Lezat dan Praktis! 3 Resep Olahan Telur Ini Cocok buat yang Telat Sahur!

3 menit
Olahan telur
Lezat dan Praktis! 3 Resep Olahan Telur Ini Cocok buat yang Telat Sahur!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Olahan telur, seperti telur dadar, telur balado, telur mata sapi dan lainnya emang selalu menjadi favorit dan disukai banyak orang. Bahkan telur bisa dibilang menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada di dapur.

Selain harganya yang murah dan mengandung banyak protein, telur juga gampang banget dikreasikan menjadi menu makanan enak dan memanjakan lidahmu.

Makanya gak heran kalau gak sedikit orang kerap terlihat menyantap dengan lahap, meski menu makanannya cuma nasi putih, kecap dan telur dadar. Karena emang telur memiliki rasa yang lezat, sehingga disukai oleh banyak orang.

Nah, memasuki bulan puasa, menu makanan olahan telur bisa menjadi penyelamatmu saat kamu bangun kesiangan dan udah mepet waktu imsak. Biar cuma telur ya setidaknya ada kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh kamu dan gak lemas-lemas banget saat menjalankan puasa nanti.

Agar kamu tetap bisa sahur dan ibadah puasa berjalan lancar. Kamu bisa mencoba tiga resep olahan telur yang praktis dan tentu saja lezat, berikut ini:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Telur dadar gulung

olahan telur
Telur dadar gulung nih salah satu resep yang gampang banget saat telat sahur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu para pecinta drama Korea, tentu udah gak asing lagi dengan dadar gulung yang menjadi salah satu makanan favorit orang Korea. Gimana cara buatnya? Intip di sini.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 telur ayam
  • Daun bawang yang sudah dirajang halus
  • 1 batang wortel lalu potong dadu kecil
  • Garam dan merica secukupnya.

Cara membuatnya:

  • Masukkan telur ayam, irisan daun bawang dan wortel serta garam ke dalam wadah.
  • Kocok bahan-bahan tersebut hingga sedikit berbusa.
  • Panaskan teflon dengan api sedang dan tuangkan sedikit adonan telur tadi.
  • Lipat telur dan sisakan sedikit ujung telurnya, jika sudah terlihat agak matang tapi adonannya masih basah.
  • Tuangkan lagi sisa adonan telur sebelumnya, lakukan lipatan beberapa kali sampai membentuk gulungan.
  • Setelah telur matang kuning keemasan, angkat dan potong sesuai selera.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Harga Sembako Cenderung Melonjak Saat Bulan Puasa

2. Omurice

olahan telur
Omurice salah satu menu yang paling pas buat telat sahur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ada nasi sisa buka puasa, kalau dibuang mubazir tapi kalau masak baru, sayangnya juga pasti masih tersisa lagi. Gak perlu khawatir, kamu bisa membuat nasi sisaan tersebut menjadi menu santap sahur yang lezat yaitu omurice atau telur dadar isi nasi. Begini caranya membuatnya.

Bahan yang diperlukan:

  • 100 gr nasi sisa
  • 6 telur ayam
  • 2 sosis (iris)
  • 1/4 buah wortel (potong dadu)
  • 1 btg seledri (cincang)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 6 sdm minyak goreng

Cara membuatnya:

  • Panaskan teflon atau wajan, tuang nasi dan bahan lain dan goreng seperti membuat nasi goreng. Kemudian angkat dan pindahkan nasi tersebut ke piring atau wadah.
  • Kocok telur, garam dan merica
  • Tuang telur, setelah sudah agak matang, masukkan olahan nasi goreng di atas telur.
  • Gulung telur perlahan dan pastikan tergulung dengan benar.
  • Angkat telur dan siap disantap

Baca juga: 6 Negara dengan Jam Buka Puasa Tercepat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

3. Telur kentang

Olahan telur
Telur dan kentang perpaduan yang pas banget saat telat sahur nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Telur dadar kentang juga bisa menjadi olahan telur praktis saat kamu telat bangun sahur. Selain itu makanan tersebut juga bisa memenuhi kebutuhan protein dan karbohidratmu sekaligus lho. Begini cara membuatnya:

Bahan yang diperlukan:

  • 3 btr telur ayam
  • 2 kentang (kupas, bersihkan, potong, lalu rebus)
  • 2 btg daun bawang (iris)
  • 1 btg daun seledri (cincang)
  • 2 sosis (iris melintang)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

Cara membuat:

  • Kocok telur dan campurkan semua bahan kecuali sosis.
  • Panaskan teflon, kemudian goreng sosis hingga matang.
  • Tuang campuran adonan sebelumnya ke dalam wajan beserta sosis.
  • Masak hingga menyatu dan kering, lalu balik.
  • Angkat, potong jadi beberapa bagian lalu sajikan.

Gimana, gampang banget ya kan bikin sajian menu sahur yang lezat dan bergizi dari olahan telur? Yang terpenting, gak butuh waktu lama membuatnya. Jadi, meskipun telat bangun, tetap bisa sahur dan ringkes banget pembuatannya! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan