Danny Nugroho, Masuk Forbes 2018 di Usia 40-an! Begini Faktanya

3 menit

Nama Danny Nugroho bergaung khususnya saat berhasil masuk Forbes di tahun 2018 lalu. Masih berusia cukup muda, Danny berhasil menjadi orang sukses lewat bisnis perbankan.

Gak tanggung-tanggung, petinggi Bank Capital itu sukses menembus daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Padahal, Danny baru berusia 40 tahunan.

Sekadar diketahui, usia 40 tahunan terbilang cukup muda bila bisa memegang kekayaan hingga ratusan juta dolar.

Melihat kesuksesan Danny Nugroho ini, gak ada salahnya kamu kepo-in dikit gimana sepak terjangnya:

Lulusan Amerika Serikat di usia 20 tahunan

Danny Nugroho
Danny Nugroho

Jelang penutupan tahun 2018 lalu, Forbes merilis Indonesia’s 50 Richest List. Nama Danny Nugroho pun masuk sebagai pendatang baru.

Usianya masih 43 tahun saat itu, dia menempati posisi ke-38 dari daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Danny Nugroho merupakan lulusan Amerika Serikat. Di tahun 1998, Danny lulus sebagai Bachelor of Science alias Sarjana Sains. Saat itu dia berkuliah di The Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat.

Bila dihitung-hitung, usia Danny saat itu masih di angka 20-an. Masih cukup muda, namun udah bisa dapat gelar bergengsi dari salah satu universitas tertua di Amerika.

Baca juga:

Dulu Cuma ART, Ini Kisah Anazkia Mantan TKW Sukses Jadi Jurnalis Tanpa Ijazah

Akuisisi bank dan sukses melipatgandakan sahamnya

Danny Nugroho bank kapital
Danny Nugroho bank kapital

Inilah salah satu alasan kenapa Danny akhirnya berhasil menyalip nama-nama lain dalam daftar Forbes.

Sejak tahun 2004, Danny tercatat sebagai presiden komisaris PT Bank Capital Indonesia Tbk. Bank tersebut merupakan gabungan Bank Internasional Indonesia dengan Credit Lyonnais SA.

Kantornya yang mulanya bertempat di Wisma Mulia kemudian pindah ke Sona Topas Tower.

Lewat salah satunya tangan dingin Danny, Capital Indonesia mengalami pelonjakan harga saham hingga dua kali lipat. Hal inilah yang membuat harta kekayaan Danny Nugroho ikut melambung.

Danny Nugroho saat ini diprediksi memiliki total kekayaan sebesar US$ 790 miliar. Angka tersebut setara dengan Rp 11 triliun.

Baca juga:

Pernah Jualan Donat, Begini Kisah Elang Gumilang yang Sukses Raup Rp 55 Triliun 

Strategi jadi orang sukses lewat bidang perbankan

Ada beberapa strategi yang dilakukan Danny Nugroho untuk membesarkan Bank Capital. Di antaranya, membuat rencana bisnis. Seperti apa?

Beberapa rencana tersebut mencakup mempertahankan fokus bisnis pada segmen ritel. Danny juga meningkatkan penggalangan dana murah.

Gak cuma itu aja, Danny mengedepankan sistem fee based income. Maksudnya, pendapatan non bunga. Itu artinya aktivitas bank yang dijalankan Danny tersebut berfokus pada pemberian jasa. Dengan gitu, risiko gak dibayarkan kembali relatif kecil.

Selanjutnya, kualitas layanan jadi salah satu faktor penentu bisnis makin besar. Danny melakukannya dengan cara meningkatkan kualitas layanan. Misalnya, melakukan pengembangan transaksi elektronik dan membuka kantor baru.

Diversifikasi produk pun turut dilakukan. Bank Capital gak cuma menyediakan jasa perbankan tetapi juga manajemen aset, dan asuransi.

Secara sederhana, kamu bisa meniru cara ini untuk bisnis yang kamu geluti, meski berbeda bidang. Beberapa poin di atas bisa kamu terapkan.

Contoh, Danny berani melakukan inovasi metode pengambilan keuntungan. Jadi, kamu gak harus terpaku pada salah satu cara yang udah umum.

Kemudian, kualitas layanan emang selalu berada di garda depan bila kamu pengin berhasil di bidang usaha tertentu.

Gak heran kalau anak muda satu ini akhirnya berhasil jadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Menyelesaikan pendidikan di usia cukup muda yang dilakukan oleh Danny juga patut dapat apresiasi tinggi.

Dari situ, dia pun bisa lebih cepat meraih karier lebih tinggi. Salut! (Editor: Chaerunnisa)

 

 

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan