Pasang Panel Surya dan Jual Listrik ke PLN Modal Terima Beres? Gini Caranya

4 menit
Panel Surya
Pasang Panel Surya dan Jual Listrik ke PLN Modal Terima Beres Gini Caranya, (Ruben Setiawan/MoneySmart.id).

Panel surya jelas bisa jadi salah satu cara alternatif buat menghemat tagihan listrik bulanan yang bikin kita cekak. Tapi, minimnya pemahaman soal instalasi, perawatan, dan serba-serbi tentang perangkat yang satu ini bikin kita gagal  bisa memanfaatkan energi alternatif tersebut.

Sejatinya, penggunaan panel surya emang bisa membuatmu hemat energi hingga 70 persen di tagihan listrik selama lebih dari 20 tahun! Serius, ini gak bercanda lho, dalam kurun waktu 20 tahun lebih, kamu bisa lebih hemat dalam tagihan listrik atau mungkin sama sekali gak bayar.

Belum lama ini, MoneySmart.id kedatangan tamu yaitu founder sekaligus CEO dari SolarKita, Amarangga Lubis.

SolarKita merupakan startup baru yang bergerak di bidang jasa instalasi dalam melayani konsultasi sekaligus layanan aftersales di bidang tersebut. Intinya, jika kamu pengin memasang panel tersebut, serahkan saja sama mereka.

Mereka akan tinjau lokasi rumah atau kantor mu, memberikan referensi produk yang tepat buat rumah mu, melakukan instalasi sistem di rumah atau kantor kamu hingga menyediakan jasa perawatan berkala dan mentoring seputar penggunaan produk ini.

Selain bisa lebih hemat, kamu pun bisa menjual listrik ke PLN lho jika punya panel surya. Mau tahu caranya? Mari kita cari tahu cara kerja perangkat yang satu ini.

Baca juga: Ini Dia 10 Mal Termewah di Dunia, Ada Theme Park Sampai Hotel!

1. Gimana cara kerja panel surya?

Panel surya
Perangkat ini bisa kamu gunakan buat di rumah mu dan menghemat biaya tagihan listrik, (Instagram/@solarkitatech).

Nah, terus cara kerja panel surya itu gimana ya?

Di situs SolarKita, kamu bisa lihat jelas gimana cara kerja panel surya hingga akhirnya bisa menghasilkan energi listrik.

Intinya, energi matahari bakal ditangkap oleh panel tersebut dan dialirkan ke inverter. Dari inverter, akan dialirkan lagi ke perangkat Multi Circuit Breaker (MCB) yang ada di rumah mu. Baru deh setelah itu listrik bisa dikonsumsi.

Baca juga: Cowok Ini Pamer Naik Jet Pribadi Sampai Belanja Barang Branded, Ternyata Cuma Fake!

2. Walau ada panel surya, listrik PLN tetap ada

Panel surya
Walau ada panel surya, listrik PLN tetap ada, (Instagram/@solarkitatech).

“Panel surya itu ada dua yaitu off-grid alias yang listriknya disimpan di baterai, dan on-grid yang terkoneksi dengan grid PLN. Berhubung kita di kota-kota besar, jadi kita berfokus di pemasangan panel on grid,” ujar pria yang akrab disapa Rangga itu.

Kecuali kita hidup di tengah hutan yang gak dijangkau listrik PLN, nah baru deh kita bakal gunakan panel sistem off-grid. Intinya, listrik dari PLN tetap ada namun daya utama yang kita gunakan berasal dari energi matahari.

Lantas gimana kalau konsumsinya berada di bawah produksi listrik dari sistem solar panel di rumah? Jawabannya adalah listrik itu bisa “dijual” ke PLN. Lho, dijual terus dapet uang gak?

Maksudnya dijual adalah, kelebihan listrik itu akan dicatat sebagai kredit. So, jika bulan depan ada kelebihan pemakaian di listrik PLN, tagihan kamu bakal dipotong sesuai dengan besaran kreditnya.

