Pablo Benua Eks Anggota DPRD yang Terseret Investasi Bodong Sampai Pemalsuan Nama

3 menit
pablo benua
Pablo Benua memiliki 5 fakta tentang dirinya (Instagram/@reyutami)

Pablo Benua dan istrinya, Rey Utami kini sedang jadi perbincangan karena terseret kasus ikan asin antara Galih Ginanjar dan Fairuz A. Rafiq. Atas kasus tersebut, Pablo dan Rey turut dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Fairuz. 

Kehidupan pasangan selebriti yang mengaku miliuner ini pun menjadi sorotan. Terutama, Pablo Benua, yang sebelum kasusnya dengan Fairuz juga memiliki fakta beragam serta kasus kontroversial lain. 

Apa fakta tentang Pablo Benua dan sederet kasus yang pernah dialaminya? Yuk, simak ulasannya seperti dirangkum MoneySmart berikut:

Mantan anggota DPRD

pablo benua
Pablo Benua (Instagram/@reyutami)

Ditelisik dari jejak kariernya, Pablo Benua ternyata pernah menjadi mantan anggota DPRD, sampai memiliki banyak bisnis.

Mengutip pemberitaan Nova.ID, pemilik nama Pablo Putra Benua itu juga diketahui pernah menjadi anggota DPRD Sumatera Utara pada tahun 2009-2014. 

Suami Rey Utami ini juga sempat jadi bakal calon Wali Kota Medan tahun 2015-2020. Namun, tak diketahui sebabnya, Pablo Benua akhirnya mengundurkan diri.

Gemar memamerkan kehidupan mewah

pablo benua
Pablo Benua (Instagram/@reyutami)

Pablo yang mengaku tajir melintir kerap memamerkan kekayaannya. Salah satunya, sederet mobil mewah dari Lamborghini, Mini Cooper, sampai Ferrari.

Pria 39 tahun itu juga kerap memamerkan jam tangan mewah dalam postingannya di Instagram. Bisnisnya pun juga bergelut di bidang otomotif.

Baca juga: Terletak di Cluster Elit, Beginilah Penampakan Rumah Mewah Fairuz A Rafiq

Tahun 2010, Pablo Benua mendirikan IBis Credit Company yang bergerak dalam usaha program pembelian kendaraan roda dua dan roda empat dengan sistem Hak Guna Pakai. Ada juga bisnis properti yakni Aria LTD, dan distributor minuman.

Investasi bodong

pablo benua
Pablo Benua (Instagram/@reyutami)

Selain fakta mengenai dirinya, Pablo juga pernah terjerat kasus investasi bodong pada tahun 2017 lalu. 

Seperti dikutip dari Tirto.id, perusahaan investasinya, PT. Inti Benua Indonesia ditutup paksa oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena termasuk dalam daftar investasi yang berpotensi merugikan masyarakat.

Dari rilis yang dikeluarkan OJK, perusahaan ini telah dua kali dipanggil oleh Satgas Waspada Investasi pada 5 Oktober dan 31 Oktober 2016. Namun, Pablo tak hadir kala itu. 

Alasan OJK lantaran salah satu program mereka bernama IBISS4 PRO yang memungkinkan kliennya menggunakan mobil/motor yang diinginkan tanpa membayar cicilan bulanan atau pajak dan asuransi.

Pemalsuan nama

Pablo Benua
Pablo Benua (Instagram/@reyutami)

Seperti dilansir dari Liputan 6, Pablo juga sempat terseret kasus pemalsuan nama. Nama Pablo Benua bukanlah nama aslinya, melainkan Frederick Anggasastra.

Dia mengganti namanya menjadi Pablo Putra Benua di Kartu Tanda Penduduk miliknya. Itu terungkap setelah perusahaannya, PT. Inti Benua Indonesia bermasalah.

Perusahaan tersebut memiliki banyak kejanggalan. Mulai dari surat notaris, nomor NPWP palsu, dan nama perusahaan yang tidak bisa terlacak dalam database perusahaan di Indonesia.

Klaim Risa Saraswati pembohong

Pablo Benua
Pablo Benua (Instagram/@reyutami)

Pablo yang mengaku mampu melihat dan berkomunikasi dengan makhluk gaib sempat menjadi pembicaraan hangat usai mengomentari konten video horor milik Risa Saraswati, Jurnalrisa. 

Banyak netizen menilai ayah dua anak itu sedang panjat sosial (pansos) lantaran dia menyebut sosok arwah-arwah yang disebutkan Risa di videonya itu tidak ada alias setting-an.

“Dengan mataku yang bisa melihat hal-hal begitu. Aku nonton tuh video. Nggak ada tuh makhluk halus di video itu. Di beberapa videonya Jurnalrisa, nggak ada. Aku bisa melihat mana yang bener dan mana yang nggak. Aku bisa melihat makhluk itu sesuai nggak posisi seperti yang diomongin,” ungkapnya.

“Makanya kenapa aku sangat yakin sekali bahwa apa yang dilakukan Jurnalrisa dalam video itu adalah hal yang sebenarnya tidak terjadi. Settingan,” sambungnya.

Namun, kasus Pablo dengan Risa Saraswati tidak sampai berurusan ke pihak kepolisian. 

Itulah lima fakta Pablo Benua yang kini  terseret kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Galih Ginanjar terhadap mantan istrinya, Fairuz A. Rafiq.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!