3 Miliuner Dunia Ini Ternyata Gak Suka Liburan dan Lebih Milih Kerja

3 menit
elon musk ini orang kaya kurang liburan
Elon Musk. (Instagram/@elonrmusk)

Liburan memang jadi salah satu aktivitas yang dibutuhkan buat menghilangkan stres, namun sebagian orang kaya justru memilih untuk tidak melakukannya. Hal ini biasa dilakukan oleh sebagian mereka yang tajir dari dunia bisnis.

Dengan minimnya liburan, mereka tentu bisa fokus untuk mengejar impian mereka, dalam hal ini tentunya untuk mengembangkan bisnisnya. Tapi kebayang gak sih, gimana gak santuy-nya hidup para entrepreneur ini. Mungkin sebagian dari kita gak akan sanggup untuk bisa seperti mereka.

Ingin tahu siapa saja entrepreneur kelas dunia yang terkenal anti-liburan? Yuk cari tahu dalam ulasan di bawah ini.

Baca juga: Pengin Sukses dan Kaya Raya, Coba Dengarkan 6 Quotes Elon Musk Ini!

1. Elon Musk

elon musk orang kaya kurang liburan
“Liburan bisa membunuhmu,” kata Elon Musk. (Instagram/@elonrmusk)

Di akhir 1990an, pendiri Tesla ini sudah sukses jadi orang kaya dunia. Dia sukses dengan Zip2 dan menjualnya ke Compaq pada tahun 1999 seharga US$ 300 juta. 

Gak lama setelah itu dia mendirikan X.com yang akhirnya berubah jadi PayPal. Lalu di tahun 2002, eBay membeli PayPal dengan harga US$ 1,5 miliar.

Setelah PayPal laris, dia mendirikan SpaceX sebuah perusahaan eksplorasi luar angkasa. Dia menjadi CEO sekaligus CTO di perusahaan ini.

Di tahun 2003, lebih tepatnya di bulan Juli, dia bersama Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright mendirikan Tesla, sebuah perusahaan otomotif di Palo Alto. 

Konon kabarnya, untuk mendirikan dan membesarkan perusahaan startup-nya, Musk harus kerja 100 jam seminggu! Gak heran kalau dia mengatakan, “liburan bisa membunuhmu.”

Musk juga mengatakan, sulit baginya untuk menyaksikan karyawan yang kelimpungan tapi CEO-nya malah liburan. Gak dipungkiri, Musk sendiri punya pengalaman buruk saat berlibur. Salah satu roketnya meledak bertepatan saat dia sedang cuti. 

Baca juga: Berlapis Emas 24 Karat, Lihat Rumah Donald Trump di New York Seharga Rp 1,4 Triliun

2. Donald Trump

donald trump orang kaya kurang liburan
“Gak usah berlibur,” kata Donald Trump. (Instagram/@realdonaldtrump)

Semua tentu tahu, Presiden Amerika Serikat ini adalah seorang pengusaha papan atas di Negeri Paman Sam. Bukan hanya pengusaha namun juga seorang filantrofi. Maklum aja deh, karena dia adalah orang kaya raya, ada banyak yang bisa dibagikan kepada orang lain.

Salah satu bisnis yang membuatnya tajir melintir adalah properti. Gak dipungkiri juga bahwa bisnis Trump memang sangat menggurita hingga saat ini.

Hartanya sendiri diperkirakan menyentuh angka US$ 3 miliar atau setara Rp 42 triliun. Salah satu aset termahal yang dimilikinya adalah rumah berlapis emas 24 karat di kawasan New York. Trump juga gak ngambil gajinya sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat lho!

Soal liburan, salah satu media di Inggris bahkan pernah memuat headline berjudul Donald “I don’t take vacation” Trump takes vacation, kocak ya! Gak pernah liburan ternyata jadi nama tengah Trump, sementara itu artikelnya bercerita tentang salah satu aktivitas liburan si presiden tajir ini. 

Dalam sebuah buku yang berjudul “Trump: Think Like Billionaire”, dia mengatakan bahwa, “gak usah pergi berlibur, apa tujuan (berlibur)? Kalau memang kamu gak menikmati pekerjaanmu, kamu ada di lingkungan kerja yang salah.”

Bahkan Trump pernah bilang ke Larry King, seluruh orang sukses yang dia kenal memang kurang piknik. Hal itu disebabkan karena mereka sudah melihat bisnisnya sebagai sarana untuk berlibur.

Wah, kayaknya workaholic banget ya si pak Trump ini. Kabarnya dia juga cuma tidur tiga jam sehari lho!

Baca juga: Punya Kekayaan Rp 1.333 Triliun, Nih 5 Cara Bill Gates Habiskan Uang

3. Bill Gates 

bill gates orang kaya kurang liburan
Bill Gates sarankan kita jadi pengabdi kerja. (Instagram/@thisisbillgates)

Saat masih merintis bisnisnya di bidang teknologi, Bill Gates juga kurang piknik. Tapi, setelah jadi miliuner ya gak begini. Dia bahkan punya pandangan kontroversial mengenai keseimbangan antara kerja dan hidup. Dengan tegas Bill Gates bilang bahwa hal itu sama sekali, “gak ada.”

“Saya rasa, kamu harus mengabdi dengan hal-hal yang berkaitan kerja keras atau bahkan mengkultuskan hal itu. Buat saya, saya sendiri gak pernah merasa bahwa akhir pekan itu ada, saya gak yakin berlibur (bisa membuat kerja efektif),” ujarnya dalam sebuah artikel di Market Watch.

Namun saat memasuki usia kepala tiga, pendiri Microsoft ini baru merasakan gimana rasanya liburan dan menikmati aktivitas di akhir pekan.

Gimana tuh dengan pendapat Bill Gates yang bilang bahwa kamu harus jadi pengabdi kerja? Gak kebayang stresnya ya.

Itulah tiga orang kaya dunia yang memang kurang suka liburan. Intinya, selama bisnis itu masih kita kembangkan, liburan dan foya-foya adalah hal yang harus dihindari.

Elon Musk dan Trump tentu masih sibuk hingga sekarang ini. Tapi Bill Gates sih udah jadi orang terkaya di dunia bukan? Mau liburan kemana pun ya gak salah. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.