Oleh karena itu, setiap pengguna panel surya akan diberikan perangkat berupa Meter Exim. Alat itu bertujuan buat mencatat seluruh listrik yang dikirim (ekspor) atau “dibeli” (impor) PLN terhadap rumah mu. Di akhir bulan, tagihan yang dibayarkan merupakan hasil selisih ekspor impor tersebut.

Baca juga: Siap-Siap, Belanja Online dan Fintech Bakal Kena Pajak

3. Wah! Ternyata segini lho biaya pasang panel surya

Panel Surya
Pengin tahu berapa sih buat bujet masang panel ini?, (Instagram/@solarkitatech).

“Biaya pemasangan panel surya itu case by case, intinya tergantung pada kapasitas listrik yang mau dipasang juga. Intinya makin tinggi wattnya, maka makin murah biaya per kilowatt-nya,” tambah Rangga.

Namun, kalau bicara soal angka kasarnya, tentu saja solar panel ini bisa dipasang dengan bujet kurang lebih Rp 20 jutaan per kilowatt. Proses pemasangannya juga cuma memakan waktu maksimal dua hari buat perumahan.

Tapi tetap saja, pihak SolarKita juga harus melakukan survei mengenai pemasangan panel tersebut. Bentuk dan kondisi atap atau dak tentu sangat menentukan tingkat kesulitan pemasangan.

Satu hal yang harus kamu ketahui seputar pemasangan panel surya adalah, maksimal kapasitas daya listrik solar panel yang bisa terpasang gak boleh melebihi daya listrik PLN di properti tersebut. Dan pemasangan panel ini juga harus dilaporkan dulu ke PLN. Tapi tenang deh, SolarKita bakal urus perintilan ini, so kamu tinggal terima beres.

“Ada peraturan dari Kementerian ESDM, misalkan daya listrik maksimal di rumah pelanggan itu 3 ribu Watt ya daya listrik solar panelnya juga maksimal sebesar itu, gak boleh lebih. Di bawah itu tetap boleh,” lanjutnya.

Rangga pun menambahkan, gak rugi kok buat keluar duit demi memasang panel ini. Dalam jangka waktu panjang, hematnya bakal sangat berasa.

Umur pakai  panel ini juga cukup panjang yaitu kurang lebih 25 tahun. Dan di tahun pertama, SolarKita siap memberikan jasa maintenance gratis buat pelanggannya.

4. Pengin pasang, uang udah ada juga tapi merek yang bagus apa ya?

Panel surya
Panel ini yang bagus mereknya apa ya kalau kamu pengin masang?, (Instagram/solarkitatech)

Pertanyaan  ini serahkan saja ke SolarKita, nanti mereka akan memberikan rekomendasi produk yang bagus buatmu.

“Kami menyediakan produk tier 1 (terbaik) yang aman dan bergaransi. Kami pun siap untuk membantu pelanggan melakukan klaim jika ada kerusakan, pelanggan terima beres aja,” ujar Rangga.

Intinya produk sudah dijamin keren semua ya, dan kalau ada rusak-rusak pasti bakal diurus langsung sama SolarKita.

Dan yang paling penting dari semua ini adalah, SolarKita bakal menempatkan sebuah data logger atau sejenis perangkat yang digunakan buat menangkap informasi kinerja panel surya di rumah pelanggan. Informasi itu bakal dikirim ke server SolarKita, dan jika ada masalah di panel surya tersebut, SolarKita bakal gerak cepat buat menangani.

Pelanggan juga bakal diberikan sebuah akun khusus yang bisa dibuka di situs SolarKita. Di akun tersebut, bakal ada dashboard yang bisa digunakan buat memantau konsumsi listrik hariannya lho. Canggih kan!

Itulah keunggulan dan cara kerja panel surya yang harus kamu ketahui. Gimana, tertarik gak nih buat pasang perangkat ini di rumah biar bisa ngirit tagihan listrik? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.