Pacar Ngaku Terlilit Utang, Kamu Harus Gimana? Lakukan 6 Hal Ini

3 menit

Saat pacaran, gak selalu hal asyik-asyik aja yang kamu alami. Salah satu hal pahit yang harus kamu telan, pacar mengaku terlilit utang.

Eits, jangan langsung ngambil keputusan putus saat pacar mengakui hal itu! Justru, sikap dewasa kamu bakal diuji.

Daripada langsung menghakimi, kamu bisa lakukan beberapa tindakan berikut sebelum memutuskan lanjut atau gak. Toh emang kamu punya hak buat memilih lanjut atau gak karena status kalian masih pacaran.

Apa yang bisa kamu lakukan bila ternyata pacar terlilit banyak utang? Yuk, ikuti panduan berikut ini:

1. Diskusikan jumlah utang pasangan

Mengkomunikasikan jumlah utang pasangan
Mengkomunikasikan jumlah utang pasangan

Yang pertama kali kamu bisa lakukan tentu aja diskusi dengan kepala dingin. Anjurkan pasangan kamu buat jujur berapa jumlah utang dia sebenarnya.

Pasalnya, dari sini kamu juga bakal tahu apakah pasangan punya keberanian buat jujur atau gak.

2. Cari tahu penyebabnya

Cari tahu pasangan berutang
Cari tahu pasangan berutang

Jangan langsung menghakimi pacar kamu bila dia terlilit utang. Ada utang yang terjadi di luar kendali.

Misalnya, dia berutang buat usaha atau pendidikan. Tapi, ternyata usahanya bangkrut atau dia gak bisa membayarnya karena hal yang di luar kendalinya.

Ada pula yang emang berutang karena kesalahannya sendiri. Pasalnya, sang pacar mungkin terlalu boros atau punya gaya hidup di atas kesanggupannya. Nah, kalau yang ini, coba tanyakan apakah dia ingin mengubah sikapnya tersebut atau gak.

3. Pastikan pacar berusaha bayar utang

Membayar utang
Membayar utang

Setelah tahu alasan dan penyebabnya, kamu mesti pastikan pasangan emang berusaha buat membayarnya. Ada baiknya jangan bikin kesan kalau kamu yang bakal bayarin utang dia.

4. Tanyakan pada diri sendiri apakah gak masalah pacar punya banyak utang

Pastikan diri gak apa pasangan berutang
Pastikan diri gak apa pasangan berutang

Yang pasti, kamu harus menanyakan kepada diri sendiri apakah gak keberatan dengan track-record pacar kamu.

Kalian masih dalam status pacaran kan. Jadi, kamu bisa pilih apakah mau melanjutkan hubungan dengan seseorang yang terlilit banyak utang atau gak. Toh belum ada ikatan secara hukum.

Kalau kamu gak masalah, kamu bisa lakukan hal selanjutnya.

5. Jadi pasangan suportif buat dukung pacar terbebas dari banyak utang

Jadi pasangan suportif
Jadi pasangan suportif

Jadi pasangan yang suportif gak selalu harus kamu yang ambil alih tanggung jawab, lho! Kamu bisa dukung pacar dengan bantu dia mencapai goal dia buat terbebas dari hal itu.

Caranya? Pantau pacar buat punya budgeting yang baik setiap bulan. Kemudian, kamu bisa membiasakan pacar menikmati kegiatan pacaran yang lebih hemat.

Kalau kamu mau bantu pacar menyelesaikan utang-utangnya, ingat kamu bukan mengambil tanggung jawabnya. Yap! Tanggung jawab buat selesaikan utang tersebut tetap ada di tangan pacar kamu. Dengan gitu, dia gak menyepelekan meminjam uang.

Kalau emang pacar menunjukkan progress positif buat menyelesaikan utangnya, kamu pun bisa lanjutkan hubungan kalian ke jenjang lebih serius.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.