Gratis dan Bikin Langsing! 5 Olahraga Simpel Ini Pas Dilakukan Sambil Ngabuburit

3 menit
Ngabuburit
Ngabuburit sambil yoga salah satu jenis olahraga murah yang bisa dilakukan (Shutterstock)

Ngabuburit mencari takjil atau menu makanan lainnya umum dilakukan setiap muslim jelang waktu berbuka puasa. Tapi selain memburu jajanan sebetulnya ada kegiatan seru lainnya yang dapat menjadi rutinitas yakni berolahraga. Pengin coba?

Untuk kamu yang jarang berolahraga, mungkin pernah mendengar anggapan selama bulan Ramadan sebaiknya kurangi intensitas pergerakan tubuh. Alasannya, untuk menyimpan tenaga agar ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar.

Meski secara teori hal tersebut benar, berolahraga saat menjelang berbuka puasa bisa memberikan kebugaran lebih pada tubuh selama berpuasa. Kalau sore hari kamu lagi sibuk bekerja, bisa mengganti waktu olahraga jadi malam hari atau setelah sahur.

Dampak yang diberikan emang gak langsung bisa dirasakan semua orang dalam waktu singkat. Butuh ketekunan, dan pola makan yang diatur supaya hasilnya lebih maksimal.

Lalu, jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan bagi yang pengin mengubah kebiasaan itu? Berikut, daftar lima olahraga gratis yang cocok dilakukan selama ngabuburit:

1.  Berlari

Ngabuburit
Ngabuburit dengan berlari (Shutterstock)

Bukan lari dari kenyataan. Olahraga pertama yang cocok dilakukan pas ngabuburit adalah, berlari. Cukup bermodalkan sepatu dan niat, udah bisa menjalankan olahraga paling sederhana ini.

Kamu bisa berlari mengelilingi komplek perumahan selama 15 sampai 30 menit setiap harinya. Kalau waktunya mepet dari jam pulang kantor, bisa pergi ke taman atau fasilitas umum terdekat yang disediakan pemerintah.

Berlari selama 15 sampai 30 menit setiap hari mampu membakar sampai 200 hingga 300 kalori. Jumlah yang sama dengan mengonsumsi 1 bungkus mi instan.

Baca juga: 6 Negara dengan Jam Buka Puasa Tercepat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

2.  Yoga

Ngabuburit
Ngabuburit latihan yoga (Shutterstock)

Untuk pemula yang pengin yoga juga bisa melakukan beberapa gerakkan seperti tree pose, downward facing dog dan child pose saat ngabuburit. Kalau masih ada waktu bisa melihat video instruktur di internet, dan YouTube.

Tapi yang paling penting kamu harus berhati-hati, sebab beberapa pose yoga ada yang berpotensi membuat bagian tubuh tertentu cedera.

Melakukan olahraga yang berasal dari wilayah India ini selama 30 menit sampai 1 jam mampu membakar 200 sampai 500 kalori tergantung intensitasnya. Lumayan untuk ngebakar kalori setelah makan bakso.

Baca juga: Susahnya Puasa di Negeri Orang, 6 Artis Ini Harus Tahan Lapar dan Haus Sampai 20 Jam!

3.  Bersepeda

Ngabuburit
Ngabuburit dengan bersepeda (Shutterstock)

Olahraga ketiga yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit adalah bersepeda. Gak perlu ngebut-ngebut mengendarainya, cukup dengan kecepatan sedang hingga rendah aja udah cukup memulihkan kebugaran tubuh kok!

Buat pekerja kantoran, bisa mengakalinya dengan menjadikannya sebagai kendaraan pulang. Jadi keringat yang dihasilkan gak terbuang sia-sia. Ngirit ongkos lagi!

Sebaiknya bersepeda dilakukan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Kalori yang terbuang juga cukup banyak sekitar 300-an dengan intensitas menggowes sedang.

4. Angkat barbel

Ngabuburit
Ngabuburit melakukan angkat barbel (Shutterstock)

Buat yang malas ngabuburit karena lagi hujan, bisa melakukan angkat barbel di dalam ruangan. Selain membuang kalori aktivitas yang satu ini juga efektif membentuk otot terutama di bagian lengan.

Teknik angkat barbel bukan hanya mengangkat lengan ke atas dan ke bawah, ada kombinasi gerakan lain yang bisa dipadukan bersama bagian tubuh lainnya. Kalau kamu bingung bisa mengeceknya di internet atau YouTube.

Dengan intensitas sedang selama 30 menit kamu bisa membakar kalori sampai 300-an. Aktivitas ini setara dengan mengonsumsi 1 porsi pempek.

5.  Naik turun tangga

Ngabuburit
Ngabuburit naik turun tangga (Shutterstock)

Kadang kita suka mengeluh kalau lift atau elevator lagi rusak, dan terpaksa harus naik turun tangga. Padahal, dengan hambatan seperti itu secara gak langsung kita udah melakukan olahraga.

Mungkin terdengar gak ada kerjaan kalau harus ngabuburit kayak gitu, tapi yang namanya olahraga gak harus mahal, bukan? Justru dengan keterbatasan yang ada kita wajib memanfaatkan segala sesuatunya dengan maksimal.

Menurut penelitian dari American College of Sports Medicine, naik turun tangga selama 30 menit bisa membakar 286 kalori. Jumlah yang setara dengan memakan 60 gram butter cookies.

Itulah lima olahraga yang bisa kamu lakukan ketika ngabuburit. Daripada keluar duit beli gorengan, mending olahraga mencari keringat dan bikin tubuh makin semangat menjalani puasa. Benar, gak? Selamat berpuasa! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1