Ada yang Punya Rp 170 T dan Ada Pendiri Facebook, Ini 7 Orang Terkaya di Singapura

4 menit
orang terkaya di singapura
Singapura. (Shutterstock)

Kita tahu bahwa sebagian warga Singapura udah hidup dalam taraf hidup yang di atas rata-rata. Jadi, bisa dibilang kehidupan mereka udah sangat dijamin oleh pemerintah. Walaupun demikian, banyak dari mereka yang tetap berusaha dan membuat bisnis yang bikin kekayaannya bikin geleng-geleng kepala.

Hampir setiap tahun media-media internasional selalu mengupas tentang harta para Taipan dunia yang berkecimpung di dunia bisnis maupun investasi. Jumlahnya semakin hari semakin banyak tanpa mengenal batas. 

Nama-nama orang terkaya dunia seperti Warren Buffett, Bill Gates dan Carlos Slim langganan masuk dalam daftar beberapa tahun belakangan ini. Salah satu alasannya adalah karena mereka selalu mencatatkan cuan yang meningkat jumlahnya. 

Namun, jarang sekali terekspos nama-nama dari Asia Tenggara, khususnya Singapura, yang masuk dalam daftar tersebut.

Nah daripada penasaran, mending kita lihat langsung aja nih daftar 7 orang terkaya di Singapura yang memiliki harta puluhan hingga ratusan triliun.

Baca juga: Biaya Hidup per Keluarga di Singapura Rp 50 Juta per Bulan, Berapa Pendapatannya?

7. Kwee bersaudara – Rp 76 triliunan

orang terkaya singapura
PM Singapura Lee Hsien Loong. (mustsharenews.com)

Mengutip dari Forbes, yang jadi orang terkaya nomor 7 di Singapura adalah Kwee bersaudara. Mereka adalah Kwee Liong Keng, Kwee Liong Tek, Kwee Liong Seen and Kwee Liong Phing.

Salah satu bisnis yang bikin keluarga Kwee kaya raya adalah usahanya di bidang properti, Pontiac Land. Selain itu, Kwee bersaudara juga memiliki beberapa hotel yang berlokasi di Singapura.

Tercatat, harta kekayaan yang dimiliki oleh Kwee bersaudara mencapai Rp 76 triliunan.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

6. Wee Cho Yaw – Rp 91 triliunan

orang terkaya singapura
Wee Cho Yaw. (Forbes)

Selanjutnya ada orang terkaya bernama Wee Cho Yaw yang merupakan mantan chairman dari United Overseas Bank di Singapura. Ayahnya, Wee Khiang Cheng, mendirikan perusahaan ini pada tahun 1935 silam.

Sebagai informasi, perusahaan ini adalah bank pemberi pinjaman terbesar ketiga di negara tersebut. Salah satu aset terbesar yang dimilikinya adalah 45 unit apartemen di kawasan The Nassim, Singapura, yang terkenal eksklusif.

Dengan karier dan harta yang dimiliki, Wee Cho Yaw punya total kekayaan yang ditaksir mencapai Rp 91 triliunan.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

5. Keluarga Khoo – Rp 95 triliunan

orang terkaya singapura
Keluarga Khoo. (mustsharenews.com)

Duduk di urutan kelima ada keluarga Khoo yang dinakhodai oleh Khoo Teck Puat. Namun, pria ini udah meninggal pada tahun 2004 yang lalu. 

Sumber uang yang dihasilkan oleh keluarga ini berasal dari bisnis penginapan hotel dan butik Goodwood Group di London, Inggris.  Selain itu, keluarga Khoo juga memiliki saham di bank ternama Standard Chartered. 

Total kekayaan dari keluarga Khoo diperkirakan menyentuh Rp 95 triliunan.

4. Kwek Leng Beng – Rp 108 triliunan

orang terkaya singapura
Kwek Leng Beng. (Forbes.com

Keempat, ada orang terkaya di Singapura yakni Kwek Leng Beng. Ayahnya merupakan pendiri dari Hong Leong Group yang berdiri pada tahun 1941.

Di Hong Leong Group sendiri, Kwek Leng Beng dipercaya menduduki posisi sebagai executive chairman. Di luar Singapura ia juga memiliki aset berharga seperti di China, Inggris dan Australia.

Tercatat, total harta kekayaan Kwek Leng Beng menyentuh angka Rp 108 triliunan.

3. Goh Cheng Liang – Rp 133 triliunan

orang terkaya singapura
Goh Cheng Liang. (Forbes.com)

Selanjutnya ada Goh Cheng Liang yang masuk dalam daftar orang terkaya di Singapura nomor 3. 

Salah satu sumber kekayaannya adalah kepemilikan saham sebesar 39 persen di perusahaan cat tembok asal Jepang yakni Nippon Paint.

Nippon Paint sendiri adalah perusahaan cat terbesar keempat di dunia. Pantas aja jumlah kekayaan Hog Cheng Liang menyentuh angka Rp 133 triliunan sekarang ini.

2. Eduardo Saverin – Rp 157 triliunan

orang terkaya singapura
Eduardo Saverin

Berada di posisi runner up orang terkaya di Singapura ada Eduardo Saverin yang sebetulnya lahir di Brasil lalu memilih untuk menetap di negara Singapura. 

Eduardo Saverin merupakan salah satu pendiri Facebook bersama dengan Mark Zuckerberg dan Dustin Moskovitz. Jumlah sahamnya di perusahaan media sosial itu diperkirakan 2 persen.

Walaupun baru berumur 37 tahun tapi Eduardo Saverin udah memiliki harta Rp 157 triliun.

1. Robert dan Philip Ng – Rp 170 triliunan

orang terkaya singapura
Robert dan Philip Ng. (Straittimes.com)

Yang menyabet gelar orang terkaya di Singapura adalah Robert dan Philip Ng yang memiliki bisnis di bidang properti.  Di dunia sendiri mereka berdua berada di posisi ke 112 daftar orang terkaya.

Kedua orang ini memiliki kendali yang lumayan besar di perusahaan Far East Organization, sebuah perusahaan real estate terbesar di Singapura.

Jumlah kekayaan mereka digadang-gadang mencapai Rp 170 triliunan lho!

Nah itulah 7 orang terkaya di Singapura yang memiliki kekayaan sampai ratusan triliun. Bisa dilihat bahwa beberapa nama di atas, harta kekayaannya masih dihitung secara kolektif bersama anggota keluarganya. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1