Nyari Mobil Terbaru? Nih 9 Mobil Teraman di Bawah Rp 200 Juta

mobil terbaru

Ketika kita memutuskan untuk membeli mobil terbaru, umumnya tiga hal yang jadi pertimbangan adalah desain, harga, dan biaya perawatan. Tanpa disadari, kita pun mengabaikan satu aspek, yaitu keamanan.

Keamanan mobil jelas erat kaitannya dengan finansial. Sebab kalau mobil gak aman, otomatis kantong juga ikut gak aman lantaran potensi celaka saat berkendara pun besar. Selain itu, biaya perbaikan mobil juga gak murah. Jadi jelas, semakin aman mobil, keuangan pun makin terjaga.

Bicara soal keamanan mobil, kita bakal merujuk ke salah satu lembaga yang bermarkas di Malaysia. Lembaga itu bernama New Car Assesment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP).

Lembaga tersebut seringkali mengadakan uji tabrakan terhadap mobil-mobil keluaran baru, yang nantinya bisa jadi referensi bagi pelanggan yang ingin beli mobil terbaru.

Ada tiga aspek yang jadi penilaian, yaitu perlindungan penumpang dewasa, anak-anak, dan penunjang keselamatan.

Dalam tes ini, mobil bakal ditabrakkan ke objek diam di depannya. Selain itu, mobil juga akan dibiarkan untuk ditabrak objek dari sisi kanan dan kiri.

Jika mobil tersebut berhasil mengantongi bintang lima usai dari tes, berarti dapat diartikan bahwa mobilnya aman. Semakin kecil jumlah bintangnya, maka semakin buruk keamanannya.

Pada kesempatan kali ini, DuitPintar bakal merangkum deretan mobil teraman di pasaran Indonesia, yang harganya di bawah Rp 200 juta. Ini berguna banget buat jadi referensi kamu yang mau beli mobil terbaru tahun ini.

[Baca: 4 Mobil Keluarga di Bawah Rp 200 Juta Ini Bakal Meluncur 2018]

1. Toyota Avanza E MT 1.3

mobil terbaru
Toyota Avanza (Viva)

Toyota Avanza ini mendapatkan bintang empat dalam uji NCAP. Mungkin itulah salah satu sebab mengapa mobil ini jadi yang terlaris. Selain biaya perawatannya murah, bengkelnya di mana-mana, fitur keselamatannya pun mumpuni. Hanya saja varian termurahnya sudah Rp 190 jutaan alias udah nyaris Rp 200 juta.

Skor yang didapat Avanza untuk perlindungan orang dewasa adalah 12,98 persen. Untuk anak-anak ada di angka 38 persen.

2. Daihatsu Xenia R MT 1.3 STD

mobil terbaru
Daihatsu Xenia (Viva)

Saudara kembar Toyota Avanza juga menyandang gelar bintang empat dalam uji tabrakan. Perbedaan skornya pun gak jauh beda kok.

Walaupun tidak dilengkapi fitur rem ABS, mobil ini masih punya fitur dual airbag. Skor perlindungan orang dewasa mencapai 12,43 persen, sedangkan perlindungan anak-anak ada di 38 persen.

3. Toyota Agya E MT 1.0

mobil terbaru
Toyota Agya (kompas)

Walau mobil murah ramah lingkungan alias LCGC sering dicap sebagai mobil ringkih yang gak aman, hal itu gak berlaku untuk Toyota Agya. Lewat hasil tes NCAP, Agya mendapatkan bintang empat lho.

Rahasia keberhasilan Agya meraih bintang empat ada di fitur dual airbagnya dan teknologi pretensioner serta force limiter di sabuk pengaman. Skor perlindungan orang dewasa ada di 12,84 persen, sementara untuk anak-anak ada di 82 persen.

Sayangnya, prestasi tersebut gak diraih oleh saudara kembar Agya, yaitu Ayla yang lebih murah. Ayla justru mendapat skor yang buruk, mengingat varian 1.0 MT Ayla gak dilengkapi airbag.

4. Daihatsu Sigra varian X

mobil terbaru
Daihatsu Sigra (Kompas)

Gak semua Daihatsu Sigra dinyatakan lolos uji NCAP lho. Karena yang dapat bintang empat cuma yang ada airbagnya alias yang harganya Rp 128 jutaan ke atas atau yang varian X.

