Ini Rahasia Orang Tionghoa Sukses di Mana Aja dan Kaya Raya

3 menit
Rahasia sukses orang Tionghoa

Beberapa konglomerat seperti Jack Ma atau Ma Huateng pendiri dan CEO Tencent, hingga Ciputra maupun Robert Budi Hartono masuk dalam list orang Tionghoa yang sukses menguasai ekonomi dunia. Ternyata, ada prinsip orang Tionghoa yang membuat mereka sukses.

Emang sih suku gak menentukan kesuksesan seseorang, melainkan dari diri sendiri. Apapun sukunya. Tapi, bukan hoax dan mau rasis, sejumlah konglomerat dunia dikuasai suku Tionghoa.

Mungkin kamu bakal bertanya-tanya, orang Tionghoa kok bisa sih sukses dalam urusan karier dan kaya raya? Apa sih rahasianya?

Buat kamu yang ingin tahu, berikut delapan prinsip hidup mereka yang bisa kamu ikuti:

Gemar menabung dan berinvestasi

Menabung dan berinvestasi
Menabung dan berinvestasi

Ini rahasia utama mereka bisa sukses secara finansial. Begitu mereka mendapatkan uang, langsung ditabung dan berinvestasi ke reksadana atau deposito.

Uang yang mereka tabung atau investasikan 75-80 persen, sisanya baru untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Senang berpenampilan sederhana

Berpenampilan sederhana
Berpenampilan sederhana

Rata-rata orang Tionghoa tidak suka memamerkan kekayaan lewat penampilan. Simak saja bagaimana orang Tionghoa berpakaian.

Mereka jarang memakai baju mahal atau perhiasan mewah. Mereka baru menggunakan baju mewah saat peringatan Hari Raya dan acara penting keluarga.

Biasa membeli barang secara tunai

Membeli barang secara tunai
Membeli barang secara tunai

Berbeda dengan kaum #crazypoorasians yang masih membeli barang secara kredit, orang Tinghoa lebih suka beli dengan tunai.

Mereka sadar bunga kredit itu justru memberatkan di kemudian hari. Tabungan mereka pun digunakan untuk membeli barang secara kontan.

Lebih suka masak sendiri daripada beli makanan siap saji

Memasak sendiri di rumah
Memasak sendiri di rumah

Orang Tionghoa bisa hemat karena lebih suka memproduksi sendiri daripada membeli, termasuk dalam urusan memasak.

Pekerja keras dengan semangat tinggi

Pekerja keras
Pekerja keras

Pepatah Ann Wan Seng ini mengajarkan, gak ada cara lain untuk sukses selain keras keras dan rajin. Bahkan, bekerja keras dan lebih rajin daripada orang lain.

Nah, prinsip itulah yang betul-betul dijalankan mereka. Saat orang biasa menghindari lembur, orang Tionghoa malah mencarinya.

Menurut mereka, lembur merupakan lahan bagus untuk menunjukkan semangat kerja tinggi dan memperoleh penghasilan tambahan.

Rajin mencari pekerjaan sambilan

Pekerjaan sampingan
Pekerjaan sampingan

Pepatah berakit-rakit ke hulu, “berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian”, tampaknya pas untuk menggambarkan kondisi orang Tionghoa yang rajin mencari ladang tambahan.

Saat sebelum sukses, orang Tionghoa yang sadar betul pendapatan dari satu pekerjaan tak bisa memenuhi kebutuhan hidup, membuat mereka mencari pekerjaan sambilan. Mulai dari berjualan online, mengajar les, atau jadi sopir kendaraan online pun mereka lakoni.

Lebih banyak disukai bos karena etos kerja yang tinggi

Disukai bos
Disukai bos

Orang Tionghoa gemar bekerja dan menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna. Itulah alasan kenapa mereka dicintai para bos di kantor.

Pekerjaan yang diserahkan pada mereka, diselesaikan dengan cepat dan tuntas. Gak heran kalau karier mereka bisa melonjak cepat.

Mementingkan manfaat, bukan cuma gengsi

Mementingkan manfaat bukan gengsi
Mementingkan manfaat bukan gengsi

Orang Tionghoa paham suatu barang lebih penting punya nilai guna daripada gengsi. Karena itu, mereka akan mementingkan alasan utilitas atau kegunaan barang tersebut dibandingkan hanya karena gengsi.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong