Ini Nih Daftar Kartu Kredit yang Paling Menguntungkan Buat Transaksi di Luar Negeri

4 menit
transaksi di luar negeri

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri bareng keluarga, hal utama yang harus dipersiapkan adalah dana. Selain buat beli tiket pesawat dan pesan hotel, kamu juga harus menghitung berapa besar pengeluaranmu di sana untuk biaya hidup dan rekreasi keluarga.

Bawa uang tunai dalam jumlah besar mungkin sekilas jadi solusi paling praktis. Tapi jangan salah, risiko kehilangannya besar lho. Kita juga gak bisa memprediksi musibah apa saja yang bisa menimpa kita di luar negeri, bisa jadi kita kecopetan.

Lantas apa solusinya? Pakai kartu kredit!

Jangan sinis dulu, kartu kredit itu manfaatnya banyak lho. Terlebih lagi kalau dipakai bertransaksi di luar negeri. Alih-alih bawa uang tunai segepok, kamu bisa pakai satu kartu yang bisa dipakai bertransaksi di mana aja. Selama ada mesin EDC ya.

transaksi di luar negeri
Dipakai dong kartu kreditnya biar makin untung (kartu kredit/ongsimho)

Selain praktis, pakai kartu kredit selama liburan di luar negeri juga lebih hemat dan menguntungkan. Gak percaya? Simak nih kartu kredit yang ngasih keuntungan lebih buat transaksi di luar negeri:

1. Citi PremierMiles

Bila kamu pakai kartu kredit ini untuk bertransaksi di luar negeri,  kamu bakal dapat satu Premier Mile setiap kelipatan Rp 5.000. Pengumpulan miles ini lebih cepat ketimbang transaksi di dalam negeri yang diganjar 1 mile tiap transaksi Rp 8.500.

Mile yang kamu dapat nantinya bisa ditukerin sama tiket pesawat gratis dari 60 maskapai atau menginap di 8.500 hotel terfavorit di penjuru dunia.

Untungnya lagi, setelah tiga bulan pemakaian, kamu bakal diberikan bonus 5.000 miles lho. Dan miles yang kamu dapat dari setiap transaksi bakal berlaku selamanya. Kalau apply kartu kredit ini sekarang, kamu juga bisa dapat cashback Rp 500 ribu!

2. Standard Chartered WorldMiles

Yang membedakan kartu kredit ini sama Citi PremierMiles adalah soal perolehan mile-nya. Kalau pakai Standard Chartered WorldMiles, kamu bakal dapat dua mile tiap transaksi Rp 7.500 di luar negeri.

Miles ini nantinya bisa ditukerin sama tiket gratis dalam empat program frequent flyer ternama, yakni Garuda Miles, KrisFlyer, Asia Miles, dan Air Asia Big. Mau ditukerin sama voucher travel dan belanja juga bisa.

transaksi di luar negeri
Kumpulin air miles sebanyak mungkin biar bisa terbang gratis (pesawat/slate)

Kalau apply kartu kredit ini sekarang, kamu bisa dapetin hadiah e-Voucher senilai maksimal Rp 1 juta buat belanja di Tokopedia.

3. HSBC Visa Platinum Card

Kartu kredit HSBC cukup terkenal karena merchant partner-nya cukup banyak. Untuk setiap transaksi di luar negeri, kamu bisa dapat dua point rewards untuk tiap pembelanjaan kelipatan Rp 1.500. Nantinya, poin ini bisa ditukarkan dengan program air miles dari Asia Miles, Garuda Miles, dan KrisFlyer.

Selain itu, kamu juga berkesempatan belanja hemat 20 persen di 400 outlet yang bermitra dengan HSBC. Apply kartu kredit ini sekarang, dan kamu bisa dapat hadiah dua tiket PP ke Singapura dan cashback MAP hingga Rp 750 ribu.

4. BCA Singapore Airlines Krisflyer Visa Signature

Namanya saja sudah ada kata “Singapore”, promonya tentu banyak untuk merchant-merchant di Singapura. Tapi yang jelas, kamu bakal dapat 1 KrysFlyer Mile setiap kali melakukan transaksi kelipatan Rp 8.000.

Kamu juga bisa menikmati promo cicilan 0 persen selama enam bulan untuk pembelian tiket pesawat Singapore Air dan Silk Air. Dan KrisFlyer juga bisa di-redeem untuk booking hotel, voucher belanja, dan transaksi lainnya.

5. Bank Ganesha Platinum

Kartu kredit ini merupakan kartu kredit affinity yang diterbitkan oleh Mastercard, Bank Ganesha, dan CIMB Niaga. Keunggulannya punya kartu ini adalah kamu bisa menikmati promo dari semua merchant partner CIMB Niaga yang jumlahnya banyak. Gratis iuran tahunan selamanya juga lho!

Kartu kredit Bank Ganesha Platinum punya promo cicilan 0 persen selama enam bulan untuk transaksi ritel di luar negeri. Minimum transaksinya Rp 1 juta ya. Lalu ada juga program cashback hingga Rp 1 juta untuk transaksi ritel di Singapura, Malaysia, dan Jepang.

6. Mandiri Platinum Card

Kalau transaksi dengan kartu kredit ini, kamu bakal mendapat Mandiri Power Point setiap kelipatan Rp 2.500. Poin yang sudah terkumpul bisa ditukar juga dengan GarudaMiles atau KrysFlyer Miles.

transaksi di luar negeri
Liburan bareng keluarga pasti jadi makin seru kalau bisa lebih hemat (liburan keluarga besar/Today)

Selain itu, kamu bisa dapat potongan hingga 50 persen lho ketika beli tiket Garuda Indonesia, dan potongan 10 persen untuk pembelian tiket pesawat Emirates. Pokoknya, liburan bareng keluarga dengan naik maskapai premium bisa jadi kenyataan deh kalau pakai kartu kredit ini.

Nah, terbukti kan kalau pakai kartu kredit ketika transaksi di luar negeri itu bisa menguntungkan? Meski begitu, budgeting tetap wajib dilakukan ya sebelum berangkat.

Jangan lupa juga untuk menentukan destinasi-destinasi mana yang bakal dikunjungi. Kalau memang harus bayar tiket, ya bayar pakai kartu kredit yang pas. Selamat berlibur!

 

CTA Kartu Kredit

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ini Kartu Kredit yang Ngasih Kamu Hadiah Ketika Apply]

[Baca: Kalau Udah Berkeluarga, Cari Kartu Kredit yang Kayak Gini Nih]

[Baca: Cek Kartu Kredit Supermarket yang Paling Cocok Buatmu di Sini!]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.