Ini 10 Orang Terkaya di China, Bagaimana Jika Dibandingkan Orang Terkaya Indonesia?

5 menit
orang terkaya di china
Ma Huateng. (Forbes)

Orang terkaya di China bukan cuma Jack Ma seorang, tapi masih banyak lainnya. Bahkan, versi Forbes, Jack Ma sudah tidak menempati posisi pemuncak list. Kini ia harus rela berada di peringkat kedua.

Untuk diketahui, China juga merupakan sarangnya orang-orang tajir. Jumlah mereka terus mengalami peningkatan sejak 2010. Tahun 2010, tokoh top China yang berharta miliaran dolar hanya sekitar 64 orang, tapi kini telah meningkat drastis menjadi 324 orang di tahun 2019.

Sektor penyumbang terbesar pundi-pundi miliarder di China adalah berasal dari bisnis teknologi. Negeri Tirai Bambu memiliki segudang orang-orang top yang gak pernah kehabisan inovasi. Ada saja terobosan-terobosan baru yang membuat produk mereka mendunia.

Mungkin kamu penasaran, siapa sih manusia-manusia jenius itu yang bisa menempati posisi orang terkaya di China? Ingat bukan hanya Jack Ma lho ya! Berikut ini daftarnya dikutip dari Forbes, dimulai dari yang paling kaya:

Baca juga: Ini 21 Orang Indonesia yang Masuk Daftar Taipan Paling Kaya di Dunia

1. Orang terkaya di China nomor satu, Ma Huateng – Rp 560 triliunan

orang terkaya di china
Ma Huateng. (Forbes)

Inilah orang terkaya di China, yang beberapa kali berhasil menyalip Jack Ma, Ma Huateng. Ma Huateng kini memiliki kekayaan mencapai US$ 38,8 miliar atau Rp 560 triliunan. Pony Ma, sebutan untuknya, merupakan seorang pendiri Tencent Holdings, salah satu perusahaan internet terbesar di China bahkan di dunia.

Produk dari Tencent bahkan telah mendunia sampai ke Indonesia, ada WeChat, Tencent Games seperti PUBG, dan JOOX.

Baca juga: Gak Muda atau Tua! Ini 4 Orang Terkaya di Indonesia yang Usianya 40 Tahun

2. Jack Ma – Rp 538 triliunan

orang terkaya di china
Jack Ma. (Shutterstock)

Jack Ma bisa sukses dan kaya berkat perusahaan Alibaba Group yang didirikannya pada tahun 1999 silam. Perusahaan ini bergerak di bidang e-commerce, internet, hingga pembuatan teknologi-teknologi canggih.

Meski telah mundur dari posisi chairman di Alibaba, Jack Ma ternyata masih bertengger di papan atas orang terkaya China. Kekayaannya sebesar US$ 37,3 miliar atau Rp 538 triliunan, beda sedikit bila dibandingkan dengan Ma Huateng.

Baca juga: 4 Sosok Ini Lebih Tajir dari Orang Terkaya di Dunia, Ada yang Hartanya Rp 2.800 T

3. Hui Ka Yan – Rp 522 triliunan

orang terkaya di china
Hui Ka Yan. (Forbes)

Di urutan ketiga kali ini bukan datang dari dunia teknologi, melainkan dari pebisnis properti ternama. Hui Ka Yan, memiliki bisnis properti bernama Evergrande Group. Perusahaannya ini telah meladeni proyek-proyek di lebih dari 200 kota di China.

Hui juga memiliki unit usaha lainnya seperti rumah sakit, dan klub sepakbola Guangzhou. Berkat gurita bisnisnya itu, Hui memiliki kekayaan mencapai US$ 36,2 miliar atau Rp 522 triliunan

Baca juga: Dari Mark Zuckerberg hingga Elon Musk, Seberapa Mahal Harga Pakaian Mereka?

4. Wang Jianlin – Rp 326 triliunan

orang terkaya di china
Wang Jianlin. (ft.com)

Orang terkaya di China urutan keempat ini sangat menarik, karena ia merupakan mantan pegawai pemerintahan. Wang Jianlin tadinya adalah seorang staf di Pemprov Liaoning, tapi hasrat wirausahanya lebih dominan. Akhirnya ia membeli perusahaan properti yang nyaris bangkrut yaitu Dalian Wanda.

