Jangan Merasa Orang Kaya Benaran Kalau Belum Pernah Lakukan 5 Olahraga Ini

3 menit
Berkuda termasuk jenis olahraga mahal yang hanya dilakukan orang kaya benaran
Berkuda termasuk jenis olahraga mahal yang hanya dilakukan orang kaya benaran (Shutterstock)

Olahraga tentu baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. Namun, ada juga olahraga yang gak baik untuk mereka dengan keuangan pas-pasan. Pasalnya, olahraga tersebut dikategorikan sebagai olahraga termahal di dunia.

Gak heran cuma orang-orang kaya benaran yang bisa melakukan olahraga tersebut. Buat orang yang pura-pura kaya, siap-siap aja jadi kere setelah selesai menjalani olahraga termahal tersebut.

Dikutip dari Pledge Sports, berikut beberapa olahraga yang menjadi olahraga termahal di dunia. Apa aja? Yuk simak ulasannya di sini:

1. Pentathlon

Pentathlon
Pentathlon

Olahraga yang satu ini termasuk olahraga termahal di dunia. Di Indonesia, olahraga ini cukup dikenal dengan nama pancalomba modern.

Kenapa olahraga ini sangat mahal? Pasalnya, melakukan pentathlon bukan satu, melainkan lima olahraga yang kamu jalani. Gak heran kalau kamu harus mengeluarkan uang berlebih untuk mengikuti olahraga ini.

Pada Asian Games 2018 yang lalu, pentathlon sempat diperlombakan. Atlet yang ikut serta diwajibkan mengikuti pertandingan anggar, perlombaan renang gaya bebas, berkuda palang rintang, menembak, dan lari lintas alam.

2. Equestrian

Equestrian
Equestrian

Olahraga termahal selanjutnya adalah equestrian. Olahraga yang identik dengan keterampilan mengendarai kuda ini menghabiskan biaya ratusan ribu lho!

Seperti harga yang ditetapkan Arthayasa Stables & Country Club. Di sana pemula yang baru belajar dikenakan harga Rp 630 ribu per orang selama 30 menit.

Saking mahalnya, atlet berkuda Indonesia Ferry Wahyu Hadiyanto mengungkapkan, untuk menekuni olahraga ini biaya yang dihabiskan mencapai 1 juta euro atau Rp 15 miliar. Itu aja katanya di luar biaya perawatan lho!

Gak heran kalau sedikit orang yang mengikuti olahraga ini. Pasalnya, biaya yang dihabiskan sampai miliaran rupiah.

3. Tenis

Tenis
Tenis

Jenis olahraga termahal di dunia lainnya adalah tenis. Sama seperti equestrian, kamu juga harus mengeluarkan uang ratusan ribu buat ikuti olahraga ini.

Dikutip dari Tennis Bunge Nahor, program pelatihan pemula dikenakan biaya sebesar Rp 750 ribu per bulan.

Latihannya seminggu sekali atau empat kali sebulan. Itu berarti kamu dikenakan biaya sebesar Rp 187 ribu untuk satu kali latihan.

4. Berlayar

Berlayar
Berlayar

Ada olahraga berlayar yang dinobatkan sebagai olahraga termahal di dunia. Di Indonesia belum diketahui berapa biaya yang dihabiskan buat mengikuti olahraga ini.

Namun, informasinya nih di luar negeri biaya yang dikeluarkan bisa mencapai US$ 100 juta atau Rp 1,40 triliun buat pembelian satu kapal layar. Mahal banget ya harganya!

Bisa jadi olahraga yang memanfaatkan angin dan ombak ini kurang populer di dalam negeri karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

5. Bobsleigh

Bobsleigh
Bobsleigh

Mirip-mirip dengan olahraga motorsport, Bobsleigh juga masuk dalam jajaran olaharaga termahal di dunia. Olahraga ini kurang dikenal di Indonesia karena di negara asalnya Bobsleigh diperlombakan pada musim dingin.

Kabarnya, sewa bobsleigh selama dua minggu dikenakan tarif sebesar 12 ribu poundsterling atau Rp 217 juta. Dengan kata lain, sehari kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 15 jutaan.

Olahraga bobsleigh pertama kali diperkenalkan di Swiss. Untuk bisa melakukan olahraga ini, peserta membutuhkan kereta salju sebagai tunggangan. Dari Swiss, olahraga ini menjadi populer di negara-negara musim dingin, bahkan diikutsertakan juga dalam Olimpiade.

Itulah lima jenis olahraga termahal di dunia yang biayanya cuma sanggup dibayar orang-orang yang betul-betul kaya. Gimana? Tertarik buat mengikuti salah satu olahraga di atas? (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!