Butuh Waktu 20 Tahun, Segini Biaya Renovasi Gereja Notre Dame Paris yang Terbakar

4 menit
Gereja Bersejarah Notre Dame Paris Membutuhkan Waktu Minimal 20 Tahun Untuk Direnovasi (Shutterstock).
Gereja Bersejarah Notre Dame Paris Membutuhkan Waktu Minimal 20 Tahun Untuk Direnovasi (Shutterstock).

Pada tanggal 15 April 2019 media internasional memberitakan mengenai kejadian tragis dimana Gereja Katedral Notre Dame Paris mengalami kebakaran ketika lagi mengalami renovasi.

Banyak orang bahkan public figure dunia yang menyampaikan keprihatinannya di media sosial, termasuk presiden Prancis Emmanuel Macron. Macron menyampaikan bahwa akan segera memperbaiki harta warisan dunia UNESCO tersebut secepatnya. Berapa ya kira-kira biayanya?

Pertama dibangun pada tahun 1160an ketika Raja Louis VII memimpin, butuh waktu sekitar 200 tahun untuk mendirikan bangunan bersejarah ini atau tepatnya pada tahun 1345. Lokasinya ada di sebuah pulau kecil bernama Ile de la Cite yang berada di tengah sungai Seine. Nama Notre Dame sendiri memiliki makna yakni “Nyonya kami dari Paris.”

Bangunan bersejarah ini memiliki berbagai macam cerita bersejarah seperti pada tahun 1431 dimana Mantan Raja Inggris Henry VI diberi gelar sebagai raja Perancis tahun 1422 sampai 1453. Selain itu ada juga Napoleon Bonaparte yang dianugerahi gelar kaisar di tahun 1804.

Gaya arsitektur Gereja ini sangat kental dengan sentuhan Gothic di sekelilingnya. Di puncak gedung ini terdapat sebuah bel yang sangat populer karena berasal dari perang Krimea yang terjadi di Rusia tahun 1855.

Dengan segala nilai historisnya tersebut, kira-kira berapa sih biaya yang dibutuhkan oleh Gereja Katedral Notre Dame Paris untuk bisa direnovasi pasca kebakaran? Langsung aja nih kita berikan fakta-faktanya berikut ini, mengutip dari USA Today:

Baca juga: Sony Luncurkan RX0 II, Kamera Ultra Ringkas Premium Paling Kecil dan Ringan di Dunia                                                               

Biaya renovasi diperkirakan Rp 32 triliun

Gereja Notre Dame Paris
Biaya renovasi diperkirakan menelan angka triliunan rupiah (Pixabay).

Emang belum ada nilai pasti yang menunjukan berapa biaya yang dibutuhkan. Namun Stephane Bern, seorang ahli bangunan bersejarah yang telah membantu pemerintah kota di seluruh Perancis mengatakan estimasi biayanya US$ 1,1 miliar hingga US$ 2,3 miliar atau sekitar Rp 15 triliun sampai Rp 32 triliun rupiah.

Dana segitu untuk membuat kembali bentuk arsitektur Gereja semirip mungkin walaupun nilainya yang terbakar gak bisa tergantikan.

Banyak pihak yang udah menyatakan siap untuk membantu donasi biaya perbaikannya, salah satu pihak yang pengin menyumbangkan dana ialah pihak pemerintah Amerika Serikat melalui presidennya yakni Donald Trump.

Butuh waktu minimal 10 sampai 20 tahun

Notre Dame Paris
Butuh waktu puluhan tahun untuk memperbaikinya (Shutterstock).

Bukan cuma dari sisi materil yang memakan nominal yang banyak, dari segi waktu merestorasi bangunan bersejarah yang usianya udah ratusan tahun juga perlu paling gak 20 tahun. Setiap pojok bangungan yang memiliki detail rumit menjadi salah satu alasan kenapa butuh waktu yang begitu lama buat mengembalikannya seperti semula.

Sebelum terbakar, tempat ini dikunjungi 13 juta turis setiap tahunnya

Notre Dame Paris
Dikunjungi 13 juta turis setiap tahunnya (Pixabay).

Sebagai salah satu warisan sejarah dunia UNESCO, gak aneh setiap tahunnya Gereja Notre Dame Paris dikunjungi oleh 13 juta pelancong dari seluruh dunia. Fakta tersebut juga berkontribusi besar atas pemasukan daerah kota Paris.

FYI bahkan jumlah turis yang datang kesini lebih banyak 6 juta jiwa dibandingkan dengan menara Eiffel yang rata-rata hanya didatangi oleh 7 juta pelancong dari seluruh dunia setiap tahunnya. Keren ya!

Menyimpan relik mahkota Yesus Kristus

Notre Dame Paris
Menyimpan relik mahkota kristus (Pixabay).

Salah satu barang yang paling dikhawatirkan ketika Gereja Katedral Notre Dame Paris terbakar ialah relik mahkota Yesus Kristus. Untung, benda yang gak ternilai tersebut bisa diselamatkan oleh regu penyelamat pemadam kebakaran kota Paris.

Benda lainnya yang gak kalah berharga adalah Tunic of Saint Louis atau jubah berumur 850 tahun. Jubah tersebut pernah digunakan oleh Raja Louis IX ketika membawa mahkota  ke Paris, ada juga lonceng serta kaca mawar yang terpajang di Gereja tersebut. Semua itu berhasil diselamatkan dan sekarang udah disimpan di tempat yang lebih aman.

Bisa melihat arsitektur asli melalui game Assassin’s Creed Unity

Notre Dame Paris
Notre Dame Paris

Sebuah pengembang game asal Perancis ternama Ubisoft mengumumkan bahwa mereka akan memberikan akses game Assassin’s Creed Unity gratis di minggu pertama kepada orang yang pengin melihat arsitektur original Gereja itu.

Game tersebut emang mengambil latar belakang kota paris pada tahun 1780 sampai 1790an ketika revolusi Perancis berlangsung. Guna menampilkan bentuk bangunan yang semirip mungkin, pada desainer game mengambil potret 3 dimensi dari Notre Dame. Jadi buat kamu yang belum sempat kesana bisa mencoba bermain Assassin’s Creed dulu ya.

Nah itu dia biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun kembali Gereja katedral Notre Dame Paris. Semoga proses perbaikannya bisa berjalan dengan lancar ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1