Lebih Murah dari Fortuner, Begini Tampang Nissan Terra

4 menit
Nissan Terra

Nissan Motor Indonesia (NMI) memampang Nissan Terra di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Mobil ini adalah SUV dengan kapasitas mesin 2.5 L. Nissan Terra boleh dibilang tampil sebagai ‘musuh baru’ buat Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

Sebentar deh, mesin 2,5 L? Apa bedanya mobil ini sama Nissan X-Trail ya?

Nissan Terra jelas beda banget sama Nissan X-Trail ya. Kalau Terra mesinnya diesel, X-Trail ya bensin. Jelas banget, segmentasinya sudah beda.

Kalau dipikir-pikir NMI dulu punya produk namanya Nissan Terrano. Nah, bisa dibilang Terrano yang rilis tahun 1993 hingga 2006 adalah “mbah”-nya Nissan Terra.

Gimana, jadi tertarik bawa pulang Nissan Terra? Udah SUV terbaru 2.5 L, terus mesinnya diesel pula. Udah pasti, torsinya berlimpah sedangkan konsumsi bensinnya irit.

Jangan buru-buru dulu bos. Seperti biasa, kita cari tahu dulu yuk berapa sih pendapatan ideal per bulan buat mereka yang mau kredit Nissan Terra ini.

Simulasi kredit Nissan Terra

Harga termurah Nissan Terra adalah Rp 460 jutaan. Tapi asal kamu tahu, harga ini sifatnya masih estimasi dan NMI juga belum merilis harga on the roadnya. Bisa dibilang harga segitu jelas di bawah harga Fortuner termurah.

Anggap saja nih, jika NMI akhirnya menetapkan harga Rp 460 juta untuk varian termurah Nissan Terra yaitu 2.5 (4×2) MT. Maka simulasi cicilan perbulannya adalah sebagai berikut.

Nissan TerraHarga mobil: Rp 460 juta
DP: Rp 460 juta x 20 persen = Rp 92 juta
Jumlah pinjaman: Rp 460 juta – Rp 92 juta = Rp 368 juta
Tenor: 48 bulan (empat tahun)
Bunga: 8,55 persen per tahun
Cicilan per bulan Rp 10.288.667

Gaji ideal untuk kredit Nissan Terra

Nah, biar kata lebih murah tapi kalau ambil tenor empat tahun tetap saja cicilannya Rp 10 jutaan per bulan. Jika cicilannya aja udah segitu, paling gak orang yang bergaji Rp 34.300.000 per bulan lah yang sanggup mengkredit mobil ini.

Memang, kita bisa memperkecil cicilan dengan mengambil tenor kredit yang lebih panjang. Tapi, hal itu gak dianjurkan. Karena lewat dari empat tahun biasanya mobil udah mulai ‘jajan’ tuh. Ganti onderdil lah, ganti ban lah. Otomatis pengeluaranmu bakal lebih gede di tahun-tahun itu, masa iya masih ditambah cicilan.

Kelebihan dan kekurangan Nissan Terra

Kalau memang kamu berniat memesan mobil ini di GIIAS 2018, maka ada beberapa keuntungan yang bisa didapat. Tapi selain keuntungan, kita juga bakal bahas soal kekurangannya yang penting banget diketahui.

1. Fitur berlimpah

Nissan Terra
Awas salah fokus

Bisa dibilang fitur SUV 7 seater ini cukup berlimpah. Nissan Terrai sudah dilengkapi hill start assist, immobilizer, enam airbag, dan vehicle dynamic control. Hanya saja yang termurah belum ada Day Time Runing Light-nya dan gak ada electric folding mirror.

2. Tenaga Nissan Terra lebih besar ketimbang Fortuner dan Pajero

Nissan Terra
Terra ya bukan Terrano

Asal kamu tahu nih, Nissan terra sanggup menyemburkan tenaga sebesar 187 Tk dan torsi maksimal 450 Nm dari mesin dieselnya. Jumlah ini jelas lebih gede ketimbang Pajero atau Fortuner.

Fortuner diesel 2.4L tenaga maksimalnya hanya 148 Tk dan torsinya 400 Nm. Sementara itu Pajero diesel tenaga maksimalnya 178 Tk, dan torsinya 380 Nm saja.

Dari sisi harga, Terra gak beda jauh sih sama Pajero. Pajero termurah itu harganya Rp 459 juta. Tapi, coba lihat perbandingan torsinya dengan Terra.

3. Wajahnya kurang asik

Nissan Terra
Walau bodinya terlihat gagah dan kekar layaknya SUV-SUV besar bermesin 2.5L, tapi wajahnya kok mirip-mirip Nissan X-Trail jadul ya. Ya memang agak berbentuk kotak, dan silahkan bandingkan wajah mobil ini dengan Pajero atau Fortuner yang lebih modern dan matanya lebih ‘sipit’. Setuju gak kalau dibilang mirip X-Trail lawas?

Wajah kotak emang terlihat garang sih, tapi buat beberapa orang mungkin terkesan kurang dinamis. Atau ya agak-agak old school mirip mobil tahun 2008.

4. Varian termewahnya kelewat mahal

Nissan Terra
Matanya sangar juga ya

Nissan Terra punya versi 2.5 4×4 VL AT dan itu adalah versi termahalnya. Judulnya aja 4×4, maka jelas banget kalau mobil ini punya empat roda penggerak.

Fiturnya pun paling lengkap. Mobil ini punya blind spot warning hingga tire pressure monitoring system. Belum lagi fitur hiburannya juga segudang.

Tapi sayangnya, harga varian tertinggi ini berkisar antara Rp 650 hingga 670 jutaan. Itu sih jelas kemahalan ya.

Dengan harga Rp 516 juta, kamu sudah bisa dapat Pajero 4×4 ya meskipun yang transmisinya manual.

Seperti itulah ulasan soal Nissan Terra yang baru saja meluncur di GIIAS. Tertarik memesan mobil ini secara inden? Pastikan penghasilanmu cukup buat membeli mobil ini ya.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.