Bukan Traveling Biasa, Ini 5 Keuntungan yang Kamu Dapat Kalau Ikut Open Trip

3 menit
open trip
Open trip banyak manfaatnya. (Pexels)

Ngomongin soal open trip, kegiatan yang satu ini memang lagi booming di kalangan milenial. Ya, bukan milenial nge-hits namanya kalau belum melakukan kegiatan yang termasuk traveling ini.  

Open trip sendiri itu sebenarnya perjalanan yang ditawarkan oleh agen perjalanan ke destinasi tertentu. Mereka yang berminat buat traveling ke destinasi tersebut, bisa mendaftar dan terima beres. Pasalnya, segala urusan transportasi dan penginapan sudah diatur pihak agen perjalanan.

Dibandingkan dengan solo traveling, biaya buat open trip lebih rendah. Gak cuma biaya lebih murah aja lho yang jadi keunggulannya. Dikutip dari Swara Tunaiku, berikut ini 6 keuntungan yang bisa kamu dapat jika memilih traveling open trip.

Baca juga: 4 Spot Menarik di Kashmir, Surga Dunia yang Jadi Rebutan India dan Pakistan

1. Biayanya pas di kantong

open trip
Bujetnya gak banyak. (Pexels)

Pada umumnya, biaya yang ditawarkan untuk open trip ini lebih murah dibandingkan solo traveling. Ada banyak jasa tour and travel yang menawarkan jasa ini dengan harga yang ramah di kantong.  

Kalau murah dan destinasinya menarik, sayang banget tentunya kalau dilewatkan. Akan lebih asyik lagi kalau sebelumnya kamu udah punya promo hotel atau promo perjalanan.

Baca juga: Mau Liburan Hemat ke Jepang? Kunjungi Aja Japan Travel Fair 2019

2. Lebih aman ketimbang jalan sendiri

open trip
Lebih aman ketimbang jalan sendiri. (Pexels)

Ikut open trip dinilai lebih aman ketimbang kalau kamu melakukan solo traveling. Kenapa? Itu dikarenakan kamu gak pergi sendirian alias sama-sama dengan peserta lain dan pihak agen travel.

Selain itu, risiko salah jalan, kesasar, atau ditipu orang jadi minim. Boleh dibilang, traveling macam ini cocok banget buat perempuan yang belum terbiasa solo traveling.

Baca juga: Berlayar Mewah ke Pantai Pasir Perawan dengan Kapal Pinisi, Mulai Rp 1 Juta Aja

3. Memperluas jaringan

open trip
Jadi banyak kenalan baru. (Pexels)

Saat open trip, kamu bakal ketemu sama banyak orang. Melakukan perjalanan bersama-sama untuk waktu yang relatif panjang, udah pasti dong kamu lebih banyak berinteraksi dengan peserta lain. Nah, hal ini bisa membantu kamu di masa depan. Kenapa?

Sebab, pada umumnya para peserta juga traveler atau paling gak orang yang doyan jalan-jalan. Jadi, kalau di lain waktu kamu perlu rekan traveling, kamu bisa menghubungi salah satunya. Siapa tahu dari sekian banyak yang ikut ada yang klop dan ketemu chemistry-nya sama kamu.  

4. Belajar sabar

open trip
Belajar sabar dan toleran. (Pexels)

Manfaat lain memilih jasa open trip adalah bisa belajar sabar. Ya, sabar. Traveling seperti ini kamu berangkat dengan banyak orang lain yang tentunya punya sifat dan karakter berbeda-beda.

Jadi ya siap-siap aja kamu bakal menemui beragam “drama” di jalan. Dari peserta yang mungkin jalan terlalu pelan, sampai peserta yang lebih senang berlama-lama di satu objek wisata, sehingga membuat keberangkatan rombongan tertunda.

Kesel sih memang kesel rasanya. Tapi, sadar gak kalau dari kejadian-kejadian seperti ini kamu dilatih buat belajar lebih sabar dan bertoleransi.

5. Dapat insight lebih dalam tentang salah satu objek

open trip
Dapat memperdalam pengetahuan tentang objek. (Pexels)

Biasanya, kalau solo traveling dan mengunjungi sebuah objek, kamu gak akan langsung dapat informasi menyeluruh soal objek tersebut. Malahan, gak jarang kamu harus rela merogoh kocek buat jasa pemandu.

Tapi, lain halnya kalau kamu ikutan open trip. Pihak penyelenggara biasanya sudah menyiapkan guide buat para peserta. Gak ada biaya ekstra karena sudah all in dengan yang dibayarkan di awal.

Dari sederet keuntungan yang bisa kamu dapat dengan bepergian menggunakan jasa open trip di atas, mana yang membuatmu tertarik buat mempertimbangkan ikutan traveling jenis ini? (Editor: Ruben Setiawan)

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan