Ini Nih 6 E-Commerce Indonesia Buat Bayar Kebutuhan Rumah Tangga

Gak ada lagi keluhan bayar listrik, air, bahkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan antrean panjang seperti rombongan orang di depan toko retail yang mau gulung tikar. Berkat kemajuan teknologi, semua itu bisa dibayar secara online.

Situs dagang online atau e-commerce Indonesia kini gak hanya bisa dipakai buat membeli dan menjual barang. Sejumlah tagihan kebutuhan rumah tangga juga bisa dibayar lewat situs jual-beli ini.

Gak cuma itu, kerap ada promo berupa diskon atau cashback yang diberikan bila membayar tagihan itu lewat situs tertentu. Berikut ini enam situs e-commerce Indonesia yang bisa dipakai buat bayar kebutuhan rumah tangga.

1. Tokopedia

Situs jual-beli bercorak warna hijau menyegarkan ini menyediakan loket pembayaran listrik PLN, PDAM, BPJS, TV kabel, telepon, pulsa, paket data, juga gas. Ada cashback yang akan masuk ke Toko Cash setiap kali membayar tagihan itu lewat Tokopedia.

e-commerce indonesia
Ada beragam promo yang bisa dipakai buat bayar kebutuhan rumah tangga secara online, bisa lebih ngirit deh (bpjs-online.com)

Besaran cashback bervariasi dan berbeda tergantung kebijakan Tokopedia. Cashback umumnya tersedia hingga Rp 20.000, lumayan buat ngurangin jumlah tiap tagihan.

Di sini juga bisa bayar tagihan dengan cicilan 0 persen lho. Tapi pembayaran harus lewat kartu kredit. Program cicilan 0 persen berlaku hingga 31 Desember 2017.

[Baca: Bayar Tagihan Bulanan Makin Gampang dengan 5 Kartu Kredit Ini]

2. Bukalapak

Pesaing langsung Tokopedia ini gak mau kalah memberikan kemudahan pembayaran kebutuhan rumah tangga. Kita bisa bayar listrik, paket data, BPJS, PDAM, dan pulsa di sini.

Sayangnya, sepertinya Bukalapak gak terlalu berfokus pada program loket tagihan virtual ini. Promonya masih sangat terbatas. Begitu juga loket yang dibuka.

Kita belum bisa bayar tagihan TV kabel dan telepon. Selain itu, pembayaran BPJS dan PDAM baru bisa dilakukan via situs Bukalapak, belum tersedia di aplikasi.

3. Elevenia

Di Elevenia, bisa beli pulsa dan paket data, bisa juga bayar tagihan listrik dan TV kabel. Namun tagihan listrik yang tersedia baru berupa token.

Tagihan TV kabel yang ada pun baru Orange TV. Mungkin nantinya akan ada perubahan untuk melengkapi loket pembayaran tagihan tersedia.

4. Matahari Mall

Meski sejumlah gerai offline milik Matahari tutup, situs e-commerce Matahari masih bertahan. Bahkan gak hanya bisa beli baju dan celana, di sini kita dapat bayar tagihan bulanan.

[Baca: Banyak Toko Ritel Tutup, Ini 6 Cara Belanja Online Paling Efektif]

e-commerce indonesia
Antre bayar tagihan di loket PLN? Itu kan dulu…… (loket-arindo.blogspot.co.id)

Tagihan kebutuhan yang tersedia adalah pulsa, PDAM, listrik, dan BPJS. Namun, seperti Elevenia, baru token yang tersedia di sini. Yang juga disayangkan, promo di Matahari Mall gak segencar di marketplace lain seperti Tokopedia dan Bukalapak.

5. BliBli

E-commerce Indonesia yang satu ini gak jauh berbeda dengan dua sebelumnya. Belum banyak pilihan tagihan kebutuhan rumah tangga yang tersedia.

Hanya ada pulsa, paket data, dan listrik. Itu pun baru token listrik, bukan pascabayar. Adapun diskon lebih banyak diterapkan pada produk yang dijual di sana.

6. Sepulsa

e-commerce indonesia
Bagusnya, situs-situs ternama ini menjamin keamanan transaksi. Jadi gak takut dana nyasar (facebook)

Situs yang terakhir ini lebih berfokus sebagai tempat pembayaran layaknya loket digital. Layanan yang tersedia adalah pulsa, paket data, token listrik, dan BPJS.

[Baca: Isi Ulang Pulsa Bisa Bikin Bokek Lho, Atasi dengan Hal Ini]

Tapi promo diskon masih minim di sini. Sepulsa lebih mengutamakan fitur cepatnya proses pembelian, terutama melalui aplikasi.

Sekarang apa aja dimudahkan berkat maraknya bisnis e-commerce Indonesia. Mau bayar kebutuhan rumah tangga, bisa. Mau bayar tagihan rutin bulanan pun bisa.

Khusus soal pulsa dan token listrik, manfaatnya akan sangat terasa ketika betul-betul butuh. Misalnya listrik mati tengah malam karena voucher habis. Mau beli di minimarket atau agen, udah pada tutup.

Bisa langsung ke situs e-commerce buat nyalain listrik kembali. Syukur-syukur ada diskon. Kita sebagai konsumen mesti memanfaatkan hal ini dengan baik demi kepraktisan, juga penghematan pengeluaran.

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560