Skor untuk perlindungan dewasa ada di angka 12,93 persen. Sedangkan untuk anak-anak di 46 persen.

5. Toyota Cayla G MT 1.2

mobil terbaru
Toyota Calya (Kompas)

Hasil tes NCAP kembaran Daihatsu Sigra ini tampaknya lebih membanggakan ketimbang kembarannya, yaitu Sigra. Walaupun sama-sama meraih bintang empat, namun ada perbedaan skor di antara Cayla dan Sigra.

Skor perlindungan untuk dewasa sama, yaitu 12,93 persen. Hanya saja Cayla unggul dalam perlindungan anak-anak karena skornya 73 persen. Sekadar informasi saja, untuk tipe G MT 1.2 ini dibanderol di harga Rp 140 jutaan.  

6. Suzuki Ertiga

mobil terbaru
Suzuki Ertiga (Detik)

Hasil uji NCAP low multipurpose vehicle (LMPV) besutan Suzuki ini juga memuaskan. Ertiga bisa kamu jadikan referensi untuk membeli mobil terbaru lantaran berhasil mendapat bintang empat di NCAP.

Mobil yang harganya mulai dari Rp 190 juta ini sudah dilengkapi airbag untuk varian termurahnya. Skor perlindungan dewasa ada di angka 12,39 persen, sementara itu perlindungan anak-anaknya di angka 33 persen.

7. Mitsubishi Mirage GLS

mobil terbaru
Mitsubishi Mirage (viva)

City car besutan Mitsubishi ini ternyata berhasil meraih bintang empat dari uji NCAP. Meskipun harga jual mobil ini lumayan anjlok ketimbang city car lainnya, tapi boleh diliriklah kalau kamu ingin mencari mobil terbaru di bawah Rp 200 juta.

[Baca:  Jual Beli Mobil? Ini 5 Mobil Jepang yang Harga Jualnya Turun]

Skor perlindungan dewasa Mitsubishi Mirage ada di angka 13,07 persen. Sementara itu skor perlindungan anak-anak ada di 43 persen.

8. Nissan March 1.2 MT

mobil terbaru
Nissan March (detik)

Selain Mirage, City car 1.200 cc keluaran Nissan yang dijual seharga Rp 180 jutaan ini juga mendapat hasil memuaskan di tes NCAP. Mobil ini berhasil mendapatkan bintang empat soal keselamatan.

Meski demikian, untuk skor keamanan dewasa, March mendapatkan nilai 11,66 persen.Untuk anak-anak ada di angka 48 persen.

9. Kia Picanto 1.2 MT

mobil terbaru
Kia Picanto (Liputan6)

Jangan anggap remeh mobil buatan Korea yang satu ini lho. Hasil uji keamanannya ternyata cukup memuaskan. Sebab, Kia Picanto punya rangka yang bagus dan dua airbag. Kia juga menyematkan fitur side impact beam untuk melindungi hantaman samping.

Skor perlindungan dewasanya 12,67 persen. Dan skor perlindungan anak-anak mencapai 76 persen lho, nyaris bisa menyalip Toyota Agya.

Mobil terbaru yang mana yang jadi pilihanmu?

Setelah mengetahui sembilan mobil teraman di pasaran Indonesia yang harganya gak sampai Rp 200 juta, apakah ada salah satunya yang jadi pilihanmu? Atau kamu malah kecewa karena mobil terfavoritmu gak ada dalam daftar mobil teraman?

Sejatinya, gak semua mobil yang ada di pasaran Indonesia ada di situs NCAP sih. Daihatsu Terios baru saja belum ada hasil tesnya. Oleh karena itu, kamu juga harus pintar-pintar membaca ulasan seputar mobil favoritmu di media lain.

Bila tolak ukurmu dalam membeli mobil hanya sebatas harga, maka besar kemungkinan kamu mengabaikan fitur keselamatan di mobil tersebut. Murah penting, tapi ingat kalau keselamatan adalah yang utama.

[Baca: Beli Mobil di 5 Waktu Ini Bakal Bikin Kamu Lebih Untung Lho]

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560