Ini Deretan Orang Terkaya di Inggris Terbaru, Hartanya 524 Miliar Poundsterling

2 menit
Ilustrasi London, Tempat Tinggal Orang Terkaya Inggris (Shutterstock)
Ilustrasi London, Tempat Tinggal Orang Terkaya Inggris (Shutterstock)

Adik-kakak keturunan warga Inggris keturunan India Sri dan Gopi Hinduja, bertengger selama tiga tahun berturut-turut menjadi orang terkaya di Inggris. Total kombinasi kekayaan mereka mencapai 22 miliar poundsterling (Rp 413 triliun).

Keluarga itu menduduki peringkat terkaya versi The Sunday Times. Kekayaan Sri dan Gopi meningkat 1,356 miliar tahun lalu sehingga menjadikan kekayaannya mencapai 22 miliar poundsterling.

Bisnis keluarga Hinduja Group didirikan di Mumbai pada 1914. Kini aset mereka tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk di bidang minyak dan gas, teknologi informasi, dan properti.

Sri, yang kini berusia 83 tahun, dan Gopi 79 tahun merupakan warga Inggris yang tinggal di London. Mereka adalah dua dari empat bersaudara yang mengendalikan kerajaan bisnis.

Deretan Orang Terkaya Inggris

Salah satu properti yang dimiliki adalah Old War Office di Whitehall di mana mereka berharap bisa dibuka kembali menjadi hotel mewah. Peringkat kedua diduduki oleh saudara kandung David dan Simon Reuben.

Mereka mendapatkan kekayaan dari bisnis properti, karpet, dan baja dengan nilai kekayaan 18,664 miliar poundsterling (Rp 351 triliun).

David 80 tahun, dan Simon 77 tahun, memiliki properti di London senilai 1 miliar poundsterling tahun lalu. Termasuk Curtain Hotel di Shoreditch dan properti di blok Piccadilly senilai 132 miliar poundsterling.

Juli lalu, mereka menjual 2,1 miliar saham di pusat data Global Switch. Sedangkan pendiri perusahaan kimia Sir Jim Ratcliffe justru turun ke peringkat ketiga.

Nilai kekayaan Ratchliffe mengalami penurunan sebanyak 2,9 miliar poundsterling sejak tahun. Pengusaha yang tinggal di Manchester itu kini memiliki nilai kekayaan mencapai 18,15 miliar poundsterling (Rp 342 triliun).

The Sunday Times mengestimasi 1.000 orang terkaya di Inggris dengan mengidentifikasi berdasarkan kepemilikan tanah, properti, aset seperti barang seni dan saham di perusahaan. Namun, kekayaan tersebut tidak termasuk jumlah uang pada rekening para miliarder tersebut.

Sedangkan penemu Sir James Dyson–yang berkampanye untuk Brexit dan berencana memindahkan kantor pusat bisnisnya ke Singapura-berada di peringkat kelima. Naik dari peringkat 12 tahun lalu. Kemudian, Kirsten Rausing, yang menjadi bagian keluarga Rausing dengan raksasan perusahaan minuman Tetra Pak, menjadi perempuan terkaya di Inggris.

Bersama dengan saudara kandungnya, Jorn Rausing menduduki peirngkat keenam dengan nilai kekayaan 12,256 miliar. Sedangkan Sir Philip Green dan istrinya, Tina, berada pada peringkat 156 atau menurun dari peringkat ke-66 tahun lalu.

Sebagian Besar Tinggal di London

Dalam pandangan Robert Watts, penulis kompilasi orang kaya versi The Sunday Times, tahun ini menjadi tahun penuh tantangan bagi orang kaya dan para miliarder. “Tapi, banyak orang kaya mengalami kerugian akibat turbulensi di pasar saham dan ketegangan politik di Westminster,” seperti dikutp dari wartaekonomi.co.id yang melansir BBC.

Watts mengungkapkan, teknologi kini menciptakan banyak kekayaan dan menjadi terobosan yang penting. “Kita menemukan banyak pengusaha mendapatkan kekayaan dari ritel fashion online, aplikasi kencang, dan menciptakan video YouTube,” tuturnya.

Dia menambahkan, belanja online terus berdampak pada bisnis ritel di Inggris di mana terjadi penurunan tajam dan perubahan besar pada pengusaha tradisional. Namun, beberapa brand ternama Inggris seperti The Entertainer, Lush dan Hotel Cocolat masih bisa mendapatkan keuntungan besar.

Dari 1.000 orang terkaya di Inggris, terungkap sebagian besar tinggal di London. Adapun yang masuk dalam daftar tersebut adalah orang terkaya dengan 22 miliar poundsterling dan paling rendah adalah orang dengan kekayaan 120 juta poundsterling.

“Untuk masuk dalam daftar orang kaya, mereka harus memiliki kekayaan 120 juta poundsterling,” jelasnya.

Jumlah kekayaan orang kaya tersebut mencapai 524,843 miliar poundsterling atau mengalami peningkatan dari 480,451 miliar tahun lalu, naik 9,2 persen.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan