Panduan Cara Bikin Nomor Pokok Wajib Pajak Sesuai Status Kerja

Siapa bilang cara bikin Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) itu ribet? Faktanya gak gitu kok.

Ada dua cara bikin NPWP. Pertama, datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, dan kedua daftar via situs resminya. Kalau kamu daftar online,  kartunya nanti bakal dikirimkan ke alamat kamu, lho! Praktis banget, kan?

Perlu kamu tahu kalau punya NPWP itu penting banget. Misalnya, kamu perlu NPWP buat buka rekening di bank. Beberapa keperluan lain yang memerlukan NPWP di antaranya:

  • Bikin kartu kredit
  • Investasi saham
  • KPR atau Kredit Pemilikan Rumah
  • KKB atau Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor
  • KTA atau Kredit Tanpa Agunan
  • Kredit Multi Guna

Langsung aja deh, berikut panduan buat bikin NPWP buat berbagai profesi dan status.

[Baca: Ini Dia Akibat Tidak Memiliki NPWP, Urusan Sama Bank Susah]

Syarat Dokumen yang Kamu Butuhkan Buat Daftar NPWP

Cara Bikin Nomor Pokok Wajib Pajak
Bikin NPWP gampang kok! (genmuda)

1. Status karyawan atau PNS

Beberapa dokumen yang kamu perlukan, antara lain:

  • Fotokopi kartu identitas. Buat yang berstatus WNI bisa lampirkan fotokopi KTP, sementara WNA gunakan paspor atau surat izin tinggal
  • Surat keterangan bekerja dari perusahaan dan bagi PNS bisa lampirkan SK Pengangkatan PNS
  • Formulir pendaftaran NPWP, isi dengan sesuai data diri

2. Status wiraswasta

Buat kamu yang berstatus pekerja wiraswasta alias punya usaha sendiri, wajib lampirkan dokumen berikut:

  • Fotokopi kartu identitas (KTP)
  • Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau surat izin usaha dari petugas kantor desa
  • Surat pernyataan bahwa kamu benar berstatus pekerja wiraswasta. Lengkapi dengan materai. Format surat kamu bisa ambil dari KPP (Kantor Pelayanan Pajak) sesuai domisili, KTP, atau unduh di Internet
  • Formulir pendaftaran NPWP, isi dengan lengkap sesuai data diri

3. Status pekerja lepas (freelancer) bukan wiraswasta

Buat kamu yang berstatus pekerja lepas alias freelancer yang bukan wiraswasta, dokumen yang kamu butuhkan adalah:

  • Fotokopi kartu identitas diri (KTP).
  • Surat keterangan bahwa kamu adalah pekerja lepas dari kepala desa setempat.
  • Surat pernyataan wajib pajak yang menyatakan bahwa kamu benar-benar pekerja lepas.
  • Bukti pembayaran listrik.
  • Formulir pendaftaran NPWP, isi dengan lengkap sesuai data diri.

4. Status belum bekerja

Buat kamu yang berstatus belum bekerja, kamu tetap bisa bikin NPWP kalau kamu pengin. Petugas Pajak gak bakal mempersulit proses pendaftarannya. Berikut dokumen yang kamu perlu siapkan:

  • Fotokopi kartu identitas diri berupa KTP.
  • Formulir pendaftaran NPWP, isi dengan lengkap sesuai data diri.

5. NPWP buat perempuan yang udah menikah

Buat perempuan yang udah menikah, kamu bisa pilih apakah pajak kamu bakal digabung atau dipisah dengan suami. Nah, buat kamu yang pajaknya dipisah, biasanya berdasarkan alasan tertentu. Beberapa alasannya, antara lain keputusan hakim, kehendak tertulis pribadi, ataupun keputusan bersama.

Kamu bisa melampirkan dokumen berikut:

  • Fotokopi kartu identitas diri (KTP).
  • Fotokopi KK atau Kartu Keluarga.
  • Fotokopi NPWP suami.
  • Surat keputusan hakim atau pernyataan tertulis yang menjelaskan pemisahan pajak suami dan istri.
  • Jika gak bikin pernyataan tertulis sebenarnya bisa, istri bisa daftar NPWP dengan memilih status pekerjaan sendiri. Dengan gitu, NPWP bakal dibikin terpisah.
  • Formulir pendaftaran NPWP, isi dengan lengkap sesuai data diri.

[Baca: Ini Lho Fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak Buat Pundi Tabunganmu]

Cara Bikin Nomor Pokok Wajib Pajak Secara Offline

formulir pendaftaran npwp
Kantor Pelayanan Pajak (ruteloka)

Buat kamu yang pengin tahu cara bikin Nomor Pokok Wajib Pajak secara offline, kamu cukup bawa semua dokumen lengkap yang diminta. Sesuaikan dokumen dengan profesi kamu saat ini.

Setelahnya, kamu bisa datang ke KPP atau Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Di sana kamu isi formulir pendaftaran NPWP dan serahkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Sebagian besar KPP menerapkan pemberian kartu NPWP di hari itu juga. Jadi, kamu gak perlu bolak-balik buat mengurus NPWP.

Cara Bikin NPWP Secara Online

Pengin lebih cepat lagi? Coba deh cara bikin NPWP secara online. Kamu gak perlu datang ke KPP terdekat, bahkan kartunya nanti bakal dikirimkan ke alamat kamu.

Berikut panduan lengkapnya:

  1. Daftar melalui website https://ereg.pajak.go.id/login
  2. Pilih menu “Daftar” di bagian bawah.
  3. Ikuti instruksi yang diberikan, isi dengan alamat e-mail kamu dan instruksi captcha.
  4. Masuk ke akun e-mail kamu dan cek dari [email protected]. Klik tautan verifikasi yang ada di sana.
  5. Kamu bakal diarahkan ke tautan yang berisi formulir yang mesti kamu isi buat bikin akun di website Pajak.go.id tersebut.
  6. Selanjutnya aktifkan akun kamu dan isi formulir yang ada di situs Pajak.go.id tersebut. Bila kamu berstatus freelancer, kamu bisa pilih pekerjaan “pegawai swasta” aja guna mempermudah dapat NPWP. Kemudian, isi informasi terkait alamat kamu.
  7. Cek e-mail kamu buat melihat nomor transaksi dari Ditjen Pajak. Pilih KPP yang sesuai dengan daerah KTP kamu biar gampang.
  8. Tunggu kartu NPWP bakal dikirimkan ke alamat kamu.

[Baca: Kartu NPWP Hilang? Begini Lho Cara Mudah Mengurusnya]

Setelah jadi, NPWP udah bisa kamu gunakan buat berbagai kepentingan administrasi perbankan maupun pemerintahan. Gimana, cara bikin Nomor Pokok Wajib Pajak gampang, kan?

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560