Introvert? Bisa Jadi Kamu Telah Mewarisi 6 Bakat Menguntungkan dalam Keuangan Ini

4 menit
Orang introvert jauh lebih hemat daripada ekstrovert (Shutterstock).

Kamu yang merupakan orang introvert, sejatinya diberkahi dengan kebiasaan-kebiasaan yang ternyata bisa berguna buat menghemat pengeluaran. Tapi pada kenyataannya, gak semua orang introvert juga seperti ini.

Para introvert memang sering diidentikkan sebagai orang-orang yang menyukai kesendirian, tertutup, dan pendiam. Akan tetapi dibalik itu semua, mereka memiliki daya fokus yang jauh lebih tinggi ketimbang lawannya, ekstrovert yang lebih terbuka.

Terkait urusan keuangan, introvert pun dinilai lebih cerdas ketimbang ekstrovert yang hobi bersosialisasi.

Situs Wisebread telah menghimpun enam keunggulan orang-orang introvert yang harus kamu ketahui. Bisa jadi kamu mewarisi keunggulan-keunggulan ini, yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca juga: Membangun Daihatsu Ayla Turbo, Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

1. Gak terlalu suka hangout

Orang introvert gak terlalu suka hangout (Shutterstock).

Ketika diajak jalan atau nongkrong, sebagian besar orang introvert akan bilang “gue sibuk.” Sibuk artinya beragam, bisa jadi dia cuma ingin di rumah nonton Netflix seharian atau mungkin main game.

Menolak ajakan mereka tandanya bisa menghemat pengeluaran bukan?

Karena ketika hangout akan ada biaya-biaya yang dikeluarkan. Sebut saja biaya transportasi, ngopi, parkir, atau makan.

Coba kalau dibandingkan dengan ekstrovert yang hobi hangout dan bersosialisasi. Pastinya dia sulit menolak ajakan-ajakan nongkrong itu dan akhirnya duitnya jadi cepat habis.

2. Weekend di rumah aja itu “surga”

Orang introvert akhir pekan selalu di rumah (Shutterstock).

Bagi orang introvert, bisa liburan di rumah sendirian itu bisa jadi bahagia banget. Dan memang kenyataannya seperti itu jika dilihat dari kacamata finansial.

Pertama adalah dia gak akan keluar biaya transportasi, dan yang paling penting lagi adalah gak perlu keluar duit buat makan.

Buat introvert yang bisa masak, tentu akan lebih hemat buatnya jika dia memutuskan untuk menyantap hidangan yang dia masak sendiri.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

3. Kalau belanja, biasanya mereka akan belanja online

Orang introvert gemar belanja online

Beberapa introvert tentu lebih suka belanja online lantaran mereka gak terlalu nyaman berada di tempat yang ramai. Dan tanpa disadari, hal ini juga cukup baik untuk mengatur pengeluaran mereka.

Dengan belanja online, seseorang tentu bisa menghemat pengeluaran dengan cukup signifikan. Mereka bisa mendapatkan harga murah ketimbang di gerai ritel, selain itu promo belanja online juga cukup bertebaran.

Belum lagi, besar kemungkinan dia hanya membeli barang yang mereka cari dan butuhkan. Nyaris minim godaan untuk beli barang-barang yang sifatnya gak perlu.

4. Bisa hidup lebih sehat

Memulai Hidup Sehat (Shutterstock).

Ketika badan kita sehat, urusan cari duit pun lebih nyaman bukan? Orang introvert sadar akan hal itu. Mereka paham situasi dimana dirinya harus mengistirahatkan badannya demi kesehatan mental dan fisik.

Dengan mental yang baik, dia akan terhindar dari sifat impulsif dalam belanja. Pikirannya pun bisa lebih terkendali dengan baik terutama dalam hal pengaturan keuangan.

Walaupun mereka juga bisa stres sewaktu-waktu, stres yang mereka alami akan lebih terkontrol.

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Agar Betah Bekerja di Kantor, Gak Susah Kok!

5. Gak mudah tergoda keluar duit buat nonton konser

Nonton konser (Pixabay).

Semua tahu bahwa tiket konser artis-artis luar negeri itu gak murah bahkan bisa sampai jutaan Rupiah. Dan sebagai manusia, suka musik itu wajar terlepas dari orang introvert atau ekstrovert.

Akan tetapi, si introvert lebih bisa menahan keinginan untuk nonton konser lantaran dia gak terlalu suka keramaian. Lain halnya dengan ekstrovert yang selalu suka ngajak teman untuk seru-seruan bareng di konser musik favoritnya.

Semua tentu tahu, nonton konser ya harus desak-desakan. Belum lagi jika datangnya telat otomatis antrian masuknya jadi panjang.

Otomatis untuk biaya hiburan yang satu ini bisa dia skip. Duitnya tentu bisa dialokasikan ke hal lain yang lebih bermanfaat.

6. Mereka penuh pertimbangan dalam membuat keputusan

Mereka penuh pertimbangan dalam membuat keputusan (Pixabay).

Yang terakhir adalah kelihaian mereka dalam membuat keputusan. Orang introvert memang tergolong lama dalam hal ini, tapi inilah yang justru jadi kehandalan mereka.

Jika itu kaitannya dengan keputusan soal keuangan, maka pertimbangan jelas perlu dilakukan. Walaupun lama, tapi keputusan yang mereka ambil tentu berdasarkan analisa yang cukup dalam.

Otomatis keputusan itu gak akan mencederai kesehatan finansial mereka di masa depan.

Itulah enam kehebatan orang introvert dalam masalah keuangan yang harus kamu ketahui. Apakah kamu yang introvert juga memiliki kemampuan ini? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan