Pakar: 3 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mengganti Asuransi Kesehatan

3 menit
Asuransi Kesehatan (Shutterstock).
Asuransi Kesehatan (Shutterstock).

Memiliki asuransi kesehatan memang sangat disarankan. Terlebih jika kamu sudah memiliki anggota keluarga baru, terutama anak, sangat memerlukan asuransi ini. Memang tak dapat dipungkiri, premi asuransi jenis ini tergolong mahal. Tetapi memiliki asuransi kesehatan dapat membantu kamu jika terjadi sesuatu yang gak diinginkan kelak. 

Dengan asuransi ini, bisa memudahkan proses pengobatan dan perawatan jika kamu atau keluarga jatuh sakit. Selain itu, asuransi kesehatan juga memberikan jaminan perlindungan untuk kondisi keuangan serta keluarga ketika kamu sakit.

Tetapi nyatanya dengan memiliki asuransi saja, kamu perlu memerhatikan hal lain. Secara umum gaya hidup akan berubah, kebutuhan lain setiap harinya pun ikut bertambah. Untuk itulah penting kiranya untuk meluangkan waktu dan membandingkan antara satu asuransi dengan yang lain. 

Menurut seorang pakar keuangan, Eric Roberge, ada beberapa tanda seseorang harus mulai memikirkan kembali fasilitas asuransi miliknya. Apa aja sih? Melansir laman Liputan6 berikut ulasannya. 

1. Perubahan hidup

Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan untuk keluarga (Shutterstock)

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah adanya perubahan dalam hidup. Perubahan tersebut seperti menikah, bercerai, memiliki anak dan yang lainnya. Perubahan lain yang gak kalah penting adalah membeli rumah atau kendaraan.

Selain itu, jika kamu sudah memiliki rencana membangun bisnis, meninjau kembali asuransi pun perlu dilakukan, karena tentu ini akan memengaruhi keuangan. 

2. Penghematan

Asuransi Kesehatan
Menabung (Shutterstock).

Jika ada dari kamu yang saat ini sedang melakukan penghematan uang demi urusan lebih penting gak ada salahnya meninjau kembali asuransi. Pasalnya biaya asuransi kesehatan seringkali mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Ini akan mengganggu sistem keuanganmu jika sedang melakukan penghematan. Gak ada salahnya untuk meninjau kembali apakah layanan kesehatan yang kamu miliki saat ini sudah sesuai atau belum. 

3. Kebutuhan kesehatan berubah

Asuransi Kesehatan
Healthcare (Shutterstock).

Eric mengatakan, bahwa perlindungan asuransi kesehatan di masa lalu tidaklah cocok dengan yang ada saat ini. Perlindungan asuransi kesehatan yang tepat adalah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Itupun juga harus disesuaikan dengan fisik setiap orang. Baik dari segi kesehatan maupun finansial. 

Manfaat Besar Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan
Form Insurance (Shutterstock).

Selain memudahkan kamu dalam proses pengobatan, ada manfaat lain lho dari asuransi ini. Kamu gak perlu memikirkan biaya Rumah Sakit, juga tidak merepotkan. Nah apa aja sih manfaat asuransi kesehatan yang lainnya? 

1. Tak perlu pusingkan biaya

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu gak usah pusing masalah biaya jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak menyenangkan. Misalnya kecelakaan, atau bahkan terpapar penyakit berbahaya. Asuransi ini akan membantu kamu dalam hal biaya perawatan. Asuransi jenis ini sering juga dianggap sebagai persiapan dalam menghadapi risiko kesehatan yang datang tiba-tiba. 

2. Tidak merepotkan

Memiliki asuransi tentu tidak merepotkan orang lain ketika kamu jatuh sakit. Jatuh sakit memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan memiliki asuransi, biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga kamu dan keluarga tidak perlu khawatir.

3. Membantu mengalokasikan uang

Asuransi sering juga dianggap sebagai investasi, yang mana jika kamu perlukan bisa digunakan dengan baik. Memiliki asuransi ini mengharuskan kamu untuk bayar premi secara rutin setiap bulannya. Hal ini dengan rutin menyisihkan penghasilanmu untuk membayar premi tersebut. Dengan begitu, pembagian uang pun akan jelas setiap bulannya.

Nah itu tadi manfaat asuransi kesehatan dan tanda-tanda yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menggantinya. Apapun asuransi yang kamu pilih tetap disiplin untuk membayar preminya ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be