Banner ImageBanner Image

Suporter Tewas, Ketahui soal Asuransi Buat Suporter Saat Nonton Bola

3 menit

Nah, kamu sudah tahu kan kabar suporter Persija yang akhirnya tewas di salah satu pertandingan sepak bola antara Persib vs Persija? Kabar miris ini emang sih bikin ngelus dada kita semua.

Kira-kira ada gak yah asuransi buat penonton bola atau suporter antar klub yang mengalami kerugian seperti hal di atas tersebut?

Gak sedikit juga banyak kejadian-kejadian yang akhirnya bikin rugi banyak orang, misalnya terjadi perkelahian, aksi saling bakar-membakar bahkan ada lho sampai harus kehilangan nyawa sekaligus.

Kalah atau menang memang udah terbiasa nih di setiap pertandingan olahraga apapun gak kecuali pertandingan olahraga ini. Ribuan orang bakal menyaksikan aksi-aksi gocek oke para pemain antar klub bola. Satu lagi nih, kejadian yang gak mengenakkan itu emang sering diluar kendali banyak orang termasuk penyelenggara.

Nah, kalau udah kayak gini nih bakal banyak risiko banyak banget buat penyelenggara dan suporter, terus buat penggemar bola atau penonton yang hadir dan mengalami kerugian seperti di atas gitu harus gimana dong?

Risiko ringan atau berat pasti bakal dialami banyak banget sama penonton bahkan pertandingan yang lagi berlangsung dan gak bisa sih dihindari. Namanya juga risiko, kamu bisa sih minimalisir hal-hal yang bakal menyebabkan kerugian. Nah, kalau biasanya pertanggung jawaban cuma diberikan ke pemain bola seharusnya kamu sebagai suporter bola atau penonton pun juga harus punya perlindungan sih.

1. Ada asuransi buat suporter pertandingan sepak bola

Pentingnya asuransi jiwa untuk suporter sepak bola.

Selama ini yang kita tahu asuransi biasanya cuma disediakan buat pemain bola aja sih. Nah, ternyata kamu harus tahu bahwa kamu pun punya hak perlindungan juga lho.

Salah satu inisiatif yang layak diacungkan jempol di Indonesia datang dari klub Madura United. Sekitar tahun 2017 lalu, klub Madura United itu memberikan pertanggungan jawab berupa asuransi pada suporter-suporter mereka bila pertandingan sepak bola diselenggarakan di kandang mereka, wah asik nih!

Jadi, saat suporter beli tiket di stadion mereka bakal berhak dapat  tiket nonton beserta asuransi yang cukup buat perlindungan si pembeli tiket. Gak tanggung-tanggung nih, asuransi tersebut diberikan dan  berlaku selama 24 jam selama pertandingan berlangsung, wah keren!

Gak cuma itu aja lho, asuransi tersebut pun digagas di pertandingan yang diselenggarakan oleh PT Liga Indonesia Baru atau LIB. Pertanggungan jawab tersebut diberikan pula buat penonton Gojek Traveloka Liga 1 beberapa waktu silam sih

Kedua asuransi itu sendiri digagas oleh Liga Indonesia Baru dan PT FWD Indonesia. Keren ya! Gak disebutkan sih jumlah banyaknya pertanggungan jawab yang bakal diterima oleh suporter atau penonton yang hadir dalam pertandingan sepak bola. Namun, ini jadi salah satu langkah maju dan bijak buat dunia sepak bola Indonesia.

Di perhelatan ASIAN Games 2018 beberapa waktu lalu pun, pemberian asuransi buat penonton pun  mulai diterapkan selama perhelatan berlangsung, wah asik banget ya!

Hanya aja, sayangnya sampai sekarang buat beberapa pertandingan sepak bola lainnya belum ada aturan yang jelas soal asuransi buat suporter atau penonton biasa. Nah, kamu bisa nih yang mau  nonton pertandingan sepak bola, coba perhatikan tiket kamu apakah ada tersedia asuransi atau gak.

Semoga kedepannya, baik pemerintah ataupun pihak swasta bisa lebih aware lagi sih buat masalah ini yang sering kejadian di lapangan. Salah satunya adalah selalu memperhatikan pertanggungan jawab buat penonton. Kalau kayak gini kan suporter atau penonton lainnya bisa nonton lebih nyaman dan selamat banget.

2. Suporter selamat pertandingan sepak bola lancar

Tersedia asuransi buat suporter, pertandingan sepak bola aman.

Nah, kalau suporter dan penonton aman selama pertandingan berlangsung kayaknya sih bakal lancar nih pertandingan sepak bola. Hal ini sih perlu diperhatikan buat penyelenggara pertandingan bola.

Kalau udah kayak gini, suporter dan penonton yang datang ke arena pertandingan bakal merasa aman saat menyaksikan pertandingan bola. Hal-hal yang gak diinginkan juga gak bakal kejadian sih.

Misalnya kejadian-kejadian yang kadang di luar kendali penyelenggara seperti aksi jotos-jotos antar penonton, aksi rusuh di luar area pertandingan, bahkan ada yang sampai kehilangan nyawa. Gak hanya itu kadang juga pengrusakan area pertandingan maupun fasilitas lainnya juga cukup merugikan sih.

 

 

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong