Nyekolahin BPKB Emang Salah Satu Cara Dapat Dana Cepat. Tapi, Baca Ini Dulu!

3 menit
cara dapat dana cepat

Artikel DuitPintar.com ini pernah ditayangkan oleh partner content kami, Suara.com

Banyak orang yang sudah paham kalau menggadaikan BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor) emang salah satu cara dapat dana cepat. Bayangkan, hanya dalam hitungan menit sampai maksimal sejam, dana sudah di tangan.

Gak demikian halnya dengan kalau kita menjual barang terlebih dulu. Entah itu memasang iklan online atau lewat forum pun pasti butuh waktu panjang.

[Baca: Kantong Kempes Kondisi Kepepet Gadai Barang di Pegadaian Aja]

Bagaimana dengan persyaratannya? Jangan khawatir soal syarat, pastinya jauh dari kata ribet alias mudah. Hal-hal yang harus dipersiapkan antara lain KTP/SIM, kartu keluarga, barang yang diagunkan bisa berupa motor atau mobil, BPKB, STNK dan salinan semua dokumen tersebut.  Nanti, yang ditahan hanya BPKB, sedangkan kendaraan tidak.

Tinggal pilih di mana BPKB akan digadaikan. Selain Pegadaian, ‘nyekolahin’ BPKP’ juga bisa dilakukan ke leasing, bank maupun lembaga gadai partikelir. Bandingkan saja mana yang lebih menarik penawarannya.

Semisal, pilih yang prosesnya cepat, biaya bunga terbilang ringan dan tentunya besaran angsuran yang sebisa mungkin gak melebihi 30 persen dari pendapatan. Kita juga harus mempelajari denda dan sanksi jika gagal bayar.

cara dapat dana cepat

Emang mau BPKB disekolahin trus gak lulus-lulus gitu? 

Kita harus benar-benar memperhatikan soal denda dan sanksi. Gak ada seorang pun yang bisa menjamin selama BPKB digadaikan kondisi keuangan bakal baik-baik saja. Masalah gak terlalu memusingkan kalau hanya sekali dua kali gagal bayar cicilan. Konsekuensi hanya denda aja.

Tapi bagaimana jika ternyata memang kesulitan melunasi kewajiban? Kepikiran didatangi debt collector? Gak perlu panik dulu. Sebaiknya pelajari hak-hak yang dilindungi secara hukum bila mengalami gagal bayar cicilan.

[Baca: Utang dengan BPKB Sebagai Jaminan Kenali Dulu Hak-hak yang Dilindungi Hukum]

1. Ajak bicara lembaga gadai

Berterus terang dengan lembaga gadai saat ada kesulitan sah-sah saja kok. Hal ini lebih bijak daripada membiarkan masalah berlarut-larut tanpa solusi. Biasanya, lembaga gadai memilih jalan praktis saja yakni meminta kendaraan itu dijual.

Hasil penjualan kendaraan akan digunakan untuk menutup sisa utang dan denda. Termasuk juga biaya pelunasan di muka.  Ini adalah konsekuensi ketika menggadaikan BPKB. Sejak awal sudah harus memprediksi jika gagal bayar dan siap-siap untuk melego kendaraan kesayangan.

2.Jaminan fidusia

Maksud dari jaminan fidusia di sini adalah pihak-pihak yang menjaminkan kendaraan (benda bergerak) tapi hanya menyerahkan surat-suratnya saja (BPKB) tanpa menyerahkan kendaraan secara fisik. Jaminan fidusia ini diatur dalam UU No 4/1996 tentang Hak Tanggungan yang dimiliki Penerima Fidusia.

Intinya, fidusia ini memberi jaminan kepada pemberi utang untuk berhak didahulukan terhadap kendaraan itu jika si pengutang gagal melunasi kewajibannya. Jadi, alangkah saat menggadaikan BPKB jangan lupa menyertakan jaminan fidusia yang membuat kedua belah pihak sama-sama dilindungi hukum.

cara dapat dana cepat

Distop sama cewek cantik sih asyik, tapi kalau distop sama orang-orang yang mau ngambil motor gimana bro?

Si pengutang berhak untuk tetap memakai kendaraan yang jadi jaminan. Di sisi lain, pemberi utang mendapat kepastian kalau kendaraan itu bisa dikuasai secara legal jika pengutang gagal lunasi utangnya.

3.Minta bantuan pihak ketiga

Saat terjadi gagal bayar, pasti berujung pada sengketa dengan pihak pembiayaan atau gadai. Ada baiknya saat dalam posisi sengketa, bisa meminta bantuan pihak ketiga dalam hal ini lembaga perlindungan konsumen.

Lembaga yang memberi layanan ini antara lain YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) atau badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Tapi jangan salah paham ya. Bantuan pihak ketiga ini bukan untuk membuat cicilan langsung lunas. Melainkan untuk membantu mencari solusi terbaik saat sedang bermasalah dengan keuangan.

So, sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB, pelajari dulu dengan seksama aturan mainnya. Aturan main itu sudah jelas mengikat.

[Baca: Aset-aset yang Bisa Jadi Jaminan untuk Pinjaman ke Bank]

 

cara dapat dana cepatJjangan cuma pinter cari diskon, tapi harus cermat juga sama yang namanya hak sebagai konsumen

Krusial banget loh untuk mengetahui hak-hak apa saja yang dimiliki saat BPKB digadaikan. Meski gagal bayar pun, sebenarnya kendaraan gak serta merta ditarik pihak lembaga gadai.

Image Credit:

  • http://ntmcpolri.info/wp-content/uploads/2015/11/Ilustrasi-STNK-dan-BPKB-684×381.jpg
  • http://www.koranmuria.com/wp-content/uploads/2015/10/debt-collector.jpg
  • http://www.seputarukm.com/uploads/2015/03/Perlindungan-Konsumen.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan