Biar Makin Laku, Ini Waktu Terbaik buat Posting Dagangan di Medsos

3 menit
online marketing
Online marketing. (Shutterstock)

Kini, online marketing sudah menjadi salah satu strategi para pebisnis. Karena memang zaman sudah mulai canggih, dan masyarakat sebagian besar telah menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi.

Mengingat banyaknya pengguna media sosial, hal ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan bagi para pebisnis. Mereka bisa dengan mudah menggaet pelanggan dengan cara memasarkan produk via media sosial. Bagi kamu pebisnis, mungkin kamu bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, sampai Twitter sebagai sarana promosi.

Tapi, supaya lebih efektif, kamu harus mengetahui dulu pola perilaku warganet di media sosial. Ketahui kapan sih warganet lagi aktif-aktifnya mengakses media sosial mereka? Tujuannya adalah untuk menentukan waktu terbaik untuk mempromosikan bisnismu.

Nah mungkin kamu masih bingung kapan waktu terbaik untuk melancarkan strategi online marketing. Berikut ini jam dan hari yang tepat untuk kamu memposting produk bisnismu.

Baca juga: Bikin Video Strategi Pemasaran dengan Bujet Rendah, Begini Caranya

1. Online marketing via Facebook

online marketing
Pemasaran lewat Facebook. (Shutterstock)

Banyak perusahaan yang telah mempelajari tren dan menganalisa waktu terbaik untuk memposting produk mereka di Facebook. Meskipun kamu telah menggunakan Facebook Ads, tapi gak ada salahnya untuk tetap menerapkan online marketing dengan mengelola postingan akun. Semakin tepat, potensi untuk dilirik oleh lebih banyak pengguna akan semakin besar. Otomatis popularitas bisnismu juga akan meningkat nantinya.

Dikutip dari Sproutsocial, inilah waktu terbaik untuk memposting produk bisnismu di Facebook:

  • Setiap hari kerja jam 10.00 sampai jam 15.00
  • Khusus hari Rabu paling tepat di jam 12.00 sampai 14.00
  • Sementara untuk hari Kamis adalah hari terbaik untuk mempromosikan produk di Facebook, tapi lebih tepat di jam 13.00 sampai 14.00
  • Memposting di pagi hari dan malam hari sedikit kurang efektif
  • Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit ketimbang hari-hari lainnya.

Berdasarkan data tersebut, bisa dilihat bahwa rata-rata jumlah pengguna Facebook akan membludak pada siang hari di hari kerja. Karena jam-jam segitu banyak pengguna khususnya yang pekerja sedang menjalani istirahat makan siang. Selain itu, akhir pekan cenderung kurang efektif untuk promosi karena banyak pengguna yang lebih sibuk di dunia nyata ketimbang memegang handphone mereka.

Tapi kini sepertinya menjadikan Facebook sebagai sarana promosi merupakan hal yang sulit. Karena algoritma Facebook tidak memungkinkan pengguna melihat postingan-postingan di luar lingkungan pertemanan mereka. Beranda Facebook lebih sering memperlihatkan postingan teman, keluarga dari pada halaman bisnis.

Baca juga: Tips Pemasaran Mudah Ini Bantu Kamu yang Punya Usaha Kecil

2. Instagram

online marketing
Pemasaran lewat Instagram. (Shutterstock)

Online marketing akan semakin sukses kalau memanfaatkan beragam platform. Gak cuma Facebook, kamu juga bisa memanfaatkan Instagram untuk meningkatkan jumlah pengunjung bisnismu. Strateginya, selain menggunakan Instagram Ads, kamu juga bisa meraih traffic dengan memposting produk di waktu yang tepat.

Mengelola postingan Instagram apalagi untuk bisnis membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang tepat. Tujuannya agar setiap postinganmu menyasar ke audiens secara efektif. Dikutip dari expertvoice, ternyata waktu paling efektif, namun bukan terbaik, adalah sekitar pukul 2 dini hari. Kenapa efektif? Padahal itu pagi-pagi buta banget, karena jam-jam segitu gak banyak orang memposting foto di Instagram, namun, ketika pagi datang, produkmu bisa langsung dilihat oleh pengguna.

Lantas, jam berapa dan hari apa waktu yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk via Instagram?

  • Minggu, pukul 17.00
  • Senin, pukul 19.00 dan 22.00
  • Selasa, pukul 03.00 dan 22.00
  • Rabu, pukul 17.00
  • Kamis, pukul 07.00 dan 23.00
  • Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00

Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, tetapi terkait dengan seberapa banyaknya orang melihat postingan.

Baca juga: Kesalahan Pemasaran Usaha Kecil yang Sering Dilakukan dan Gimana Menghindarinya

3. Twitter

online marketing
Pemasaran lewat Twitter. (Shutterstock)

Twitter merupakan platform media sosial yang memiliki jutaan pengguna aktif tiap bulannya, dengan total lebih dari lima ratus miliar tweet per harinya. Oleh sebab itu, Twitter berpotensi menjadi platform online marketing yang efektif, meskipun kamu bakal terbatas dengan jumlah maksimal 280 karakter per postingan.

Rasio klik tertinggi, dikutip dari thesmallbusiness adalah pada hari Senin dan Kamis, tepatnya pukul 13.00 dan 15.00. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini sebagai jadwal yang ideal untuk memposting produkmu. Sementara itu, untuk waktu yang paling buruk adalah pada akhir pekan, pukul 20.00 ke atas dan hari Jumat pukul 15.00 ke atas.

Supaya tambah efektif, jangan lupa dengan mencantumkan gambar di setiap tweet produkmu. Penggunaan gambar dinilai efektif menarik perhatian ketimbang hanya sebatas tulisan.

Itulah tadi waktu-waktu ideal untuk melakukan online marketing dengan sarana Facebook, Instagram, maupun Twitter. Tapi ingat, hal ini belum tentu membuat dagangan atau bisnismu langsung laku keras, karena tetap kualitas produk lah yang menentukan. Sekeras apapun usaha pemasaranmu kalau tidak diimbangi dengan kualitas produk yang bagus ya gak bakal laku juga. (Editor: Ruben Setiawan)

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.