Salah Satunya dari Indonesia, Ini 8 Orang Paling Dermawan di Dunia yang Menyumbang Hartanya

4 menit
Michael Bloomberg, salah satu orang terkaya di dunia yang dermawan (Shutterstock).
Michael Bloomberg, salah satu orang terkaya di dunia yang dermawan (Shutterstock).

Menjadi orang terkaya di dunia mungkin menjadi impian banyak orang di dunia hari ini. Tapi bagi yang udah mencapainya hal itu bukan menjadi tujuan lagi sebab ada yang lebih penting yakni berbagi dengan sesama. Dari sekian banyak miliarder di dunia, siapa yang kira-kira paling dermawan, ya?

Dibandingkan mengurus perusahaan yang udah berdiri besar dan menghasilkan cuan ribuan triliun rupiah, para konglomerat justru lebih memilih melakukan kegiatan sosial yang bisa membantu banyak orang.

Fenomena kayak gitu sering kita kenal dengan istilah Filantropi. Maklum aja karena udah kebanyakan duit jadi orang-orang tersebut bisa jadi bingung menggunakannya untuk apa lagi.

Sisi baiknya tentu ini memberikan dampak yang positif kepada hidup banyak orang dan menyadarkan kalau uang itu bukanlah segalanya.

Daripada berlama-lama lagi mending kita lihat langsung aja nih orang terkaya di dunia yang paling dermawan berikut ini:

Baca juga: Jadi Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono Punya 2 Mobil dengan Total Kekayaan Rp 6,3 M

8. Eddy Sariaatmadja – Rp 11,4 miliaran

Orang Terkaya di Dunia
Eddy Sariaatmadja

Jangan melihat nominalnya, CEO dari perusahaan media Tanah Air PT Elang Mahkota Teknologi ini sempat masuk dalam orang paling dermawan di Asia versi Forbes tahun 2018.

Eddy sempat menyumbangkan sebagian hartanya untuk membiayai alat kesehatan di rumah sakit Royal Perth, Australia, sebesar Rp 11,4 miliaran.

Kita patut berbangga ada orang Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

7. Ma Huateng – Rp 28 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Ma Huateng

Mengutip dari CEO World, orang terkaya di dunia yang paling dermawan ketujuh adalah Ma Huateng. Ia adalah pria asal China yang mendirikan perusahaan bernama Tencent.

Nama Tencent pasti udah gak asing lagi buat kamu yang suka bermain game battle royal PUBG. Selain industri game perusahaan ini juga mencoba peruntungannya di industri film Hollywood  dengan ikut serta dalam produksi film Kong Skull Island dan Venom tahun 2017.

Dengan kekayaan mencapai Rp 466 triliun total uang yang ia donasikan kepada orang kurang mampu mencapai Rp 28 triliunan.

Baca juga: Mengenal Putra Mahkota Abu Dhabi yang Berinvestasi Rp 136 Triliun ke Indonesia

6. Michael Dell – Rp 28 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Michael Dell (Telegraph).

Keenam ada Michael Dell yang lahir di Houston, Amerika Serikat. Ia adalah pendiri sekaligus CEO dari perusahaan teknologi Dell Technologies.

Seperti yang kita ketahui salah satu produk yang dijual oleh korporasi ini adalah Laptop. Apakah kamu juga menggunakan perangkat tersebut nih, guys?

Dengan total harta menyentuh angka Rp 373 triliun, Michael Dell telah mendonasikan sebagian uangnya sebanyak Rp 28 triliunan.

5. Phil Knight – Rp 40 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Phil Knight

Nama orang terkaya di dunia yang satu ini juga mungkin kamu belum terlalu familiar karena jarang terekspos oleh media. Phil Knight adalah salah satu pendiri dari apparel olahraga Nike.

Bersama dengan koleganya Bill Bowerman, Phil mendirikan Nike semenjak tahun 1964 lalu. Kini brand ini telah menjadi salah satu penguasa fashion khususnya sepatu olahraga di dunia.

Kekayaan yang dimiliki Phil Knight mencapai Rp 443 triliunan dan udah menyisihkan sekitar Rp 40 triliunan untuk disumbangkan.

Baca juga: Budi Gunawan Kepala BIN Berharta Rp 10 M, tapi Cuma Punya Dua Mobil Ini

4. Carlos Slim – Rp 56 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Carlos Slim

Selanjutnya datang dari negara Meksiko ada pengusaha sekaligus filantropi yang lumayan terkenal di dunia.

Pada tahun 2010 sampai 2013 namanya terdaftar sebagai orang terkaya di dunia menyaingi Bill Gates. Uang yang masuk ke dalam dompetnya berasal dari posisinya sebagai CEO di salah satu perusahaan telekomunikasi America Movil. 

Carlos Slim menyimpan harta kekayaan sampai Rp 830 triliunan dan menyisihkan sekitar Rp 56 triliun diantaranya untuk donasi.

3. Michael Bloomberg  – Rp 84 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Michael Bloomberg (Telegraph).

Masuk ke 3 besar orang terkaya di dunia yang paling dermawan ada Michael Bloomberg seorang pebisnis yang namanya identik dengan sebuah media internasional asal Amerika Serikat.

Selama kariernya Michael Bloomberg juga sempat bermain di panggung politik bersama dengan partai Demokrat Amerika Serikat.

Dengan total harta menyentuh Rp 646 triliun, ia telah mendonasikan uang sebanyak Rp 84 triliun guna kegiatan sosial.

2. Bill Gates – Rp 574 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Bill Gates

Di urutan kedua ada orang yang emang dikenal dermawan di seluruh dunia yakni Bill Gates.

Orang terkaya di dunia ini sukses karena mendirikan perusahaan Microsoft ini sangat aktif dalam kampanye bertemakan penumpasan kemiskinan serta penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan. Ia juga memiliki yayasan bernama Melinda Gates Foundation untuk membantu kehidupan orang kurang mampu.

Harta yang berhasil dikumpulkan oleh Bill Gates ditaksir sekitar Rp 1.338 triliunan dan uang yang udah didonasikan menyentuh Rp 574 triliunan.

1. Warren Buffett – Rp 652 triliunan

Orang Terkaya di Dunia
Warren Buffett

Yang menyabet gelar orang terkaya di dunia sekaligus yang paling dermawan adalah Warren Buffett. Ia adalah pengusaha sekaligus pendiri dari restoran es krim Dairy Queen dan perusahaan baterai Duracell.

Mirip dengan Bill Gates, pria yang lahir tahun 1930 ini juga memiliki yayasan bernama Buffett Foundation yang didirikan tahun 1964 lalu.

Kekayaannya yang menyentuh Rp 1.185 triliunan sebagian besar ia sumbangkan sampai Rp 652 triliunan atau lebih dari 50 persen.

Nah itulah deretan 8 orang terkaya di dunia yang paling dermawan. Walaupun kehidupan mereka bergelimang harta tetapi itikad baik mereka untuk berbagi harus diapresiasi dan patut dicontoh oleh siapapun. (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1