, Nicholas jualan ikan hias

nicholas kurniawan
Jualan ikan hias secara tak sengaja. (Instagram/@nicholask93)

Ide menjual ikan hias gak terjadi secara disengaja. Nicholas Kurniawan mengenal ikan hias dari temannya. Semula ia sama sekali gak tertarik dengan ikan hias. Namun, karena saat itu diberikan, ia menerima pemberian ikan Garra Rufa dari temannya tersebut.

Karena sejak awal gak tertarik, Nicholas kemudian menjual ikan Garra Rufa tersebut secara online dengan harapan bisa datangkan uang. Benar aja. Ikannya laku terjual di Kaskus. Waktu itu ia menjual 100 ekor ikan Garra Rufa.

Walaupun ikan Garra Rufa yang dijualnya udah laku terjual, Nicholas masih menerima telepon yang menanyakan ikan tersebut. Nicholas berpikir buat menjadikan jualan ikan hias ini sebagai usaha barunya.

5. Dari jualan sejak SMA, lalu jadi supplier ikan hias

nicholas kurniawan
Jadi supplier ikan hias. (Instagram/@nicholask93)

Pilihan Nicholas Kurniawan buat jualan ikan hias ternyata keputusan yang tepat. Ia mulai berjualan ikan Garra Rufa lewat toko online yang ia beri nama Garra Rufa Center. Dalam sebulan, usahanya tersebut bisa hasilkan Rp 2 juta – Rp 3 juta.

Nicholas menyadari kalau jualan ikan Garra Rufa aja, usahanya bisa gak bertahan lama. Makanya ia juga menjual jenis-jenis ikan hias lainnya. Di sinilah usahanya berkembang dengan memperdagangkan berbagai jenis ikan hias.

6. Berusaha jadi eksportir dengan bangun Venus Aquatics

nicholas kurniawan
Jadi eksportir. (Instagram/@nicholask93)

Nicholas Kurniawan gak puas dengan cuma jadi supplier ikan hias. Ia kepengin mewujudkan resolusinya buat menjadi eksportir.

Nicholas pun mencari tahu gimana caranya bisa menjadi eksportir ikan hias. Ia pun sampai memohon-mohon sama pengusaha-pengusaha yang berpengalaman jadi eksportir. Sayangnya, gak ada yang mau bantu Nicholas buka jalan.

Nicholas pada akhirnya belajar sendiri cara jadi eksportir. Ia sempat mengalami kegagalan dalam mencoba-coba menjadi eksportir. Namun, ia gak putus asa dan belajar dari kegagalannya tersebut buat bangkit.

Ia memulai upaya sebagai eksportir dengan jadi supplier ikan hias. Perubahan status ini turut mengubah nominal omzet usahanya dari Rp 2 juta – Rp 3 jutaan, Nicholas bisa peroleh Rp 10 jutaan per bulan.

Perlahan-lahan tapi pasti, Nicholas kini bisa menjadi eksportir ikan hias di bawah bendera usahanya Venus Aquatics. Sejauh ini Venus Aquatics telah mengekspor ikan ke sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Qatar, hingga Amerika Serikat.

Omzet Nicholas pun meningkat. Dari yang tadinya Rp 10 juta saat jadi supplier, kini Nicholas bisa meraup ratusan juta rupiah per bulan dengan jadi eksportir ikan hias.

Dengan omzet yang segitu besarnya, Nicholas Kurniawan bisa berkuliah di Universitas Prasetiya Mulya. Gak pernah berhenti belajar dari kegagalan menjadi kunci sukses Nicholas bisa membesarkan Venus Aquatics hingga hasilkan omzet ratusan juta rupiah. Salut deh! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!