Tutup Usia! Kekayaan Legenda Formula 1 Niki Lauda Mencapai Rp 1,4 Triliun

4 menit
Niki Lauda
Tutup Usia! Kekayaan Legenda Formula 1 Niki Lauda Mencapai Rp 1,4 Triliun, (Thedrive.com).

Tiga kali juara dunia Formula 1, pembalap Niki Lauda meninggal dunia usai menjalani operasi transplantasi paru sekitar 9 bulan yang lalu. Pembalap kelahiran Austria ini meninggalkan harta sebanyak US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun selama kariernya di ajang F1.

Mengutip dari The Guardian, informasi tentang meninggalnya legenda F1 ini langsung diinformasikan langsung oleh pihak keluarga. Tepatnya pada hari Senin, 20 Mei 2019 waktu setempat.

“Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa orang yang kita cintai Niki telah meninggal dengan tenang bersama keluarganya pada hari Senin,” ucap pihak keluarganya kepadanya kepada media.

Hal ini sontak membuat kaget banyak pihak terutama dari para pelaku industri balap paling kencang di dunia tersebut. Salah satunya datang dari mantan tim yang ia bela yakni McLaren.

Kepopuleran Niki Lauda di dunia otomotif gak lepas dari beberapa fakta yang ia miliki sepanjang kariernya menunggangi mobil balap berikut ini:

Baca juga: Sampai Rp 168 Miliar, Ini 10 Pembalap MotoGP dengan Bayaran Termahal

Sang legenda rutin menjuarai F1 tahun 1975, 1977 dan 1984

Di usia 70 tahun, Niki Lauda legenda Formula 1 tutup usia, (Thedrive).

Layaknya seorang legenda F1 lainnya, Niki sapaan akrabnya, pria yang tutup usia di umur 70 tahun ini telah menjuarai ajang balap mobil paling bergengsi di dunia sebanyak 3 kali di era 70-an dan 80-an.

Ia berhasil menjadi juara ketika menunggangi mobil Ferrari pada tahun 1975 dan 1977. Diikuti dengan tim McLaren pada tahun 1984. Setahun berselang, dirinya memutuskan buat pamit dari arena balapan alias pensiun.

Kecintaan dirinya pada dunia balap ia terus geluti sampai beberapa tahun sebelum dirinya meninggalkan dunia selamanya. Hal tersebut terlihat dari perannya sebagai Non-Executive Chairman di tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport semenjak tahun 2012.

Baca juga: Setirnya Aja Rp 1 Miliar, Segini Biaya Merakit Mobil F1 Jika Pengin Punya!

Harta kekayaan yang dimiliki sang legenda F1 mencapai Rp 1,4 triliun

Sosok Niki saat masih muda di tahun 1976. Wajahnya penuh dengan luka bakar usai mengalami kecelakaan Formula 1, (thedrive.com).

Dikutip dari Celebrity Net Worth, harta kekayaan yang berhasil dikumpulkan olehnya selama 70 tahun hidup dan menekuni profesi sebagai pembalap mencapai Rp 1,4 triliun.

Uang sebanyak itu berhasil ia kumpulkan dari berbagai pendapatan seperti hadiah menjuarai F1 sebanyak 3 kali, sebagai bintang iklan dan brand ambassador tertentu serta perannya di beberapa manajemen tim setelah memutuskan berhenti membalap.

Baca juga: Cuma Ada 1 Unit, Intip Garasi Lewis Hamilton yang Dihuni Pagani Zonda 760 LH

Sempat mendirikan sebuah maskapai penerbangan bernama Lauda Air

Lauda Air merupakan maskapai penerbangan yang pernah dibikin oleh sang legenda F1 ini, (worldairlinenews.com).

Sangking kayanya, Niki sempat mendirikan sebuah maskapai pesawat terbang bernama Lauda Air pada April 1979. Perusahaan ini berdiri di kota Schwechat, Austria.

Walaupun udah berdiri dari tahun 1979 tetapi Lauda Air baru pertama kali mengudara di tahun 1985 yang memberikan fasilitas charter pesawat dan armada taksi udara.

Salah satu pesawat jetliner pertama yang dimilikinya adalah BAC One-Eleven seri 500 yang dibuat oleh perusahaan asal Inggris. Di tahun 200,  Lauda Air menjadi anak usaha dari perusahaan maskapai Austian Airlines dan tahun 2013 namnya diganti menjadi MyHoliday Austrian.

Kariernya sebagai pembalap pernah di filmkan dengan judul ‘Rush

Niki lauda
Kisah hidupnya pernah dituangkan di layar lebar berjudul “Rush”, (mazonaws.com).

Untuk menjadi seorang juara dunia di era 70-an Niki Lauda perlu perjuangan yang cukup keras melawan rival terberatnya yakni pembalap asal Inggris yaitu James Hunt. Kisah tersebut menjadi inspirasi dari film berjudul “Rush” yang dirilis pada tahun 2013 lalu.

Peran Niki sendiri diisi oleh aktor Daniel Bruhl serta rivalnya James Hunt diperankan oleh aktor terkenal Chris Hemsworth yang juga berperan sebagai Thor di film “Avengers”.

Di film ini kamu bisa mengetahui asal-usul kenapa wajah Niki memiliki luka bakar yang lumayan parah hingga akhir hayatnya.

Riwayat penyakit mulai dari ginjal hingga paru-paru

Niki tutup usia usai menjalankan cangkok paru-paru, (Pexels.com).

Sebelum menjalani operasi transplantasi paru-paru pada tahun 2018 di kota Vienna, ia juga sempat memiliki riwayat penyakit ginjal yang lumayan parah.

Tercatat Niki udah menjalani dua kali operasi transplantasi ginjal di tahun 1997 dan 2005. Di tahun 1997, ia mendapatkan donor ginjal dari saudara laki-lakinya lantaran fungsi ginjal sang legenda udah menurun.

Lalu pada tahun 2005 ginjal yang telah diberikan oleh adiknya tersebut juga berhenti berfungsi dan menjalankan operasi kembali. Pendonor ginjal selanjutnya yang mendapatkan lampu hijau dari dokter ialah dari kekasihnya Birgit Wetzinger.

Nah itulah fakta-fakta menarik tentang mantan pembalap Formula 1 Niki Lauda. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menjalaninya ya, amin! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1