Digaji Miliaran, Ternyata Ini Tunggangan 6 Pesepak Bola Mahal Indonesia

4 menit
pemain sepakbola indonesia
Irfan Haarys Bachdim (instagram @ibachdim)

Gaji pemain sepakbola Indonesia emang belum bisa disetarakan dengan pemain sepakbola internasional. Tapi kalau dibanding pegawai biasa, penghasilan mereka ya gak bisa dibilang kecil. Buktinya, beberapa di antara mereka mampu punya tunggangan mewah.

Penasaran dengan tunggangan-tunggangan para pemain sepakbola Indonesia? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Bambang Pamungkas

pemain sepakbola indonesia
Mini Cooper Bambang Pamungkas (Youtube)

Penyerang Persija sekaligus legenda hidup ini punya mobil mewah, Mini Cooper berplat B 20 P. Mobil ini cukup disorot usai Bepe kena razia di Kalibata, Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu.

Mini Cooper merupakan salah satu mobil mewah yang harganya nyaris Rp 1 miliar, tepatnya ada di kisaran Rp 820 jutaan.

Gak heran sih kalau bang Bepe punya mobil itu. Wong media-media pun sempat melaporkan bahwa kekayaannya berjumlah miliaran rupiah.

2. Hamka Hamzah

pemain sepakbola indonesia
Nissan GTR Hamka Hamzah (Twitter)

Kapten Sriwijaya FC ini punya mobil mewah legendaris yang sering nongol di film Fast and Furious.

Mobil itu adalah Nissan GTR buatan 2007 bermesin 3,8 L V6. Seperti mobil sport pada umumnya, GTR cuma punay dua pintu.

Berapa harganya? Yang bekas aja Rp 2 miliaran. Gimana yang baru, ya?

Sampai sekarang, informasi soal gaji pemain sepakbola Indonesia berbadan tinggi besar ini gak pernah terkuak. Paling yang sempat rapai itu soal keterlambatan gaji pada April 2018.

3. Andik Vermansyah

pemain sepakbola Indonesia
Ford Fiesta milik Andik (Bola)

Pemain sepakbola Indonesia yang kini memperkuat tim lokal Malaysia ini punya dua mobil, Toyota Fortuner yang harganya Rp 600 jutaan dan Ford Fiesta dengan harga Rp 200 jutaan.

Soal kendaraan, Andik emang gak memaksakan diri buat beli yang mahal-mahal. Dua mobil itu tampaknya udah cukup bagi pria yang katanya digaji Rp 2,1 triliun setahun ini.

Tapi kalau urusan properti, baru deh Andik terlihat cukup loyal. Buktinya aset yang dia punya cukup banyak. Dan aset-aset itu dikasih untuk keluarganya. Mulia banget deh.

4. Evan Dimas Darmono

pemain sepakbola indonesia
Mobil Avanza di rumah Evan (Liputan 6)

Pria yang juga memperkuat tim sepakbola Malaysia Selangor FC ini dikabarkan punya dua mobil. Satu Toyota Avanza, satunya lagi Honda Mobilio. Dua-duanya harganya gak sampai Rp 200 jutaan.

Sempat muncul kabar bahwa walau punya dua mobil Evan itu gak bisa nyetir. Wah, harus belajar cepat-cepat mas!

Buat kamu tahu, pada awal 2016, Evan sempat menjalani pelatihan di Spanyol selama empat bulan. Dia lalu kembali ke timnya, Bhayangkara FC, sebelum akhirnya pindah ke Selangor.

5. Egy Maulana Vikri

pemain sepakbola indonesia
Egy Maulana Vikri (Tribunnews)

Umur jelas masih muda banget, tapi jangan pandang remeh soal karier pria yang satu ini. Sebagai pemain sepakbola Indonesia penuh talenta, Egy kini bermain buat tim sepakbola Polandia lho, namanya Lechia Gdansk.

Selain dapat apartemen, dia juga dapat mobil mewah bermerek Mercedes Benz. Kabarnya sih harga mobil itu setara Rp 1,3 miliar.

Belum lagi, di apartemennya dia juga dapat juru masak, keamanan, dan pelayanan lainnya. Dia juga bisa menggunakan jasa fisioterapis gratis. Enak banget ya!

Sempat tersiar kabar di media bahwa gaji yang diterima Egy di negara Eropa itu mencapai Rp 13 miliar per musim. Tapi belum ada konfirmasi resmi soal laporan itu sih.

6. Irfan Bachdim

pemain sepakbola indonesia
Irfan Bachdim (Tribun Bali)

Pemain sepakbola Indonesia yang kini memperkuat Bali United ini bermimpi punya Ferrari dan Ducati.

Lucunya, Irfan paling sering terlihat pakai motor Suzuki Addres. Biasanya sih motor ini dia pakai ke tempat latihan. Kamu tahu kan motor apa ini? Itu lho, motor matic yang harganya gak sampai Rp 15 juta.

Kok bisa ya Irfan naik motor murah itu? Alasannya ternyata buat menghindari kemacetan. Tapi bisa jadi juga karena dia lagi promosi. Kan 2011 lalu dia emang pernah jadi bintang iklan Suzuki.

Itulah deretan tunggangan para pemain sepakbola Indonesia, dari yang mahal sampai yang murah pun ada.

Intinya, walau gajinya besar semua, belum tentu orang-orang ini punya mobil atau motor mahal. Sebagian dari mereka melihat ya mau motor kek, mobil kek, semuanya cuma sebatas alat transportasi aja. Malah enak kan kalau gaji besar tapi tunggangan murah? Jadi sisa gaji yang banyak itu bisa dimanfaatkan buat investasi atau yang lain.

Contohnya ya si pemain sepakbola Indonesia bertubuh mungil tapi larinya cepat itu, Andik Vermansyah. Dia kan investasi sana sini.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.