5 Hal Ini Jangan Dilakukan Jika Ingin Sukses di Usia Muda! Apa Saja Itu?

3 menit
Orang Sukses Enggan Menghamburkan Uang Untuk 5 Hal Ini (Shutterstock).
Orang Sukses Enggan Menghamburkan Uang Untuk 5 Hal Ini (Shutterstock).

Menjadi orang sukses tentu impian semua orang, termasuk kamu bukan? Jika kamu ingin menjadi sukses di usia muda, tentu banyak pengorbanan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah dengan tidak melakukan hal gak penting ini yakni pemborosan. 

Seseorang terbukti mahir dalam mengelola keuangan diketahui tidak boros dan hidup sederhana. Karena mereka tahu dan paham untuk tidak melakukan pemborosan. Pandai mengelola keuangan adalah salah satu ciri orang menuju sukses di usia muda. Kebanyakan mereka tahu mana hal yang penting dan layak dibelanjakan atau mana yang perlu dihindari. 

Melansir laman Business Insider, lima hal ini tak akan dilirik oleh orang sukses berdasarkan pengelola keuangan. Apa saja itu, yuk kita simak. 

1. Tidak membeli kendaraan baru

Orang Sukses
Tidak membeli kendaraan baru (Shutterstock).

Orang sukses dalam mengatur keuangan adalah dengan tidak selalu termakan tren otomotif. 

“Orang yang kaya raya justru biasanya bakal mengendarai kendaraan mereka hingga berusia 5-10 tahun,” kata pakar keuangan. 

Kenapa? karena bagi mereka nilai sebuah kendaraan akan merosot di bulan pertama mencapai 10 persen. Kemudian 20 persen di tahun pertama. Tentu kerugian semacam ini bagi miliuner sangat dihindari. Mereka cenderung berinvestasi dan tetap menggunakan kendaraan yang ada. 

2. Tidak membeli rumah secara berlebihan juga ciri orang sukses

Orang Sukses
Tidak membeli rumah secara berlebihan (Shutterstock).

Banyak orang kaya baru yang malah melakukan hal pemborosan ini. Membeli hunian secara berlebihan dan diluar batas. Padahal rumah tersebut tidak digunakan, yang ada justru malah keluar uang untuk biaya perawatan terus kan? 

Mereka yang pandai dengan uang tidak ingin menghabiskan lebih dari yang mereka mampu untuk rumah. Banyak dari orang sukses malah menggunakan uang untuk sebuah pengalaman dan investasi. Untuk rumah, mereka akan mencari yang sesuai kebutuhan. 

3. Tidak mengambil kredit yang besar

Orang Sukses
Tidak mengambil kredit yang besar (Shutterstock).

Seseorang yang pandai dalam mengatur keuangan biasanya tidak pernah mengambil kredit dalam jumlah besar. Baik untuk pembelian ratusan juta atau hanya ratusan ribu saja. Mereka pun enggan menggunakan kartu kredit atau berutang ke bank. 

Biang kerok dalam masalah keuangan dalam hidup ini adalah kartu kredit. Jika kamu tidak bisa menggunakannya dengan baik, sudah pasti akan terlilit hutang dengan bunga yang selalu berjalan tiap bulannya. 

4. Tidak suka membeli barang mewah

Orang Sukses
Tidak membeli barang mewah (Shutterstock).

Jika kamu berfikir bahwa miliuner justru akan hidup bergelimang harta dan bermewah-mewah, salah besar! Orang kaya sesungguhnya adalah mereka yang pandai dalam memaknai setiap situasi yang akan memengaruhi finansialnya. 

Mereka justru tidak tertarik dengan barang bermerek dengan banderol harga cukup tinggi. Saat ini, banyak orang kaya yang sudah mulai menerima isyarat ini dari mereka yang pandai dalam mengelola keuangan. 

“Memamerkan kekayaan bukan lagi cara untuk menandakan memiliki kekayaan.  Di AS khususnya, 1 persen teratas telah menghabiskan lebih sedikit untuk barang-barang material sejak tahun 2007,” kata Hillary Hoffower kepada Business Insider.

Alih-alih barang-barang materi, banyak orang kaya hari ini memilih untuk menghabiskan privasi dan rutinitas kesehatan maupun kebugaran eksklusif dan berinvestasi dalam pendidikan daripada membeli barang-barang desainer.

5. Tidak menggelar pesta mewah

Orang Sukses
Party (Shutterstock).

Jika kamu berfikir bahwa menggelar pesta mewah adalah ciri orang sukses? Kamu salah besar! Orang yang sukses apalagi dalam hal kaya raya ini justru tidak tergiur dengan pesta mewah. 

Contohnya saja bos Facebook Mark Zuckerberg! Pada saat baby shower menyambut kehamilan sang istri, hanya pesta sederhana yang ia lakukan. Bahkan alih-alih mengundang para crazy rich, ia justru hanya merayakannya dengan kerabat terdekat. Bahkan yang hadir bisa dihitung oleh jari. 

Lantas apakah Mark tidak mampu menggelar pesta mewah? Salah! Dia bisa saja melakukan itu. Tetapi dia memilih tidak melakukannya karena paham bahwa hal itu hanya akan membuat keuangannya tidak stabil. 

Belum lagi mereka yang berfikir untuk menggelar pesta pernikahan semewah mungkin. Lebih baik uang tersebut digunakan untuk membeli pengalaman hidup, atau berinvestasi untuk menyambut kemerdekaan finansial di masa depan. Betul gak?

Nah itu tadi lima hal yang perlu kamu perhatikan dan lakukan agar menjadi orang sukses. Pengin dong masih muda tapi kekayaan melimpah ruah? Jika sudah tercapai, jangan lupa tetap menjadi pribadi yang rendah diri ya. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be