Samsung Tumbang! Oppo Masuk Daftar Smartphone Terlaris di Indonesia

2 menit
oppo
Bukan Samsung! Oppo Masuk dalam Deretan Smartphone Terlaris di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Samsung bisa dibilang pemain lama nih buat pasar smartphone di Indonesia. Kini namanya tergeser oleh kehadiran Oppo sebagai salah satu merek terlaris di pasar smartphone Indonesia. 

Seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com, Selasa, (13/8/2019), smartphone merek Oppo bisa dibilang salah satu brang yang cukup laris nih buat pangsa pasar Indonesia. Lembaga riset Canalys mengumumkan laporan yang mengejutkan nih. 

Selama ini emang kepopuleran Samsung sebagai salah satu smartphone di Indonesia menduduki posisi wahid nih. Teknologi yang canggih lalu harganya yang cukup masuk akal, bikin Samsung sebagai salah satu smartphone terlaris. Namun semuanya kini dipatahkan dengan kehadiran banyak merek, salah satunya dari China.

Tapi pil pahit mesti ditelan oleh pabrikan asal Korea ini. Pada kuartal II-2019, Samsung bisa dikatakan gak lagi menjadi produsen ponsel pintar terbesar di Indonesia. Posisi saat ini tengah dikuasi oleh pabrikan asal China, Oppo. 

Kamu pasti tahu merek Oppo emang tengah gencar-gencarnya ekspansi pasar di Indonesia. Sejak kehadirannya, produsen asal China ini sukses nih mengambil hati penikmat gadget di Tanah Air. 

Dalam data riset terbaru, pabrikan Negeri Tirai Bambu ini menguasai 26 persen pertumbuhan secara tahunan 24 persen. Sementara Samsung hanya memiliki pangsa pasar di angka 24 persen atau hanya bergerak sedikit yakni 10 persen. 

Kehadiran merek dagang asal China emang perlu diwasapadai nih. Mereka mampu menghasilkan produk yang cukup menarik ditambah dengan harga sangat ramah kantong. 

Buat kualitas, merek-merek asal Negeri Panda ini emang mampu bersaing dengan pabrikan lainnya. Di posisi ketiga ada merek Xiaomi yang berhasil meraih pangsa pasar sebesar 15 persen lho. Siapa yang gak kenal dengan merek smartphone yang satu ini? 

Baca juga: Ada yang Harganya Ratusan Miliar, Ini 5 HP Termahal di Dunia

Oppo geser takhta Samsung sebagai smartphone terlaris di Indonesia

Oppo
Pabrikan asal China ini masuk dalam deretan smartphone terlaris nomor satu di Indonesia lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain Oppo dan Xiaomi, merek Vivo dan Realme juga ambil bagian penting nih di pangsa pasar smartphone Indonesia. Keduanya mampu mengambil hati pangsa pasar alias menguasai 15 persen dan 7 persen di pasar smartphone Indonesia. 

Hasil penelitian ini emang berbeda sangat jauh dari hasil riset lembaga Counterpoint. Dalam riset Counterpoint, buat penjualan smartphone kuartal II-2019 di Indonesia, penguasa masih diduduki oleh Samsung. 

Hasil riset lembaga tersebut, menyebutkan kalau Samsung memegang pangsa pasar sebesar 28 persen. Sedangkan di peringkat kedua dipegang oleh Xiaomi dengan pangsa pasar sebesar 19 persen. 

Sedang merek Oppo, dalam hasil riset lembaga ini berada di posisi ketiga dengan memakan pangsa pasar sebesar 17 persen nih. Keberadaan Samsung sebagai salah satu merek smartphone global emang diacungi jempol. 

Namun sayang, kehadiran merek China seperti Oppo ini emang jauh lebih berani ketimbang merek lain. Barang-barang buatan Negeri Tirai Bambu ini emang memberikan kesan yang begitu memuaskan bagi konsumen. 

Gimana gak, harga smartphonenya terbilang gak mahal-mahal banget. Namun, buat spesifikasinya jauh lebih menarik dibandingkan merek lainnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...