Inspiratif! 5 Tokoh Nasional Ini Bisa Sukses Tanpa Gelar Sarjana

4 menit
orang sukses
Inspiratif! 5 Tokoh Nasional Ini Bisa Sukses Tanpa Gelar Sarjana, (Instagram).

Kisah orang sukses di Indonesia selalu menarik buat diulas. Selain bisa memberikan inspirasi, cerita tentang mereka bisa memberikan pelajaran hidup yang berarti gimana caranya kita bisa menjadi orang sukses.

Kalau mau ditelusuri dari setiap daerah, ada banyak anak bangsa meraih kesuksesan. Entah itu di bidang akademik dengan nilai cemerlang, atau di bidang lainnya yang membuatnya ia kaya raya. Cara buat menjadi orang yang berhasil juga ditempuh dengan berbagai jalan

Menjadi orang sukses itu bisa diraih oleh siapa saja. Gak cuma anak keturunan konglomerat, atau mereka yang berpendidikan tinggi sampai ke luar negeri, tapi bagi yang gak mengenyam pendidikan pun juga bisa menjadi orang yang terpandang. Berikut ini kita beri contoh lima tokoh nasional, yang berhasil menjadi orang yang berhasil di segala bidang, meski gak mengantongi gelar sarjana.

Baca juga: Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

1. Susi Pudjiastuti

Orang Sukses
Ibu Susi salah satu yang sukses nih dalam kariernya meskipun gak memiliki gelar sarjana, (Instagram/@susipudjiastuti115).

Semua orang pasti sudah tahu sama sosok Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan dan Perikanan kabinet Jokowi ini terkenal banget sama gaya nyentriknya, entah itu dari busana maupun dari tingkah lakunya.

Meski nyentrik dan nyeleneh, kerja Susi selalu dapat sorotan positif dari publik. Ia berhasil meningkatkan potensi bawah laut Indonesia salah satunya dengan mencegah terjadinya penangkapan liar.

Untuk mencapai hal-hal itu, tindakan-tindakan berani ia lakukan, salah satunya adalah dengan menenggelamkan kapal-kapal asing yang kedapatan menangkap ikan di wilayah NKRI.

Sebelum menjadi menteri, Susi merupakan orang sukses yang memiliki banyak usaha. Sejak tahun 1983, ia mulai merintis usaha pengepul ikan hanya dengan modal Rp 750 ribu di kampung halamannya Pangandaran.

Lama-lama usaha tersebut sukses hingga berhasil mendirikan pabrik pengolahan hasil laut di tahun 1996. Belum puas dengan usaha perikanannya, Susi memutuskan untuk mendirikan maskapai penerbangan Susi Air,  yang tadinya hanya digunakan untuk mengangkut ikan, tapi kemudian menjadi maskapai komersial.

Nah, kamu juga pasti sudah tahu dong kalau Menteri Susi ini pendidikannya gak tinggi-tinggi banget. Jangankan gelar sarjana, ijazah SMA saja sebelum dilantik menjadi menteri beliau gak punya.

Baca juga: Mengenal Maria Oentoe, Sosok Pengisi Suara Teater Bioskop Dibuka

2. Bob Sadino

orang sukses
Bob Sadino bisa dibilang salah satu orang yang berhasil dengan karier dan bisnisnya meskipun gak sarjana, (Instagram/@bobsadino).

Sosok pekerja keras yang sudah melegenda di menjadi headline di media massa ini gak ada salahnya kembali diulas kisah suksesnya. Bob Sadino udah tiada, tapi perjalanan hidupnya bisa terus menginspirasi banyak orang.

Dulu ia memang pernah hidup bergelimang harta berkat harta warisan, tapi kemudian jatuh bangkrut hingga gak punya apa-apa. Di saat masa-masa sulit itu, berbagai pekerjaan terpaksa ia lakoni demi menghidupi keluarga, mulai dari sopir, kuli bangunan, hingga berjualan telur.

Ketekunan dan kerja kerasnya itu membawanya kepada keberhasilan, dengan mendirikan sebuah swalayan Kem Chicks, 49 tahun yang lalu. Kem Group semakin maju dengan berbagai unit usaha seperti Kem Farm dan Kem Food.

Dulu, Bob Sadino ternyata gak menamatkan pendidikan sarjananya lho. Bahkan ia seringkali memberikan wejangan buat menjadi orang sukses gak harus memiliki gelar sarjana.

Baca juga: Cerita Mohamed Morsi, Anak Petani dari Kampung yang Bisa Jadi Presiden

3. Dahlan Iskan

orang sukses
Dahlan Iskan salah satu orang yang berhasil dalam kariernya, (Instagram).

Orang sukses yang gak punya gelar sarjana adalah Dahlan Iskan. Pria kelahiran tahun 1951 ini dulunya cuma lulusan Madrasah. Sempat mengambil kuliah di Kalimantan, tapi terpaksa drop out. Hingga akhirnya ia memilih buat menekuni kariernya di bidang jurnalistik.

Karier pertama Dahlan Iskan sebagai reporter di surat kabar di Samarinda pada tahun 1970-an. Setelah itu, ia pindah ke Surabaya dan menjadi wartawan majalah Tempo. Karena kepiawaiannya dalam mengolah berita, ia pun dipercaya buat memimpin media Jawa Pos di Surabaya hingga menempati posisi CEO.

Karier tertingginya adalah menjadi Direktur PLN, dan juga Menteri BUMN di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

4. Eka Tjipta Widjaja

orang sukses
Eka Tjipta Widjaja salah satiu orang yang berhasil dalam kariernya, (Forbes).

Eka Tjipta Widjaja adalah orang nomor satu di Sinarmas. Pada Januari 2019 lalu, ia telah meninggal dunia, tapi kisahnya masih bisa kita jadikan inspirasi. Dalam perjalanan kariernya, buat menjadi orang tersukses dan kaya raya, Eka Tjipta membutuhkan banyak perjuangan.

Pendidikan formalnya saja cuma sebatas sampai lulusan SD. Untuk memenuhi kebutuhannya ia rela melakukan pekerjaan serabutan, mulai dari dagang keliling, sampai kontraktor pembuat kuburan

Sampai akhirnya mendirikan Sinarmas pada tahun 1938. Bisnis Sinarmas pun terus mengalami peningkatan sejak didirikan, mulai dari bisnis properti sampai perkebunan sawit.

5. Adam Malik

Orang sukses
Adam Malik yang gak lain salah satu Menteri Luar Negeri Indonesia di era Soekarno, (Pinterest).

Sekarang kita sedikit mengingat sejarah tentang salah satu orang yang berhasil menduduki sejumlah jabatan penting di Indonesia, Adam Malik. Dikutip dari Tirto Adam Malik merupakan tokoh nasional yang berpendidikan rendah. Dia gak punya gelar sarjana, hanya sebatas lulusan sekolah dasar.

Tapi kontribusinya dalam pendirian Republik Indonesia sangat besar. Pada tahun 1930-an ia mendirikan kantor berita Antara sebagai sarana penyebaran informasi ke masyarakat.

Kemudian saat awal-awal masa Orde Baru, ia menjabat di beberapa posisi penting mulai dari Wakil Predana Menteri, Menteri luar Negeri, hingga duduk di kursi parlemen.

Itu tadi lima kisah inspiratif orang sukses di Indonesia yang gak punya gelar sarjana sama sekali. Semoga saja bisa menginspirasi buat kamu, karena sukses adalah hak semua orang. Setiap orang bisa sukses dengan caranya masing-masing tanpa harus mengikuti jalan orang lain. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.