Pengin Kekayaan Makin Menggunung? Lakukan 5 Cara Sederhana Ini dalam Hidup!

4 menit
Pengin Kekayaan Makin Menggunung? Lakukan 5 Cara Sederhana Ini dalam Hidup!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa sih yang gak mau jadi orang kaya, punya segalanya hingga bisa dibilang merdeka finansial. Bahkan kalau kamu jadi orang kaya, apapun bisa dimiliki tanpa mesti berpikir dua kali buat membelinya, bukan begitu? 

Bukan cuma tinggal di rumah bak istana, kamu juga bisa mengendarai kendaraan super mewah serta keliling dunia menggunakan jet pribadi.

Jadi orang kaya juga gak bakal bikin kepala kamu botak dan pusing tujuh keliling karena mikirin biaya hidup yang terus membengkak. Kamu hanya perlu melakukan segala hal yang disukai dan menikmati hasil kerja keras selama ini.

Akan tetapi, semua kenyamanan hidup itu tentu gak didapatkan dengan mudah. Penuh dengan keringat dan perjuangan yang sangat luar biasa.

Contohnya saja Bill Gates yang lebih banyak menghabiskan hari-hari di kantor termasuk weekend selama dua puluh tahun. Terbukti, kini Gates menjadi orang terkaya nomor dua yang menurut Forbes memiliki harta mencapai US$ 105,7 miliar atau sekitar Rp 1.485 triliun.

Karena itu menjadi orang kaya itu bukan hal yang gak mungkin kok. Bisa jadi suatu hari nanti nama kamu masuk ke dalam jajaran orang terkaya menurut Forbes menggantikan Bill Gates.

Nah, untuk mencapai impian tersebut ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan menerapkan lima prinsip ini pada hidup kamu. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini yuk.

Baca juga: Berpenghasilan Tertinggi Sejagat, Gaji Elon Musk Setara 65 CEO!

1. Hidup jangan hanya memikirkan hari ini, tapi jangka panjang ini salah satu jadi orang kaya

orang kaya
Berpikir jangka panjang buat ke depan merupakan salah satu cara agar kamu bisa menjadi orang terkaya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu resep jika ingin orang kaya raya adalah hidup dengan memikirkan jangka panjang, bukan hanya hari ini dan esok.

Jadi istilahnya itu, kalau pengin cepat kaya bekerjalah seakan kamu akan hidup selamanya. Tapi bukan berarti kamu jadi gak kenal waktu dan terus menerus kerja ya.

Kamu tetap harus memiliki waktu beristirahat dan menjaga kesehatan, karena percuma juga kan punya banyak uang tapi sakit-sakitan.

Anggaplah prinsip tersebut sebagai motivasi agar kamu terpacu buat menggapai tujuan-tujuan jangka panjangmu.

Baca juga: Pandai Berhitung dan Teliti, Ini 6 Skill di Bidang Industri Ritel yang Harus Kamu Miliki

2. Hemat pangkal kaya, meskipun nilainya kecil sekalipun salah satu cara bisa jadi orang kaya

orang kaya
Hemat salah satu cara kamu bisa menjadi banyak harta alias kaya raya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan kata pepatah, “Hemat Pangkal Kaya”. Nah, hal itulah yang kerap dilakukan oleh orang-orang kaya lho.

Sebelum memutuskan untuk membeli atau melakukan sesuatu, mereka kerap melakukan perbandingan harga yang termurah dengan kualitas yang sama, meskipun selisih harganya hanya Rp 5.000.

Jadi bukan karena pelit ya tapi hemat. Mereka sangat tahu kapan dan ke mana uangnya akan digelontorkan.

Baca juga: Pamornya Naik dan Diburu! Mini Cooper Bekas Jadi Incaran Orang Kaya Jakarta

3. Gelontorkan uangmu untuk investasi sedini mungkin

orang kaya
Salah satu caranya adalah menginvestasikan uang kamu agar kaya raya di masa depan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Warren Buffett disebut sebagai bapaknya investasi. Gimana gak, di usianya yang masih 11 tahun, di mana orang-orang seumurannya masih senang bermain, Gates justru sudah nyemplung berinvestasi.

Kini Buffett menjadi orang terkaya nomor tiga versi Forbes yang memiliki total kekayaan mencapai US$ 82,5 miliar yang jika dirupiahkan senilai Rp 1.159 triliun.

Karena itu, investasikanlah uangmu sedini mungkin. Pasalnya, investasi yang menguntungkan adalah investasi jangka panjang.

4. Gak ada salahnya menunda bersenang-senang asal bisa bikin tajir melintir

orang kaya
Usahakan buat menahan senang-senang, (Ilustrasoi/Shutterstock).

Seperti yang sudah dicontohkan di atas kalau Bill Gates selama dua puluh tahun menghabiskan waktunya hanya buat bekerja, bekerja dan bekerja.

Kamu gak perlu mencontoh gaya Gates meraup kekayaan, tapi setidaknya tundalah beberapa kesenangan yang bikin kamu harus merogoh kocek besar. Bersenang-senang sih boleh saja, itung-itung untuk refresh otak asal gak dilakukan sering-sering.

Kalau biasanya kamu liburan sehabis gajian, kini kamu bisa mengubahnya jadi satu tahun sekali atau dua kali dalam setahun.

5. Jangan hamburkan uangmu berbelanja hanya karena gengsi

orang kaya
Gak menghamburkan uang buat belanja salah satu cara agar bisa kaya di masa depan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak sedikit orang berujung jadi punya tumpukan utang karena kerap menghamburkan uang buat berbelanja barang yang gak dibutuhkan hanya karena faktor gengsi.

Duh, kalau kamu masih menerapkan cara tersebut dalam hidup, dijamin deh hidup bakal terus terkekang dengan jeruji utang yang bikin hidup sengsara seumur hidup.

Karena itu, sebaiknya hentikanlah cara tersebut demi mencapai kehidupan yang lebih baik dan mencapai freedom money.

Nah, itu dia lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencapai impian menjadi orang kaya. Gak susah kan? Yuk, mulai terapkan dari sekarang. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.