3 Olahraga Ini Digemari Orang Terkaya Indonesia, Mana Favorit Kamu?

3 menit
Robert Budi Hartono (IG)
Robert Budi Hartono (Instagram)

Selain harta, keluarga orang terkaya di Indonesia juga sangat peduli dengan kesehatan. Pasalnya, kesehatan merupakan investasi utama. Ketika kesehatan gak terjaga, tentu saja sulit bagi kita bisa fokus bekerja atau cari duit.

Asal kamu tahu nih, keluarga Hartono yang juga menduduki peringkat terlima keluarga terkaya di Asia juga berbakat dalam dunia olahraga. Gak cuma satu jenis olahraga aja, bahkan ada tiga olahraga yang mereka geluti. Tapi jarang ada orang yang tahu, terutama yang ketiga.

Selain berbakat, keluarga orang terkaya di Indonesia 2018 juga berhasil mencetak banyak atlet berbakat. Hal ini juga sudah diketahui banyak orang.

Penasaran olahraga favorit keluarga pemilik Grup Djarum? Mari simak ulasannya di bawah ini.

Bulutangkis

Baik Robert Budi atau Michael Bambang Hartono merupakan penggemar olahraga bulu tangkis. Hobi itu diturunkan kepada putra Budi, yaitu Victor Hartono.

Sebagai bentuk tanggung jawab korporat, mereka bahkan mendirikan Persatuan Bulutangkis Djarum (PB Djarum) di Kudus pada tahun 1969. Jadi, gak hanya sekadar hobi aja lho!

PB Djarum telah mencetak atlet-atlet bulutangkis terbaik di sepanjang masa. Seperti Lim Swie King yang dijuluki “King Smash”, Alan Budi Kusuma, Liliana Natsir, dan Tontowi Ahmad.

Sampai detik ini, Victor Hartono kabarnya juga masih rutin bermain bulu tangkis. Bahkan, dia main di empat gym lho. Padahal, jika dilihat dari usianya, Victor sudah memasuki kepala empat.

Victor juga dikabarkan punya 10 raket. Masih semangat banget tentu ya dalam urusan main badminton.

Bridge

Salah seorang atlet Asian Games diberitakan menjadi orang terkaya di Indonesia 2018. Siapakah dia? Ternyata sosok Michael Bambang Hartono.

Bambang turun langsung dalam kejuaraan dunia bergengsi itu, dan dinobatkan sebagai atlet tertua. Namun, dia tetap bersinar, karena berhasil mendapatkan medali perunggu bersama duetnya, yaitu Bert Toar Polii.

Apa sih cabang olahraga yang digeluti Bambang? Ternyata, bridge. Sebuah permainan kartu yang gak hanya mengandalkan otak, tapi juga keberuntungan.

Bridge bisa dimainkan secara single (satu lawan satu) atau double (dua lawan dua). Setiap peserta bakal diberikan 13 kartu, dan kartu yang dia terima berbeda-beda.

Dan, setiap kartu juga punya nilai yang berbeda. Itu sebabnya mengapa main bridge sifatnya untung-untungan.

Setelah kartu itu mereka dapatkan, pertandingan pun dimulai. Peserta mengeluarkan kartu dengan nilai paling besar akan memenangkan satu putaran pertandingan. Dan, mereka yang menang akan diberikan kesempatan membuka permainan di babak selanjutnya.

Intinya, semakin sering seseorang memenangkan permainan ini, maka dialah yang resmi jadi pemenangnya.

Mungkin permainan ini tergolong sederhana, tapi jangan salah ini justru olahraga otak. Seseorang tentunya harus bisa mengalahkan lawannya dengan trik khusus, seperti mengeluarkan kartu dengan motif yang berbeda namun punya nilai tinggi.

Brazilian Jiujitsu (BJJ)

Got a visit from Martin Hartono & the Tatsujin boys. #FreewareFightClub

A post shared by Freeware Spaces Group (@freewarespaces) on

Nah, kira-kira siapa ya anggota keluarga orang terkaya di Indonesia 2018 yang hobi dengan olahraga yang satu ini? Ternyata, dia adalah Martin Hartono.

Tapi sebelumnya, apakah kamu sudah paham sama olahraga yang satu ini? Olahraga ini juga ada di Asian Games tapi namanya bukan Brazilian Jiujitsu, melainkan Jiujitsu NewAza. Sayangnya, gak ada altet Indonesia berhasil dapat medali emas di sana.

Olahraga ini lahir sebagai bentuk dari pengembangan beladiri Kodokan Judo yang dipelopori oleh Mitsuyo Maeda (murid Jigoro Kano) bersama keluarga Gracie dari Brasil.

Bedanya dengan Judo. Jika Judo, mereka berhasil membanting lawan akan dinobatkan sebagai pemenang. Tapi di BJJ, pertarungan ini tidak akan hanya terfokus pada bantingan atau sapuan, namun juga akan berlangsung di lantai (ground fighting).

Mereka yang memenangkan pertandingan yang membuat lawannya menyerah karena tehnik kuncian, atau bisa juga karena poin.

BJJ tampak seperti gulat. Namun, seorang atlet BJJ mengenakan baju kimono yang disebut Gi. Gi yang mereka kenakan cukup tebal seperti halnya Judo. Akan tetapi, ukurannya sesuai dengan ukuran badan.

Lantas, seperti apa kiprah Martin Hartono di dunia BJJ?

Martin adalah pendiri Universal Grappling, sebuah dojo atau sasana BJJ ternama di Indonesia. Martin merupakan seorang praktisi BJJ yang sudah menyandang sabuk cokelat. Sudah banyak pula atlet atau petarung andal berhasil dididik Martin Hartono.

Olahraga BJJ memang berbeda dengan beladiri lain. Tingkatan sabuk di BJJ dewasa adalah Putih-Biru-Ungu-Cokelat-Hitam-Merah. Untuk bisa meraih sabuk biru, seseorang bisa saja menghabiskan waktu kurang lebih tiga tahun.

Olahraga yang satu ini bukan olahraga murah. Selain harus bayar membership di dojo, mereka harus beli baju Gi yang harganya berkisar antara Rp 1,4 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Tak hanya itu saja, mereka juga harus mengikuti seminar yang harganya kurang lebih Rp 1 jutaan untuk dua atau tiga sesi saat kenaikan sabuk.

Gak heran kalau seseorang baru bisa menyandang sabuk hitam setelah 15 tahun berlatih. Di Indonesia, penyandang sabuk hitam BJJ pun masih bisa dihitung dengan jari lho.

Mendidik anaknya rajin olahraga

Itulah tiga olahraga yang ditekuni keluarga orang terkaya di dunia 2018. Gak nyangka kan kalau selain bulutangkis dan bridge, salah satu anggota keluarga mereka juga aktif di BJJ.

Armand Hartono, putra bungsu Robert Budi Hartono yang aktif sebagai bos BCA juga pernah mengatakan, sang ayah mendidik anak-anaknya rajin olahraga. Mengapa? Pasalnya, dengan tubuh yang sehat, kamu juga bisa mengatur usaha dan bisnis dengan baik.

Olahraga juga menuntut seseorang berkompetisi. Nah, bisnis itu juga penuh dengan kompetisi bukan? So, bisa ditarik kesimpulan nih kalau mereka yang rajin olahraga bisa lebih sukses daripada yang malas atau mager-mageran.

Ngomong-ngomong, olahraga favoritmu apa nih?

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.