Sempat Dikabarkan Bangkrut, Ini Daftar Warisan yang Ditinggalkan Olga Syahputra

4 menit
Olga Syahputra (Instagram/@bilsky16)

Olga Syahputra memang telah meninggal dunia. Namun, semua kenangan tentang almarhum, termasuk harta warisan Olga Syahputra masih saja jadi pembahasan.

Warisan yang ditinggalkan sang komedian kembali dibahas karena Uta Syahputra, adik Olga dan Billy Syahputra, saat memarkirkan mobil di sebuah parkiran viral.

Meski telah dibantah, netizen yang melihat Uta tengah memarkirkan mobil pun langsung menghubungkan kondisi tersebut dengan harta warisan yang ditinggalkan sahabat Raffi Ahmad tersebut.

Buat kamu yang penasaran, berikut harta warisan peninggalan mendiang Olga Syahputra yang dirangkum MoneySmart dari beberapa sumber:

Rumah Mewah

Olga Syahputra meninggalkan warisan rumah mewah (Instagram/@bilsky16)
Olga Syahputra meninggalkan warisan rumah mewah yang kini ditempati Billy Syahputra (Instagram/@bilsky16)

Sebagai publik figur dengan pendapatan yang saat itu mampu menyaingi Raffi Ahmad membuat almarhum Olga memiliki banyak uang, dan mampu membeli apapun yang diinginkannya.

Olga pun membangun rumah mewah yang kini ditempati sang adik, Billy Syahputra. Rumah tersebut terletak di Tegal Parang, Mampang, Jakarta Selatan, yang kemudian ditinggali dan diurus oleh Billy.

Meski begitu, saat Olga terbaring sakit, rumah tersebut sempat hampir dijual untuk biaya pengobatan. Namun, hal tersebut urung dilakukannya.

Rumah tersebut diketahui selesai dibangun pada tahun 2009, dan baru direnovasi oleh Billy pada tahun 2016 setelah Olga Syahputra meninggal dunia.

Rumah yang ditaksir harganya mencapai Rp2 miliar tersebut terdiri dari dua lantai. Fasilitas yang ada di dalamnya pun cukup banyak.

Di bagian samping terdapat kolam renang yang bersebelahan dengan dapur. Terdapat pula garasi yang cukup untuk memarkir dua mobil.

Selain rumah mewah di bilangan Mampang, Olga juga membangun rumah mewah di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang kini ditempati kedua orangtua dan adik-adiknya.

Baca juga: Seharga Miliaran Rupiah! Begini Penampakan Rumah Billy Syahputra

Mobil Mewah

Olga Syahputra meninggalkan warisan mobil Range Rover (Instagram/@bilsky16)
Olga Syahputra meninggalkan warisan mobil Range Rover yang telah dibeli Susan Sameh, mantan kekasih Billy (Instagram/@bilsky16)

Almarhum Olga sempat dikabarkan bangkrut. Di tengah kabar tersebut, keluarga mengakui mobil peninggalan yang merupakan kesayangan Olga Syahputra dijual kepada mantan kekasih Billy, Susan Sameh.

Mobil Range Rover hitam yang dibeli Susan ternyata sudah dibeli cukup lama. Namun, memang tak dipublikasikan pihak keluarga. Susan mengaku mobil mewah tersebut dibeli dengan harga wajar, tak sampai Rp5 miliar.

“Ada-lah sekian. Nggak sampai Rp5 miliar, jauh lah,” kata Susan saat ditanya harga mobil yang dibelinya seperti dilansir dari Tribun Seleb.

Dari hasil wawancara di media online nasional, Susan mengaku untuk meminta harga yang lebih murah.

“Aku masih minta turun sedikit karena kan aku harus bayar pajak, belum lagi aku harus ganti plat nomor. Bapaknya orangnya baik banget, keluarganya almarhum kan baik jadi mereka, ya sudah nggak apa-apa, oh ya sudah,” ungkap Susan yang mengaku senang membeli mobil bekas Olga.

Baca juga: Beli 2 Mobil Mewah Lamborghini Sekaligus, Ini 4 Ladang Duit Billy Syahputra

Butik

Warisan Olga Syahputra (Instagram/@bilsky16)
Warisan Olga Syahputra (Instagram/@bilsky16)

Sukses di dunia hiburan tak membuat Olga berpuas diri. Lantaran harus menghidupi keluarga dan adik-adiknya, Olga pun memutar pendapatannya agar terus berkembang.

Itu membuatnya membuat butik kecil-kecilan untuk dikelola sang adik. Ide kepemilikan butik tersebut muncul ketika bisnis sampingan Olga menjual pakaian ke teman-temannya laku keras.

Setelah itu, pelantun “Hancur Hatiku” itu memiliki ide untuk membeli salah satu kios di ITC Kuningan, kemudian memberi modal adiknya menjaga butik tersebut.

Namun, berdasarkan pengakuan pihak keluarga, butik warisan Olga tersebut kini sudah terjual.

Restoran

Olga Syahputra (Instagram/@bilsky16)
Olga Syahputra (Instagram/@bilsky16)

Mendiang Olga memang sangat piawai memutarkan uangnya. Salah satu hal yang dilakukan, menanam saham di restoran Jepang Takigawa yang berada di kawasan Karawaci, pada 2009 hingga 2010 lalu.

Sayangnya, restoran tersebut bangkrut dan membuat keterlibatan Olga dalam kepemilikannya di restoran tersebut juga berhenti.

Kos-kosan

Olga Syahputra dan Billy Syahputra (Instagram/@bilsky16)
Olga Syahputra dan Billy Syahputra (Instagram/@bilsky16)

Almarhum Olga selain berbisnis agar uangnya beranak pinak, dikabarkan membeli tanah yang sangat luas untuk dibangun sebuah kos-kosan pada 2011 lalu.

Membangun tanah yang dibangun rumah kos tersebut dibeli dengan harga Rp5 miliar. Olga memakai uang tersebut untuk membeli tanah persis di depan rumahnya di daerah Tegalparang, Jakarta Selatan.

“Tanahnya luas banget dan harganya mahal banget sekitar Rp7 miliar, tapi untungnya bisa ditawar jadi Rp5 miliar,” ujar Olga seperti dikutip dari Kontan.

Meski tidak ingat pasti berapa luas tanah tersebut, lahan ini cukup untuk membangun 30 unit kos-kosan plus satu kolam renang.

Rumah Kontrakan

Olga Syahputra meninggalkan rumah kontrakan yang dikelola keluarga (Instagram/@bilsky16)
Olga Syahputra meninggalkan rumah kontrakan yang dikelola keluarga (Instagram/@bilsky16)

Selain kos-kosan, Olga juga mewariskan kontrakan mewah yang kini diurus sang ayah, Nurokhman. Kontrakan sembilan pintu tersebut hingga kini masih ada, dan diurus sang ayah.

Nurkohman sempat mengaku bahwa kontrakan tersebut sempat akan dibeli tetapi ditolak oleh pihak keluarga.

“Dulu ini beberapa kali didatengi orang mau dibeli, tapi Pak nur enggak boleh. Enggak dijual, biarin buat kenangan,” kata seorang warga sekitar kontrakan.

Nah, itu dia deretan warisan Olga Syahputra baik yang masih ada atau telah dijual maupun tidak lagi dimiliki. Jika warisan tersebut masih dijaga dan diputar lagi agar semakin berkembang, tentu saja harta kekayaan keluarga Olga akan aman sampai kapanpun.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.