Hartanya Triliunan! Deretan Orang Terkaya di China Ini Bershio Babi

4 menit
Deretan orang terkaya di China yang bershio babi. (Shutterstock)
Deretan orang terkaya di China yang bershio babi. (Shutterstock)

Berdasarkan kalender China, saat ini kita telah memasuki tahun shio Babi Tanah. Babi merupakan hewan terakhir dalam kalender horoskop China. Nah kita gak bakal ngebahas soal nama-nama shio, tapi kita bakal ngasih info soal orang terkaya di China yang lahir di bawah pengaruh shio Babi.

Shio Babi ini mempengaruhi mereka yang lahir pada tahun 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, dan 2007. Karakteristik orang yang lahir di tahun Babi ini dikenal perfeksionis alias selalu pengin segala sesuatunya sempurna. Orang dengan shio babi disebut-sebut memiliki sifat yang baik dan doyan kerja keras. Sementara itu, elemen tanah dianggap membawa sifat penyabar dan memberikan umur panjang.

Secara umum sih orang yang lahir dengan shio Babi konon memiliki sifat dan peruntungan yang lebih baik dari shio yang lainnya. Mereka mudah bergaul, jujur, memiliki kepedulian tinggi, ulet, pekerja keras, dan intelek. Tapi di samping seabrek kelebihannya, ada juga kekurangannya, yaitu mereka kerap pesimis.

Nah ini dia deretan orang terkaya di China yang masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes dan lahir di bawah pengaruh shio Babi, seperti dikutip dari Businessinsider.

Baca juga: Tiga Orang Terkaya Penantang Donald Trump di Pilpres AS Tahun 2020

1. Pony Ma Huateng

Pony Ma Huateng, orang terkaya di China urutan ke-2. (Forbes)
Pony Ma Huateng, orang terkaya di China urutan ke-2. (Forbes)

Pony Ma Huateng lahir pada tahun 1971 merupakan orang terkaya nomor 2 di China setelah Jack Ma. Kendati begitu, ia disebut-sebut sebagai CEO terbaik nomor 1 di China versi Forbes, mengalahkan Daniel Zhang, sang CEO Alibaba. Pony Ma menjalankan perusahaan industri internet dan gaming terbesar di China yaitu Tencent Holdings yang ia dirikan pada tahun 1998 silam.

Kekayaan Ma Huateng mencapai US$ 39 miliar atau sekitar Rp 541 triliunan. Produk-produk andalan Tencent sendiri sudah sangat dikenal di Indonesia, seperti platform pesan singkat WeChat, game Clash of Clans, serta PUBG. Dikutip dari Techinasia, kini valuasi Tencent telah melampaui Facebook dan Alibaba.

Baca juga: Jadi Salah Satu Orang Terkaya di RI, Begini Cara Eka Tjipta Widjaja Bagi-Bagi Duit

2. William Ding Lei

William Ding Lei, orang terkaya di China urutan ke-10. (Forbes)
William Ding Lei, orang terkaya di China urutan ke-10. (Forbes)

William Ding Lei juga lahir pada tahun 1971, sama seperti Pony Ma. Dia merupakan pendiri dan CEO NetEase, salah satu perusahaan industri game online dan mobile terbesar di dunia dengan game andalan World of Warcraft. Ding pernah menjadi orang terkaya di China pada tahun 2003 silam dan menjadi yang pertama terkaya berkat industri game online. Tapi, kini ia harus tersaingi dengan adanya Tencent yang merambah ke dunia game online juga.

Kekayaan William Ding Lei kini US$ 15 miliar atau Rp 208 triliunan. Harta sebesar itu menempatkannya di urutan ke-10 orang terkaya di China.

Baca juga: Deretan Keluarga Terkaya di Dunia yang Hartanya Tembus Seribu Triliun Rupiah

3. Zhang Zhidong

Zhang Zhidong, orang terkaya di China urutan ke-14. (Forbes)
Zhang Zhidong, orang terkaya di China urutan ke-14. (Forbes)

Zhang Zhidong merupakan sahabat dekat Pony Ma Huateng. Mereka berasal dari kampus yang sama yaitu Universitas Shenzhen. Selama 14 tahun, hingga ia pensiun tahun 2014, Zhang Zhidong menjabat sebagai CTO di Tencent.

Kekayaannya pria yang lahir tahun 1971 ini, dikutip dari Forbers, mencapai US$ 13,4 miliar atau sekitar Rp 186 triliunan. Meskipun sudah pensiun dari Tencent, ia masih menjadi pemegang saham terbesar kedua di Tencent Holdings. Hal ini membuatnya bertengger di urutan 14 dalam daftar orang terkaya di China.

4. Zhang Yiming

Zhang Yiming, orang terkaya di China urutan ke-25. (Forbes)
Zhang Yiming, orang terkaya di China urutan ke-25. (Forbes)

Kalau yang ini masih lebih muda dari pada senior-seniornya di atas. Zhang Yiming lahir pada tahun 1983. Nama ini mungkin asing banget di telinga kamu, tapi bagaimana kalau Tik Tok? Nah, Zhang ini merupakan pendiri dari perusahaan ByteDance, di mana salah satu produknya adalah Tik Tok.

Yiming merilis Tik Tok pada tahun 2016 dan di tahun 2017 ia menerima suntikan investasi sebesar US$ 20 juta atau sekitar Rp 288 miliaran. Ia juga telah mengakuisisi Musical.ly, yang merupakan kompetitor dari Tik Tok di tahun 2017 seharga US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliunan.

Berkat bisnisnya ini, uang dalam pundi-pundi Yiming pun membengkak. Dikutip dari Forbes, kini total kekayaannya mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 224 triliunan, membuatnya bertengger di urutan ke-25 orang terkaya di China.

5. Zhang Shiping

Zhang Shiping dan keluarganya masuk daftar orang terkaya di China nomor 40. (Forbes)
Zhang Shiping dan keluarganya masuk daftar orang terkaya di China nomor 40. (Forbes)

Zhang Shiping lahir pada tahun 1947. Ia merupakan pengusaha produsen produk aluminium terbesar di dunia, serta perusahaan kapas di Hong Kong. Tapi kekayaannya gak cuma didapat dari dirinya sendiri, melainkan juga dari istri, dan anaknya.

Anak Zhang misalnya, Zhang Xongxia menjalankan perusahaan tekstil dan produsen kapas yang terdaftar di Hong Kong. Kekayaan Zhang dan keluarganya mencapai US$ 4,5 miliar atau Rp 62 triliunan. Mereka menempati urutan ke-40 dalam daftar orang terkaya di China.

Nah itu tadi lima orang yang bershio Babi Tanah dan telah sukses mencatatkan namanya di daftar orang terkaya di China. Berdasarkan ramalan sih, mereka memiliki sifat yang enerjik, namun sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan. Wah sifatnya pas banget ya buat pemimpin, gak heran deh kalau mereka bisa jadi CEO-CEO top.

Coba deh kamu tiru sifat-sifat umum yang ada di shio Babi Tanah. Kalau perlu, kamu terapkan di kehidupan sehari-hari khususnya dalam dunia kerja. Siapa tahu saja karier kamu bisa semantap orang-orang terkaya di China yang telah disebutkan di atas. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!