Nostalgia Tipe-Tipe Tabungan ala Generasi 90an, Kamu Pernah Coba yang Mana?

3 menit
Menabung di celengan (Ilustrasi).

Generasi 90an, masih ingat gak sama kebiasaan menabung zaman kecil dulu? Meski belum punya penghasilan sendiri, sejak kecil orangtua sudah getol mengajarkan kita buat menabung. Sumbernya bisa dari sisa uang jajan atau saat mendapat uang dari sanak saudara.

Uang tabungan ini nantinya bisa mewujudkan pelbagai keinginan yang kita punya. Mulai dari komik, tas, hingga sepatu baru. Meski seringnya sih tetap disubsidi orangtua, betul gak?

Nah, masih ingat gak barang termahal apa yang pernah kamu beli pakai uang tabungan sendiri?

Nah, biar nostalgianya makin lengkap, yuk kenang bareng momen-momen menabung zaman sekolah, berikut ini.

1. Menabung rutin di kelas

Buku Tabungan di kelas (Lucu.Me)

Anak generasi 90an pasti punya deh buku ini. Biasanya bagi siswa yang rajin menabung bisa memiliki lebih dari satu buku. Maklum, bukunya sangat tipis dan juga rentan rusak.

Menabung di kelas tentu gak serumit menabung di bank. Tanpa ada batas minimum apalagi biaya administrasi. Pengelolanya? Bapak atau ibu guru wali kelas yang rutin mencatat sekaligus menampung uang tabungan para muridnya.

2. Pecahin celengan

Pecahin celengan (memegenerator.net)

Di sekolah pakai buku tabungan, di rumah juga punya celengan. Masih ingat pernah punya celengan apa aja? Generasi 90an biasanya pernah memiliki beragam jenis celengan. Mulai dari celengan tanah liat, plastik, hingga kaleng.

Ada dua tipe penabung dilihat berdasarkan jenis celengannya nih. Pertama, mereka yang sengaja membeli celengan mahal biar merasa berat untuk membongkarnya dan kedua, mereka yang bisa menjadikan apa pun sebagai celengan, termasuk botol minum plastik. Kamu yang mana nih?

3. Tabungan “Mama”

Titip uang ke mama ( memegenerator.net)

Hayo, siapa yang suka “menitip” tabungan di mama? “Jenis tabungan” yang satu ini agak-agak tricky. Sebab, gak bisa ditarik kapan pun dan nominal berapa pun. Tergantung suasana hati mama, deh.

4. Punya penyimpanan rahasia

Simpan uang di bawah kasur ( memegenerator.net)

Kalau ada anak 90an yang gak punya celengan dan buku tabungan bukan berarti dia malas nabung. Coba cek bagian bawah tempat tidurnya. Siapa tahu kamu menemukan sejumlah harta karun di sana.

5. Simpan uang dalam buku

Simpan uang di dalam buku (Pastiseru)

Siapa pun pasti suka nih kalau tiba-tiba menemukan uang di saat tak terduga. Oleh sebab itu, banyak juga anak 90an yang rajin menyelipkan uang di pelbagai buku miliknya. Mulai dari buku pelajaran hingga buku diary. Banyak deh duitnya.

Jadi, mana kebiasaan menabung yang pernah kamu alami? Nah, kalau dulu 5 cara di atas jadi metode menabung kita, sekarang udah harus disesuaikan kondisi finansial dong. Yuk cobain cara menabung metode 50/20/30 atau Kakeibo, cara berhemat dari Jepang.

Selamat menabung!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.