Wow! Gaji Karyawan di Perusahaan Jepang Ini Rata-rata Rp 1,1 M Per Tahun

3 menit
nintendo
Seorang pengguna Nintendo Switch. (Shutterstock)

Perusahaan asal teknologi asal Jepang Nintendo terus mengalami perkembangan pesat. Sejak berdiri tahun 1889 mereka menorehkan kinerja bisnis yang mengagumkan. Buktinya mereka bisa bertahan hingga selama ini.

Semua itu berkat riset dan pengembangan yang terus mereka lakukan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sejak awal mula berdiri hingga tahun 1960an, Nintendo hanya memproduksi mainan kartu. Bahkan dari kartu ini mereka bisa bekerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, salah satunya Disney.

Setelah sukses mengembangkan sayap ke luar negeri, tahun 1970an mereka berhasil menciptakan permainan elektronik portabel. Salah satu produk andalan pertamanya adalah Game Watch, benda berbentuk persegi dengan layar hitam putih dan tombol di kanan kiri. Terlihat sederhana, tetapi digandrungi banyak anak dan sebagai pelopor game portabel.

Inovasi tak ada habis-habisnya hingga produk andalannya Gameboy keluar dengan berbagai versi hingga saat ini. Teranyar mereka memproduksi Nintendo Switch yang juga langsung punya banyak penggemar. Nintendo pun menjadi salah satu perusahaan game console paling bernilai.

Di balik kesuksesannya itu, tentunya ada kerja keras dari para karyawan. Kreativitas dan inovasi yang mereka kembangkan ternyata mendapat apresiasi yang luar biasa dari Nintendo. Bahkan untuk gaji per tahunnya saja terbilang fantastis. Berapa kira-kira?

Baca juga: Mau Menggaji Pengangguran, Indonesia Sudah Setaraf Negara-Negara Ini Belum ya?

Gaji karyawan Nintendo rata-rata Rp 1 miliar per tahun

Nintendo
Salah satu kantor Nintendo. (Shutterstock)

Kantor Nintendo yang berpusat di Kyoto, Jepang memiliki ribuan karyawan. Dikutip dari Businessinsider mereka memiliki 2.271 pekerja. Di Tahun 2019 ini, mereka berencana untuk merekrut 81 pekerja yang berlatar belakang pendidikan S1 yang baru lulus alias fresh graduate.

Rata-rata gaji yang bisa didapatkan oleh para karyawan per tahunnya adalah US$ 80.600 atau Rp 1,1 miliar. Artinya per bulan mereka bisa membawa pulang Rp 91 jutaan. Dengan gaji setinggi itu, siapa saja pasti betah bekerja di dalam perusahaan. Buktinya, rata-rata para pegawai betah bertahan kerja dalam jangka waktu lama yaitu selama 13,5 tahun.

Oiya, jumlah gaji tersebut masih belum termasuk sama tunjangan ya. Para karyawan akan mendapatkan tunjangan tambahan seperti transportasi, bonus dua kali dalam satu tahun, dan kenaikan gaji setiap tahunnya.

Baca juga: Gajinya Tembus Puluhan Miliar Rupiah, Ini Lho Deretan CEO Tersukses di Dunia

Kerjanya gak nyampe 8 jam per hari

nintendo
Logo ikonik. (Shutterstock)

Soal jam kerja, ternyata Nintendo juga memberikan keistimewaan dibanding kantor-kantor lainnya. Karena perusahaan ini termasuk dalam industri, para karyawan bekerja dengan sistem shift. Per shift mereka bekerja dalam kurang dari 8 jam, lebih tepatnya 7 jam 45 menit.

Jam kerja dimulai sekitar pukul 08.45 dan ada yang memulai pukul 09.30 pagi. Jam kerja ini berlaku di seluruh kantor Nintendo termasuk di Tokyo.

Baca juga: Deretan Pemain Arsenal Bergaji Fantastis, Ada yang Rp 24 Miliar Per Bulan

Lebih tinggi dari gaji Presiden Indonesia

nintendo
Salah satu konsol yang cukup populer di masa lalu. (Shutterstock)

Percaya atau tidak jumlah gaji tersebut ternyata lebih besar ketimbang gaji Presiden Indonesia. Gaji Presiden telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 75 tahun 2000.

Dalam Pasal 2 UU tersebut, gaji pokok Presiden sebesar enam kali dari gaji pokok tertinggi pejabat selain Presiden dan Wakil Presiden. Diketahui, gaji pokok tertinggi pejabat negara adalah sebesar Rp 5.040.000 per bulan, berarti gaji pokok Presiden adalah Rp 30.240.000.

Jumlah tersebut belum ditambah dengan tunjangan yang didapat yaitu sekitar Rp 32.500.000 per bulan. Jadi gaji Presiden di Indonesia per bulannya mencapai Rp 62.740.030 dan per tahunnya Rp 752 jutaan. Coba kalian bandingkan dengan rata-rata gaji karyawan Nintendo, lebih besar siapa? (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan