Mulai Bos Apple Sampai Bintang L.A Lakers, Ini Orang Sukses di Jurusan Kuliahnya!

4 menit
orang sukses
Mulai Bos Apple Sampai Bintang L.A Lakers, Ini Orang Sukses di Jurusan Kuliahnya!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat menjadi orang sukses emang gak ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Berbagai macam latar belakang justru semakin memotivasi seseorang agar bisa mencapai kesuksesannya.

Termasuk dalam hal pemilihan jurusan kuliah juga menjadi kunci mereka sukses di bidangnya masing-masing saat ini bahkan ada yang melenceng lho. Memilih jurusan saat masuk ke jenjang pendidikan perguruan tinggi sangat krusial dalam menentukan jenjang karier kita kedepannya.

Dengan memilih program studi  yang kita sukai tentu bakal membuat pekerjaan kita nantinya terasa nyaman buat dijalani. Apalagi kalau memiliki nilai kelulusan yang sangat memuaskan, buat mencari kerja rasanya juga mudah, betul bukan?

Kalau udah begitu sih biasanya naik jabatan pun bukan merupakan hal yang sulit diraih. Sendirinya uang bakal mengalir ke kantong pribadi. Bahkan bisa-bisa kita bisa menjadi orang yang tajir melintir.

Gak percaya? Nih, kita kasih aja langsung 6 orang sukses beserta jurusan yang diambil selama bangku kuliahnya, mengutip dari The Journal:

Baca juga: Ciri-ciri Orang Sukses Ini Apakah Sudah Ada Pada Diri Kamu?

1. Shaquille O’Neal – Manajemen SDM

orang sukses
Shaquille O’neal salah satu orang yang sukses di dunia baik dari profesinya maupun pendidikannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat yang suka menyaksikan pertandingan basket NBA pasti mengenal bintang  klub L.A Lakers yang satu ini. Shaquille O’neal atau Shaq merupakan panggilan akrabnya yang menganggap pendidikan merupakan hal paling penting terlepas dari profesinya sebagai pebasket.

Buktinya ia berhasil lulus pendidikan Doktoral jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia di Barry University pada tahun 2012. Sebelumnya tahun 2005, pria bertubuh 2,1 centimeter ini sempat menempuh jalur Master Bisnis Administrasi di University of Phoenix.

Hebatnya lagi dengan segala kemampuan olahraga serta intelektual yang dimiliki Shaquille O’Neal ia bisa mendapatkan penghasilan sebesar US$ 350 juta atau setara Rp 5 triliun.

Baca juga: Donat hingga Irisan Buah Alpukat, Ini Gaya Sarapan Orang Sukses di Dunia

2. Michael Bloomberg – Bisnis Administrasi

orang sukses
Michael Bloomberg salah satu orang tersukses di dunia baik jenjang kariernya maupun pendidikan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Michael Bloomberg salah satu orang sukses yang berhasil mendirikan media internasional Bloomberg. Bukan cuma bergerak di bidang media massa, perusahaan yang berasal dari New York, Amerika Serikat ini juga merambah dunia piranti lunak, firma hukum dan finansial.

Sebelum mengemban studi Master Bisnis Administrasi, pria yang lahir pada tahun 1942 ini pernah mengambil jurusan Teknik Elektro di tingkat Strata 1. Selain menjadi seorang pengusaha, ia juga sempat menjadi Walikota New York dari tahun 2002 hingga 2013.

Baru-baru ini Michael Bloomberg masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia dengan total nilai kekayaan mencapai US$ 62,1 miliar atau senilai Rp 888 triliun.

Baca juga: Patut Dicontoh! 5 Rutinitas Pagi Ini Biasa Dilakukan Orang Sukses

3. Indra Nooyi – Manajemen Publik dan Privat

orang sukses
Indra Nooyi mantan mantan CEO PepsiCo yang sukses baik karier maupun pendidikannya, (fortunedotcom).

Mungkin kamu masih belum familiar dengan Indra Nooyi, perempuan asal India ini adalah mantan CEO PepsiCo periode tahun 2006 hingga 2018. Lewat pencapaiannya tersebut ia berhasil masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia.

Semasa masih duduk di bangku kuliah, ia memilih jurusan MIPA di University of Madras dan melanjutkan ke jenjang Master Manajemen Publik dan Privat di Yale School of Management pada tahun 1980.

Total kekayaannya selama bekerja di PepsiCo mencapai US$ 80 juta atau sebesar Rp 1,1 triliun. Menjadikan dirinya sebagai salah satu orang sukses di dunia hari ini.

4. Tim Cook – Teknik Industri

orang sukses
Tim Cook salah satu orang tersukses di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Orang yang sukses di posisi ke-4 ini adalah Chief Executive Officer Apple sejak tahun 2011. Sebelum dirinya menjabat sebagai CEO, Seteve Jobs pendiri Apple adalah yang mengisi posisinya tersebut. Kamu pasti kenal?

Pria berzodiak Scorpio ini menempuh jurusan Teknik Industri di tingkat Strata 1 lalu melanjutkannya dengan mengambil Master Bisnis Administrasi di Duke University Fuqua School of Business.

Posisinya yang sangat penting di Apple membuat dirinya memiliki harta mencapai US$ 625 juta atau sebanyak Rp 8,9 triliun. Figur Steve Jobs yang terkenal cerdas dan melekat di masyarakat masih sulit digantikan oleh Tim Cook hingga saat ini.

5. Mary Barra – Teknik Elektro

orang sukses
Mary Barra sukses di dunia karier maupun pendidikan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu tahu perusahaan energi General Motors? Korporasi asal Negeri Paman Sam tersebut saat ini dipimpin oleh Mary Barra.  Wanita kelahiran Michigan, Amerika Serikat, tahun 1961 ini menjabat CEO GM sejak tahun 2014.

Jurusan kuliahnya pun masih ada kaitannya dengan industri yang ia tangani saat ini yakni Teknik Elektro. Buat melengkapi ilmunya di dunia usaha, Mary memilih jurusan Bisnis Administrasi pada level Strata 2. Harta yang berhasil dikumpulkan hingga 2018, tercatat sekitar US$ 63,1 juta atau Rp 900 miliar.

6. Doug McMillon – Bisnis Administrasi

orang sukses
Doug McMillon sukses di bidang pendidikan dan kariernya nih sebagai CEO dari Walmart, (Ilustrasi/Shutterstock).

Orang sukses terakhir yang masuk di daftar adalah Doug McMillon. Ia merupakan CEO dari Walmart, salah satu perusahaan retail terbesar di dunia dengan nilai total aset diperkirakan US$ 219,3 miliar atau Rp 3.137 triliun.

Buat mengelola uang sebanyak itu di perusahaannya saat ini, Doug McMillon memanfaatkan ilmu yang ia pelajarinya ketika tengah mengambil jurusan Bisnis Administrasi pada level S1 serta S2.

Nah, itu dia daftar 6 orang sukses beserta jurusan yang mereka ambil di jenjang pendidikan universitas. Dari keenam tokoh tersebut terlihat bahwa ilmu Bisnis Administrasi merupakan program studi yang paling banyak digunakan. Gimana, kamu tertarik buat mengikuti jejak mereka? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan