Ini Minimal Gaji untuk Kredit Mobil Grand Livina Terbaru

3 menit
Nissan Grand Livina. (Instagram/@nissanid)
Nissan Grand Livina. (Instagram/@nissanid)

Wah, Mobil Grand Livina yang baru sudah meluncur lho. Kali ini, Livina udah gak lagi berbentuk station wagon karena menggunakan platform Mitsubishi Xpander.

Bukan hal yang aneh sejatinya kalau Livina jadi mirip Xpander. Pasalnya, Nissan sendiri memiliki 34 persen saham dari Mitsubishi.

Yang membedakan antara Livina dan Xpander hanya wajahnya saja. Gril Livina menggunakan desain V-motion khas mobil Nissan pada umumnya. Sementara itu wajah Xpander membentuk huruf “X.”

Tentunya, kehadiran Low MPV yang satu ini bisa membuat ketar-ketir Toyota. Lantaran, saat ini Xpander aja jadi LMPV terlaris. Apa jadinya kalau kembarannya lahir dan mengaspal di Indonesia?

Bicara soal harga, Livina terbaru ini dibanderol mulai dari Rp 198,8 juta. Itu artinya ada varian yang lebih murah ketimbang Xpander! Tertarik untuk beli? Gimana kalau kita cari tahu dulu minimal gaji untuk kredit dan simulasinya.

Baca juga: Orang Bergaji Berapa yang Layak Kredit Toyota All New Camry?

Simulasi kredit Nissan Grand Livina terbaru

Nissan Grand Livina. (Tribun)
Nissan Grand Livina. (Tribun)

Anggap saja, saat ini kamu adalah seorang yang bergaji Rp 10 juta. Tentunya butuh waktu berbulan-bulan untuk mengumpulkan uang demi membawa pulang mobil ini.

Itu sebabnya, hadir mekanisme kredit mobil yang bisa memudahkanmu membeli mobil secara angsuran. Dengan bayar 20 persen saja mobilnya sudah bisa dibawa pulang.

Akan tetapi, mentang-mentang bisa bayar murah untuk beli mobil bukan berarti gak ada beban bunga lho ya. Justru beban bunga kredit mobil itulah yang harus diwaspadai. Selain itu, pastinya, jumlah cicilan gak boleh lebih dari 30 persen penghasilanmu sebulan.

Berikut rincian kredit Nissan Grand Livina 2019 di situs DuitPintar.com.

Simulasi kredit Nissan Grand Livina. (DuitPintar.com)
Simulasi kredit Nissan Grand Livina. (DuitPintar.com)

Wah ternyata angsuran tiap bulannya mencapai Rp 3,3 jutaan nih. Kira-kira berat gak tuh buat kamu?

Baca juga: Pecinta Mobil Korea, Hyundai Siapkan Pesaing Xpander dan Avanza

Gaji minimal membawa pulang Nissan Grand Livina 2019

Kalau cicilannya saja sudah sebesar itu, tandanya penghasilan bulananmu harus mencapai Rp 11.250.000. Kalau gajimu di bawah itu jelas gak ideal, tapi kalau di atas itu ya silahkan saja kalau memang mobil ini adalah mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Atau jika memang kemahalan, kamu bisa beli Grand Livina jadul dengan harga diskon. Kabarnya diskonnya tembus Rp 50 juta lho. Yakin gak mau yang lama saja?

Baca juga: Daftar Harga Mobil Honda 2019, Tampilkan Desain dan Model Kendaraan Berkelas

Fakta-fakta Nissan Grand Livina terbaru

Nissan Grand Livina. (Otomart.id)
Nissan Grand Livina. (Otomart.id)

Gak seru kalau gak ngebahas tentang fitur-fitur andalan maupun kekurangan dari mobil yang satu ini. Tapi tentunya, untuk kekurangannya kita juga bisa berkaca sama fitur Grand Livina lawas.

1. Pakai mesin Xpander

Namanya juga saudara kembar, otomatis gak heran juga kalau mesinnya kembaran. Mobil ini menggendong mesin berkode 4A91 dengan kapasitas 1.499 cc.

All New Nissan Livina sanggup menghasilkan tenaga 104 dk pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Sama pastinya dengan Xpander, mengingat mesinnya sama, sparepartnya pun sama.

2. Tersedia dalam lima varian

Varian termurah Nissan Grand Livina adalah E MT yang harganya Rp 198,8 juta. Selain itu ada pula beberapa varian lain yang harus kamu ketahui yaitu:

  • VL AT Rp261,9 juta
  • VE AT Rp249,9 juta
  • EL AT Rp233 juta
  • EL MT Rp223 juta

Sudah ketebak, untuk versi termurahnya ya varian manual. Kira-kira gimana tuh, apakah gak masalah buatmu untuk nyetir manual khususnya buat yang tinggal di Jakarta?

Lucunya, varian termurah mobil ini lebih murah ketimbang Xpander. Sedangkan varian termahalnya lebih mahal daripada varian termahal Xpander.

3. Fitur pas buat mobil keluarga

Sama halnya dengan Xpander, Livina juga mengusung fitur yang cukup mumpuni untuk mobil keluarga. Kiranya pasti menarik minat bagi konsumen di Indonesia.

Beberapa fitur Livina terbaru ini adalah ruang kabin yang luas dan muat untuk banyak orang, hill start assist, vehicle dynamic control, hingga audio yang terintegrasi dengan smartphone. Cukup oke dong.

Itulah serba serbi dan simulasi kredit All New Nissan Grand Livina. Kira-kira bakal jadi calon mobil terlaris tahun ini gak ya?

Mungkin saja lho. Kita nantikan saja sepak terjangnya! (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.