Siapa sangka, di tangannya, perusahaan properti tersebut justru meraih kesuksesan, bahkan bisa berkontribusi lebih bagi pundi-pundinya yang kini mencapai US$ 22,6 miliar atau Rp 326 triliunan.

5. Yang Huiyan – Rp 319 triliunan

orang terkaya di china
Yang huiyan.

Sejak 2007 Yang Huiyan telah menyandang sebagai perempuan paling tajir di China. Kekayaannya didapat dari perusahaan properti milik ayahnya Country Garden. Perusahaan tersebut sukses dan Yang mendapatkan bagian 70 persen sahamnya di tahun 2007 saat usianya baru 26 tahun.

Kemudian tak disangka-sangka, harga saham Country Garden melonjak dan mengantarkannya menjadi wanita terkaya. Kekayaan Yang kini mencapai US$ 22,1 miliar atau Rp 319 triliunan.

6. He Xiangjian – Rp 286 triliunan

orang terkaya di china
He Xiangjian. (Midea)

He Xiangjian sukses menjadi orang terkaya di China peringkat keenam berkat perusahaan Midea Group yang didirikannya. Midea adalah perusahaan elektronik yang bergerak di bidang pembuatan perabotan-perabotan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan masih banyak lagi.

Saking suksesnya, Midea juga memiliki pabrik di Vietnam, Korea, hingga Jerman. Kekayaan He Xiangjian pun ditaksir mencapai US$ 19,8 miliar atau Rp 286 triliunan.

7. Zhang Yiming – Rp 234 triliunan

orang terkaya di china
Zhang Yiming. (Forbes)

Berikutnya ada Zhang Yiming, sang pendiri Tik Tok. Platform berbagi video ini didirikan pada tahun 2016 silam. Tapi kehadirannya langsung disambut antusias warga dunia termasuk di Indonesia.

Semuanya jadi latah main Tik Tok sampai-sampai muncul artis baru si Bowo Tik Tok. Berkat ide cemerlangnya itu Zhang meroket masuk daftar 10 besar orang kaya China dengan kekayaan mencapai US$ 16,2 miliar atau Rp 234 triliunan.

8. William Ding – Rp 212 triliunan

orang terkaya di china
William Ding. (Forbes)

William Ding, merupakan pendiri NetEase yang merupakan rival dari Tencent. Kalau Tencent punya PUBG, NetEase punya Rules of Survival yang gak kalah seru juga. Tapi William cukup cerdik untuk mengembangkan bisnisnya, yaitu memilih bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan top seperti Microsoft dan Blizzard.

William berhasil menempati peringkat kedelapan orang terkaya di China dengan kekayaan US$ 14,7 miliar atau Rp 212 triliunan.

9. Li Shufu – Rp 196 triliunan

orang terkaya di china
Li Shufu. (Forbes)

Li Shufu merupakan konglomerat dibidang otomotif. Perusahaannya bernama Geely telah berhasil mengakuisisi Volvo, Ford, hingga memiliki sedikit saham di Mercedes.

Gurita bisnisnya itu kemudian membuatnya menempati posisi ke-9 sebagai individu paling tajir di China dengan harta US$ 13,6 miliar atau Rp 196 triliunan.

10. Colin Huang – Rp 195 triliunan

orang terkaya di china
Colin Huang. (Medium.com)

Gak cuma Alibaba saja, Pinduoduo juga menjadi e-commerce ternama di China. Bahkan, mereka mendapatkan suntikan dana dari Tencent. Pendiri dari Pinduoduo yaitu Colin Huang, kini menempati posisi orang terkaya di China urutan ke-10. Colin terbilang sangat muda, tapi inovasinya gak ada henti-hentinya. Ia kini memiliki harta sebesar US$ 13,5 miliar atau Rp 195 triliunan  

Itulah 10 orang terkaya di China yang hartanya mencapai ratusan triliun. Coba bandingkan dengan harta konglomerat media asal Indonesia, Chairul Tanjung misalnya yang kini menempati posisi ke-5 orang terkaya di Indonesia dengan harta US$ 3,7 miliar atau Rp 53 triliun. Hmm, kekayaan orang terkaya ke-10 di China ini 3 kali lipat lebih besar.

Tapi, kalau menilik kekayaan orang terkaya nomor satu di Indonesia, Michael Bambang Hartono yang tembus Rp 251 triliun, bos Djarum dan BCA itu udah setara dengan peringkat ke-7 orang terkaya di Negeri Tirai Bambu. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan